Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP laboraturium Universitas Negeri malang / Irma Damay Santie

Main Author: Santie, Irma Damay
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15356/
Daftar Isi:
  • KatakuncitipeTAImotivasibelajarmatematikaPadasaatpembelajaranberlangsungdidalamkelasparasiswajarangmemperhatikanguruwaktubelajarmatematika.Haliniterlihatpadasaatpembelajaranberlangsungsiswatampakramaidanjugasiswatidakmaubertanyaapabilatidakmengertimateriyangsedangdipelajari.Selainitusebagianbesarsiswamembentukkelompok-kelompokhomogenyangberawaldaripersamaankarakteristikdalamdirisiswa.Kemudianpadasaatpembelajaranmetodeyangdigunakangurupadasaatmengajarlebihbanyakmenggunakanmetodeceramah.SalahsatumodelpembelajarankooperatifyaitutipeTAI(TeamAssistedIndividualization)yangdikembangkanolehSlavinmengombinasikankeunggulanpembelajarankooperatifdanpembelajaranindividualsertamengorganisasikansiswadalambelajarkelompoksecaraaktif.Modelpembelajaraninimampuberadaptasiterhadapperbedaanindividualyangberkaitandengankemampuansiswasehinggamotivasibelajarsiswadapatditingkatkan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)yangdapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PenelitianinidilakukandiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtanggal20Meisampai1Juni2010.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-FSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianiniterdiridarisiklus1dansiklus2.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurmotivasibelajarsiswaadalahangketdanlembarobservasimotivasibelajarsiswa.Darihasilpenelitianinidiperolehbahwasebelumdiberitindakanada5652%siswayangmemilikimotivasicukup.Setelahdiberitindakanpadasiklus1ada3478%siswayangmemilikimotivasitinggi.Namunsetelahdiberitindakanpadasiklus2ada6086%siswayangmemilikimotivasitinggi.HalinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanmotivasibelajarsiswasetelahdilakukanpembelajarankooperatiftipeTAI.SehinggadarihasiltersebutdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)dapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangdilaksanakanmelalui8tahapanyaituPlacementtestStudentCreativeTeachinggroupTeamStudyWholeClassUnitsFactTestdanTeamScoreandTeamRecognition.PadatahapStudentCreativeLKS(LembarKerjaSiswa)yangdigunakanbahasanyadibuatlebihkomunikatifagarsiswamudahdalammemahamipertanyaan-pertanyaanyangadadidalamLKS.SelainitupadatahapTeachingGrouppenelitijugalebihbanyakmemberikanpujiankepadasiswaagarsiswalebihtermotivasiuntukbelajarmatematika.SetiapakhirsiklusyaitupadatahapTeamScoreandTeamRecognitionpenelitijugamemberikanpenghargaankepadakelompokmaupunsiswayangmendapatkanskortertinggisehinggasiswalebihsemangatdantermotivasiuntukbelajarmatematika.