Penerapan pembelajaran matematika melalui model reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pakisaji Malang / Ria Dian Paranti
Main Author: | Paranti, Ria Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15349/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajaranReciprocalTeachinghasilbelajarParadigmapendidikansaatinimengalamiperubahan.Salahsatuakibatnyaprosespembelajaranjugaberubah.Prosespembelajarantidaklagiberpusatpadagurumelainkanberpusatpadasiswadimanasiswaterlibatlangsunguntukmenggalipengetahuanbaru.Untukitudiperlukansuatuvariasimodelpembelajaranyangsesuaiagarsiswamerasanyamanuntukmengikutikegiatanpembelajaran.PadasaatwawancaradengangurumatematikadiSMPNegeri1PakisajiMalangpembelajaranuntukpokokbahasanbangunruangsisidatarmenggunakanmetodeceramah.Siswatidakmemperhatikanketikagurusedangmenjelaskanmateridanketikadilakukanevaluasibanyaksiswayangtidakberhasilmendapatkanhasilbelajaryangmaksimal.Haliniditunjukkandenganpersentasesiswayangmendapatkannilaiulanganmatematikanilaidiatas70hanya467%.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasSMPNegeri1PakisajiMalangpadapokokbahasanbangunruangsisidatarmelaluipenerapanmodelpembelajaranReciprocalTeaching.DalammodelpembelajaranReciprocalTeachingditerapkanempatstrategipemahamanyaitumemprediksimengklarifikasimenyusunpertanyaandanmenyelesaikannyadanmerangkumbahanajar.Padakegiatanakhirgurumengevaluasipembelajaranuntukmengetahuipemahamansiswaterhadapkonsepyangtelahdipelajarimelaluitestertulis.HasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatmelaluimodelpembelajaranReciprocalTeaching.Halinididukungdenganhasiltesyangdilaksanakanpadaakhirsiklus.Persentasebanyaknyasiswayangmendapatkannilaiminimal70adalah90%.Padahalpadasaatulangandenganmetodeceramahsiswayangmendapatnilaiminimal70hanya467%.Haliniberartihasilbelajarsiswameningkatsebesar433%.