Penerapan pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor untuk meningkatkan pemahaman keliling dan luas daerah lingkaran bagi siswa kels VIII SMP Negeri 7 Malang / Yunita Prima Rohmawati
Main Author: | Rohmawati, Yunita Prima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15396/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipenerapankepalabernomorpemahaman.UpayauntukmeningkatkanmutupendidikandiIndonesiasudahdilakukansejaklama.NamunmasihbanyakditemukankesulitanbelajaryangdialamisiswadiIndonesiaterutamapadamatapelajaranmatematika.BerdasarkanhasilobservasiketuntasanklasikalpemahamanmatematikadikelasVIIICSMPNegeri7Malanghanyamencapai2105%.Halinimenunjukkanbahwapemahamansiswaterhadapmaterikelilingdanluasdaerahlingkaranmasihsangatrendah.Rendahnyapemahamansiswadisebabkanolehkurangoptimalnyaprosespembelajaran.Denganpemberiantugaspadasetiapsiswadiharapkansiswalebihantusiasdanbersemangatdalammengikutipembelajaran.Modelpembelajarankooperatiftipekepalabernomoradalahpembelajarankooperatifyangdipakaiuntukmemudahkandalampembagiantugas.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipekepalabernomoryangdapatmeningkatkanpemahamankelilingdanluasdaerahlingkaransiswakelasVIIISMPNegeri7Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari1sikluspembelajaranyangterdiridariduasubsiklusmasing-masingsubsiklusterdiridari2kalipertemuan.PenelitianinidilakukanbulanMaret2011sampaiApril2011dandatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwalangkah-langkahpembelajarankooperatiftipekepalabernomoryangdapatmeningkatkanpemahamankelilingdanluasdaerahlingkaranterdiridariempattahapyaitu(1)tahappenomoranyaitutahapsaatsiswadibagikedalambeberapakelompokheterogenyangterdiridari1-6siswakemudiansetiapsiswadalamkelompokmendapatkannomor1-5(2)tahappenugasanyaitutahapsaatmasing-masingkelompokdiberitugasuntukmenyelesaikanLKSyangterdiridarikegiatan1dankegiatan2(3)tahapdiskusiyaitutahapsaatkelompokberdiskusiuntukmengerjakanLKSkegiatan1yangdiberikansaatsiswabernomorsamadarimasing-masingkelompokdapatbekerjasamauntukmengerjakanLKSkegiatan2dan(4)tahappelaporanyaitutahapsaatsiswamempresentasikanhasilkerjakelompokdidepankelasdanmengumpulkanhasilkerjakelompok.