Prototype pengembangan media pembelajaran dengan bantuan komputer berbasis permainan simulasi pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa kelas VII / Khotimah
Main Author: | Khotimah, Cici Chusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15379/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPrototypeMediapembelajaranaritmatikasosialpermainansimulasikomputer.Seiringdenganperkembanganjamanpenggunaankomputersebagaimediapembelajaransudahtidakasinglagi.Komputermemilikibanyakkelebihanyangtidakdimilikimediapembelajarankonvensionalyaitukomputermenampilkangambarsekaligusmenghasilkansuaradalamwaktuyangbersamaansehinggamemungkinkanuntukkitamerancangsuatusimulasi.PadaumumnyadiSMPmateriaritmatikasosialdisajikandenganmenggunakanmetodeceramahlatihansoaldansimulasi.Ketikagurumengajarkanmateriaritmatikasosialdenganmenggunakanmetodeceramahdanlatihansoalmakasiswaakancepatmerasabosandankurangmemahamimateri.Akantetapiketikagurumelakukansimulasiyangberkaitandenganmateriaritmatikasosialmakagurudansiswadituntutuntukmempersiapkanalatperagayangdibutuhkanuntuksimulasi.Persiapaninimenyitawaktuyangcukupbanyak.Halinilahyangmendorongpenelitiuntukmengembangkansuatumediapembelajaranberbantuankomputerberbasispermainansimulasipadamateriaritmatikasosial.Pengembanganmediainidiharapkanmampumengatasikeduapermasalahandiatasdanuntukmenarikperhatiansiswamakapenelitimenambahkanunsurunsurpermainandidalamnya.Dalampengembanganmediainipenulismengadaptasi6langkahpengembanganmediapembelajaranyangdikembangkanolehSadiman(2002)yaitu(1)Menganalisiskebutuhandankarakteristiksiswa(2)Merumuskantujuaninstruksional(instructionalobjective)(3)Merumuskanbutirbutirmaterisecaraterperinciyangmendukungtercapainyatujuan(4)Mengembangkanalatukurkeberhasilan(5)Menuliskannaskahmediadan(6)Melakukantesdanrevisi.Mediapembelajaraniniberupasoftwarepermainansimulasimateriaritmatikasosialyangberisimaterinilaikeseluruhannilaiper-unitdannilaisebagianbesardanpersentaselaba/rugi/impashargajualhargabelinettotaradanbrutodalamkegiatanekonomi.Mediapembelajaraninidigunakansiswaketikapembelajarandengandidampingiolehguru.Dalamsoftwarepembelajaraninijugadilengkapipetunjuk-petunjukpenggunaanyangberfungsiuntukmemudahkanpemakaidalammengoperasikanprogram.