Penerapan pembelajaran langsung (direct instruction) menggunakan media logico piccolo untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Laboratorium UM pada materi segitiga dan segi empat / Devi Indah Merdekasari

Main Author: Merdekasari, Devi Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15367/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranlangsungmedialogicopiccolohasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswakelasVIIBSMPLaboratoriumUMmasihtergolongrendah.Haliniterlihatdaripersentaseketuntasanbelajarsiswamasihsekitar35%.Melihatpermasalahandiatasmakadiperlukansistempembelajaranyangtepatdandapatmeningkatkanmotivasisiswauntukbelajar.Pembelajaranlangsungmerupakanmodelpembelajarandimanaguruberperanpenuhdalammenentukankegiatanpembelajaransehinggagurudapatmengendalikanisidanurutanmateriyangakanditerimaolehsiswa.Pembelajaranlangsungjugamemilikikelemahanmisalnyasajasiswakurangterlibatsecaraaktifsiswaakanbercandadengantemannyadansebagainya.UntukmenghindarihaltersebutpembelajaranlangsungakandikombinasikandenganmediaLogicoPiccolo.Denganmodelpembelajaranlangsungdanmedialogicopiccolosiswadiajakbelajarsambilbermain.Diharapkansiswalebihsenangdantermotivasiuntukbelajarmatematikasehinggaterjadipeningkatanhasilbelajar.PenelitianinidilakukandiSMPLaboratoriumUMpadatanggal21Meisampai4Juni2010.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranlangsungmenggunakanmedialogicopiccolodapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswadimanadilihatdarirata-rataevaluasidanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasetiapsiklus.Rata-ratanilaievaluasipadasiklusIadalah882danpadasiklusIIadalah9394.SedangkanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasiklusIdanIIadalah9143%.Sehinggaterjadipeningkatanrata-rataevaluasisebesar574.Sarandalampenelitianiniadalah(1)pembelajaranlangsungmenggunakanmedialogicopiccolodapatdijadikansebagaisalahsatualternatifpembelajaranyangdapatditerapkanguru-guruuntukmembelajarkanmatematikadisekolah(2)sebaiknyamemodifikasilangkahpembelajaranlangsungketikaberlatihdenganmedialogicopiccoloagartidakterjadikecurangan.