Penerapan pembelajaran langsung (direct instruction) menggunakan media logico piccolo untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Laboratorium UM pada materi segitiga dan segi empat / Devi Indah Merdekasari
Main Author: | Merdekasari, Devi Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15367/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipembelajaranlangsungmedialogicopiccolohasilbelajarBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSMPLaboratoriumUMmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswakelasVIIBSMPLaboratoriumUMmasihtergolongrendah.Haliniterlihatdaripersentaseketuntasanbelajarsiswamasihsekitar35%.Melihatpermasalahandiatasmakadiperlukansistempembelajaranyangtepatdandapatmeningkatkanmotivasisiswauntukbelajar.Pembelajaranlangsungmerupakanmodelpembelajarandimanaguruberperanpenuhdalammenentukankegiatanpembelajaransehinggagurudapatmengendalikanisidanurutanmateriyangakanditerimaolehsiswa.Pembelajaranlangsungjugamemilikikelemahanmisalnyasajasiswakurangterlibatsecaraaktifsiswaakanbercandadengantemannyadansebagainya.UntukmenghindarihaltersebutpembelajaranlangsungakandikombinasikandenganmediaLogicoPiccolo.Denganmodelpembelajaranlangsungdanmedialogicopiccolosiswadiajakbelajarsambilbermain.Diharapkansiswalebihsenangdantermotivasiuntukbelajarmatematikasehinggaterjadipeningkatanhasilbelajar.PenelitianinidilakukandiSMPLaboratoriumUMpadatanggal21Meisampai4Juni2010.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranlangsungmenggunakanmedialogicopiccolodapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswadimanadilihatdarirata-rataevaluasidanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasetiapsiklus.Rata-ratanilaievaluasipadasiklusIadalah882danpadasiklusIIadalah9394.SedangkanpersentaseketuntasanbelajarsiswapadasiklusIdanIIadalah9143%.Sehinggaterjadipeningkatanrata-rataevaluasisebesar574.Sarandalampenelitianiniadalah(1)pembelajaranlangsungmenggunakanmedialogicopiccolodapatdijadikansebagaisalahsatualternatifpembelajaranyangdapatditerapkanguru-guruuntukmembelajarkanmatematikadisekolah(2)sebaiknyamemodifikasilangkahpembelajaranlangsungketikaberlatihdenganmedialogicopiccoloagartidakterjadikecurangan.