Penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Malang / Anna Rohmawati
Main Author: | Rohmawati, Anna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15360/ |
Daftar Isi:
- KatakunciRealisticMathematicsEducation(RME)bangunruangsisidatarhasilbelajar.RealisticMathematicsEducation(RME)merupakansuatupendekatanpembelajarandimanagurudalammengajarlebihmenekankanpadasiswasebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.Halitudenganadanyapengaitanmatematikamelaluisoalceritaataurealita.Pembelajarandenganmenggunakanpendekataninidapatmengembangkankecakapansosialdanmengaktifkansiswadalamprosespembelajaran.Subyekdaripenelitianiniadalah40siswakelasVIIICSMPNegeri10Malang.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanpembelajaranRMEdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPNegeri10Malangpadapokokbahasanbangunruangsisidatarsubbabkubusdanbalok.PembelajaranRMEpadamateribangunruangsisidatarsubbabkubusdanbalokinimelalui3tahap(1)tahapawalsiswadiberiinformasimengenaimateriyangakandipelajariyaitubangunruangsisidatarkhususnyakubusdanbalokdikaitkandengankehidupannyatayangdialamimuridsertapembentukankelompok(2)tahapintisiswadikondisikandenganpemberianmasalahrealistikkerjakelompokdiskusikelasdanperumusanmatematikaformal(3)tahapakhirsiswadikondisikanrefleksibersamadenganguruterhadapmateriyangsudahdipelajaridanmelakukanpemantapanmateri.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)bahwapenerapanpembelajaranmelaluiRMEdenganlangkah-langkahyangsudahdisebutkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar1645darirata-rataskortessikluspertamayaitu7005(dengan55%siswamencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimum))kerata-rataskortessikluskeduayaitu865(dengan875%siswamencapaiKKM).(2)BerdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranmatematikamelaluiRMEdapatdigunakansebagaisuatualternatifpembelajaran.