Penerapan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIIIF SMP Negeri 7 Malang pada sub pokok bahasan volume kubus dan balok / Lina Qurrotul Aini
Main Author: | Aini, Lina Qurrotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15346/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimediapohonmatematikakemampuanberpikirkreatifBerdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidiSMPNegeri7MalangdiketahuibahwasecaraumumsiswaSMPNegeri7Malangmemilikiprestasibelajaryangmasihcukuprendah.Diantarapenyebabnyakarenapembelajaranyangdilakukanmasihbersifatkonvensionalyaitudengancara(1)gurumenjelaskanmateri(2)gurumemberikancontohsoal(3)latihansoaldan(4)memberipekerjaanrumah(PR).Pembelajaransepertiinikurangbisamengembangkankreativitassiswa.Alternatifpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswadiantaranyapembelajarandenganmenggunakanmediapohonmatematika.Karakteristikpohonmatematikaadalahmenggunakanpendekatanproblemposingatauopenended.Problemposingmerupakanpendekatandimanasiswadiberikesempatanseluasnya-luasnyauntukmengajukanmasalahsedangkanopenendedmerupakanpendekatandimanasiswadiberikeleluasaanuntukmenyelesaikansuatupermasalahanyangjawabannyatidaktunggal(bervariasi).Metodeyangdigunakandalampenerapanmediapohonmatematikainiadalahmetodekooperatifsehinggadiharapkansiswadapatmengembangkankreativitasnyadalamkelompokdandapatbersaingdengankelompoklainsecarasehatuntukmenjadikelompokterbaik.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranmatematikadenganmediapohonmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswadanmengetahuipendapatsiswatentangpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmediapohonmatematika.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Pelaksanaanpenelitianmeliputi4tahapyaitu1)perencanaan2)pelaksanaantindakan3)observasidan4)refleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIFSMPNegeri7Malangdenganjumlah43siswayangterdiridari15siswaputridan28siswaputra.MateriyangdiajarkanadalahsubpokokbahasanVolumKubusdanBalok.Instrumenpenelitianyangdigunakanterdiridariinstrumentindakandaninstrumenobservasi.InstrumentindakanberupaRPPberdasarkankurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)sedangkaninstrumentobservasiberupapedomanobservasigurudansiswadalammelaksanakanrancanganpembelajaransertacatatanlapangan.iiLangkah-langkahpembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswaadalah1)penyajianmateri2)pembuatanpohonmatematika3)evaluasi.Pembuatanpohonmatematikadilakukansecaraberkelompoksehinggasiswaberdiskusidalammenumbuhkandaun.Guruberperansebagaifasilitatoryaitumemfasilitasikelompokyangbertanyaataumengalamikesulitan.PenerapanmediapohonmatematikadapatterlaksanadenganbaikdenganprosentaseketerlaksanaansemakinmeningkatselamasiklusIdanII.Kemampuanberpikirkreatifsiswamengalamipeningkatansebesar12361%dari68.958%padasiklusImenjadi81319%padasiklusII.Denganberpijakpadahasilpenelitianpenulismenyarankanagardalampelaksanaanpembelajarandisekolahpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmediapohonmatematikadapatdijadikanalternatifdalammerencanakandanmelaksanakanpembelajaranmatematikagunameningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswadanpenerapanmediapohonmatematikaperludikembangkanuntukmateriselainvolumkubusdanbalok.