Penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Malang / Anna Rohmawati

Main Author: Rohmawati, Anna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15360/
Daftar Isi:
  • KatakunciRealisticMathematicsEducation(RME)bangunruangsisidatarhasilbelajar.RealisticMathematicsEducation(RME)merupakansuatupendekatanpembelajarandimanagurudalammengajarlebihmenekankanpadasiswasebagaimanusiayangmemilikipotensiuntukbelajardanberkembang.Halitudenganadanyapengaitanmatematikamelaluisoalceritaataurealita.Pembelajarandenganmenggunakanpendekataninidapatmengembangkankecakapansosialdanmengaktifkansiswadalamprosespembelajaran.Subyekdaripenelitianiniadalah40siswakelasVIIICSMPNegeri10Malang.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanpembelajaranRMEdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPNegeri10Malangpadapokokbahasanbangunruangsisidatarsubbabkubusdanbalok.PembelajaranRMEpadamateribangunruangsisidatarsubbabkubusdanbalokinimelalui3tahap(1)tahapawalsiswadiberiinformasimengenaimateriyangakandipelajariyaitubangunruangsisidatarkhususnyakubusdanbalokdikaitkandengankehidupannyatayangdialamimuridsertapembentukankelompok(2)tahapintisiswadikondisikandenganpemberianmasalahrealistikkerjakelompokdiskusikelasdanperumusanmatematikaformal(3)tahapakhirsiswadikondisikanrefleksibersamadenganguruterhadapmateriyangsudahdipelajaridanmelakukanpemantapanmateri.Kesimpulandaripenelitianiniadalah(1)bahwapenerapanpembelajaranmelaluiRMEdenganlangkah-langkahyangsudahdisebutkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasebesar1645darirata-rataskortessikluspertamayaitu7005(dengan55%siswamencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimum))kerata-rataskortessikluskeduayaitu865(dengan875%siswamencapaiKKM).(2)BerdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranmatematikamelaluiRMEdapatdigunakansebagaisuatualternatifpembelajaran.