Penerapan pembelajaran geometri van hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segi empat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberpucung / Dwita Tyasti Asri
Main Author: | Asri, Dwita Tyasti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15354/ |
Daftar Isi:
- KatakuncigeometrivanHieleHasilBelajarPeningkatanHasilBelajarSiswaSMPNegeri2Sumberpucungmasihmenganggapmatematikasebagaimatapelajaranyangsusahuntukdimengerti.IndikasinyadapatdilihatdarihasilbelajarsiswadiSMPiniyangkurangmemuaskan.Faktoryangberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswaadalahpembelajaranmatematikayangkurangtepatsehinggadapatdikatakanproseskegiatanbelajarsiswakurangberhasil.Selamainiguruhanyamemberikansifatsifatnyakemudiansiswadimintamenghafalsehinggapemahamansiswatentangsifatsifatsegiempatmasihkurang.Metodetersebuttidakmemberikanpengalamanyangbermaknabagisiswa.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanpembelajarangeometrivanHieleuntukmelihathasilbelajarsiswakelasVII-3SMPNegeri2Sumberpucungpadamaterisifatsifatjajarangenjangbelahketupatpersegipanjangpersegitrapesiumdanlayanglayangsertamenyusundefinisijajarangenjangbelahketupatpersegipanjangpersegitrapesiumdanlayanglayang.ProsespelaksanaanpembelajarangeometrivanHieleinidilaksanakanmelalui5tahapanyaituinkuiri/informasi(information)orientasiterbimbing(directedorientation)uraian(explication)orientasibebas(freeorientation)danintegrasi(integration).Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapadasiklus1presentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajardenganmaterimenemukansifatsifatsertamenyusundefinisijajarangenjangbelahketupatpersegipanjangdanpersegiadalah8125%sedangkanpadasiklus2presentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajardengansubpokokbahasanmenemukansifatsifatsertamenyusundefinisitrapesiumdanlayanglayangadalah96875%.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPNegeri2Sumberpucungpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurangkurangnya85%siswamendapatnilaiminimal75sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandengangeometrivanHieledalampenelitianiniberhasil.DalampenelitianinipembelajarangeometrivanHieleyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayaitupadatahapinkuiri/informasi(information)siswadibimbinguntukmengingatkembalimateriprasyaratdansiswadibagidalamkelompok-kelompokyangheterogenyangberanggotakan5-6siswaberdasarkannilaitesawal.Padatahaporientasiterbimbing(directedorientation)siswaberdiskusidengantemansatukelompoknyatentangLKSyangdiberikandangurusebagaifasilitator.Kemudianpadatahapuraian(explication)siswauntukmempresentasikanhasildiskusinyadankelompokyanglainmenanggapihasildiskusikelompokyangmenjelaskan(presenter).Padatahaporientasibebas(freeorientation)siswadiberikesempatanmengerjakanlatihansoalsertamenyusundanmengujidefinisiinformal.Tahapyangterakhiradalahtahapiiintegrasi(integration)siswadiberikesempatanuntukmengujidefinisiinformalsertameninjaukembalidanmeringkasapayangtelahdipelajari.