Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP laboraturium Universitas Negeri malang / Irma Damay Santie
Main Author: | Santie, Irma Damay |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15356/ |
Daftar Isi:
- KatakuncitipeTAImotivasibelajarmatematikaPadasaatpembelajaranberlangsungdidalamkelasparasiswajarangmemperhatikanguruwaktubelajarmatematika.Haliniterlihatpadasaatpembelajaranberlangsungsiswatampakramaidanjugasiswatidakmaubertanyaapabilatidakmengertimateriyangsedangdipelajari.Selainitusebagianbesarsiswamembentukkelompok-kelompokhomogenyangberawaldaripersamaankarakteristikdalamdirisiswa.Kemudianpadasaatpembelajaranmetodeyangdigunakangurupadasaatmengajarlebihbanyakmenggunakanmetodeceramah.SalahsatumodelpembelajarankooperatifyaitutipeTAI(TeamAssistedIndividualization)yangdikembangkanolehSlavinmengombinasikankeunggulanpembelajarankooperatifdanpembelajaranindividualsertamengorganisasikansiswadalambelajarkelompoksecaraaktif.Modelpembelajaraninimampuberadaptasiterhadapperbedaanindividualyangberkaitandengankemampuansiswasehinggamotivasibelajarsiswadapatditingkatkan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)yangdapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PenelitianinidilakukandiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtanggal20Meisampai1Juni2010.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-FSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianiniterdiridarisiklus1dansiklus2.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurmotivasibelajarsiswaadalahangketdanlembarobservasimotivasibelajarsiswa.Darihasilpenelitianinidiperolehbahwasebelumdiberitindakanada5652%siswayangmemilikimotivasicukup.Setelahdiberitindakanpadasiklus1ada3478%siswayangmemilikimotivasitinggi.Namunsetelahdiberitindakanpadasiklus2ada6086%siswayangmemilikimotivasitinggi.HalinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanmotivasibelajarsiswasetelahdilakukanpembelajarankooperatiftipeTAI.SehinggadarihasiltersebutdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)dapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelasVIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangdilaksanakanmelalui8tahapanyaituPlacementtestStudentCreativeTeachinggroupTeamStudyWholeClassUnitsFactTestdanTeamScoreandTeamRecognition.PadatahapStudentCreativeLKS(LembarKerjaSiswa)yangdigunakanbahasanyadibuatlebihkomunikatifagarsiswamudahdalammemahamipertanyaan-pertanyaanyangadadidalamLKS.SelainitupadatahapTeachingGrouppenelitijugalebihbanyakmemberikanpujiankepadasiswaagarsiswalebihtermotivasiuntukbelajarmatematika.SetiapakhirsiklusyaitupadatahapTeamScoreandTeamRecognitionpenelitijugamemberikanpenghargaankepadakelompokmaupunsiswayangmendapatkanskortertinggisehinggasiswalebihsemangatdantermotivasiuntukbelajarmatematika.