Penerapan pembelajaran matematika melalui model reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pakisaji Malang / Ria Dian Paranti

Main Author: Paranti, Ria Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15349/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranReciprocalTeachinghasilbelajarParadigmapendidikansaatinimengalamiperubahan.Salahsatuakibatnyaprosespembelajaranjugaberubah.Prosespembelajarantidaklagiberpusatpadagurumelainkanberpusatpadasiswadimanasiswaterlibatlangsunguntukmenggalipengetahuanbaru.Untukitudiperlukansuatuvariasimodelpembelajaranyangsesuaiagarsiswamerasanyamanuntukmengikutikegiatanpembelajaran.PadasaatwawancaradengangurumatematikadiSMPNegeri1PakisajiMalangpembelajaranuntukpokokbahasanbangunruangsisidatarmenggunakanmetodeceramah.Siswatidakmemperhatikanketikagurusedangmenjelaskanmateridanketikadilakukanevaluasibanyaksiswayangtidakberhasilmendapatkanhasilbelajaryangmaksimal.Haliniditunjukkandenganpersentasesiswayangmendapatkannilaiulanganmatematikanilaidiatas70hanya467%.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasSMPNegeri1PakisajiMalangpadapokokbahasanbangunruangsisidatarmelaluipenerapanmodelpembelajaranReciprocalTeaching.DalammodelpembelajaranReciprocalTeachingditerapkanempatstrategipemahamanyaitumemprediksimengklarifikasimenyusunpertanyaandanmenyelesaikannyadanmerangkumbahanajar.Padakegiatanakhirgurumengevaluasipembelajaranuntukmengetahuipemahamansiswaterhadapkonsepyangtelahdipelajarimelaluitestertulis.HasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatmelaluimodelpembelajaranReciprocalTeaching.Halinididukungdenganhasiltesyangdilaksanakanpadaakhirsiklus.Persentasebanyaknyasiswayangmendapatkannilaiminimal70adalah90%.Padahalpadasaatulangandenganmetodeceramahsiswayangmendapatnilaiminimal70hanya467%.Haliniberartihasilbelajarsiswameningkatsebesar433%.