Pembelajaran kontekstual dengan strategi react untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Pentri Arfia Dewi
Main Author: | Dewi, Pentri Arfia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15377/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKontekstualStrategiREACTPrestasiBelajar.RumusanmasalahpadapenelitianiniadalahBagaimanapembelajarankontekstualdenganstrategiREACTyangdapatmeningkatkanprestasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPNegeri2MalangPembelajarankontekstualdenganstrategiREACTinimemuatkomponenrelating(menghubungkanataumengaitkan)experiencing(mengalami)applying(menerapkan)cooperating(bekerjasama)transferring(mentransfer).Strategiiniinterfokuspadapengajarandanpembelajarandalamkonteks.StrategiREACTjugamerupakansalahsatustrategipembelajaranyangdapatmembantuguruuntukmenanamkankonseppadasiswasehinggasiswatidaksekedarmenghafalrumusakantetapisiswadapatmenemukansendiribekerjasamadapatmenerapkandalamkehidupandandapatmentransferdalamkonteksbarusekaligusbelajarselalumengaitkandengankonteks.Untukmendukungpenelitianmakadisusunperangkatpembelajarandaninstrumen.PerangkatpembelajaranyangdisusunyaituRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP).Instrumenyangdisusunterdiridari(1)LembarObservasiAktivitasSiswa(2)LembarObservasiAktivitasGuru(3)LembarValidasiPerangkatdanInstrument(4)LembarKegiatanSiswa(LKS)(5)LembarWawancara(6)SoalTesAkhirSiklus.Perangkatdaninstrumenyangtelahdisusunkemudiandiperiksaolehdosenpembimbingdandivalidasiolehduapraktisi.Hasilvalidasiinstrumendanperangkatmemenuhikategorivalidatausangatvalid.Berdasarkanhasilvalidasitersebutmakainstrumendanperangkatdapatdigunakanuntukpembelajarandikelasdengansedikitperbaikanberdasarkansaranyangdiberikanolehvalidator.PendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari4tahapanyaitu(1)Perencanaan(2)PelaksanaanTindakan(3)Pengamatan/Observasidan(4)Refleksi.PadasiklusIrata-ratahasilobservasiaktivitassiswadalamkategoricukupaktifdenganprosentase793225%danprosentasebanyaknyasiswayangmendapatkannilaiakhirlebihdari70yaitu5714%Karenaprosentaseinikurangdari75%makatindakanharusdilanjutkanpadasiklusII.PadasiklusIIrata-ratahasilobservasisiswamencapaiprosentase82308%dengankategoribaikdanprosentasebanyaknyasiswayangmendapatkannilaiakhirlebihdari70meningkatmenjadi8571%.HasilketercapaianaktivitassiswadanprosentasenilaiakhirpadasiklusIImasukdalamkategoriberhasilsehinggapemberiantindakandapatdihentikan.