Meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Malang melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament / Fajar Dhilamaya

Main Author: Dhilamaya, Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15342/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)motivasibelajar.BerdasarkanobservasiawaldanwawancarayangdilakukanpadabulanApril2010denganguruMatematikaSMPNegeri1MalangkelasVIIBdiketahuibahwasebagianbesarprosespembelajaranmasihdidominasigurudansiswamasihpasifhanyasiswayangpandaiyangmendominasikegiatanpembelajaran.Metodeyangbiasaditerapkanguruadalahceramahtanyajawabdemonstrasidandiskusi.Saatdiskusikelompoksuasanakelasterlihatgaduhakibatbanyaksiswayangberbicaratentanghal-haldiluarmateripelajaran.Haltersebutmenunjukkanmotivasibelajarsiswamasihkurangdanperluditingkatkan.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri1MalangdengansubjeksiswakelasVIIByangberjumlah30siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Teknikpengumpulandatamotivasibelajarsiswamenggunakanangketmotivasibelajardanlembarobservasimotivasibelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamaterikelilingdanluassegiempatdansegitigadikelasVIIBSMPNegeri1Malang.PembelajarantipeTGTterdiridarilimatahapyaitu(1)presentasidikelas(2)tim(3)games(4)turnamendan(5)rekognisitim.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajaranTGTmeningkatdarisiklusIkesiklusIIbaikdilihatdariangketmaupunlembarobservasimotivasi.Berdasarkanangketmotivasisebelumtindakanpersentaseskorklasikaladalah7361%dengankategoricukup.PadasiklusIpersentaseskorklasikalmeningkatmenjadi7634%dengankategoribaikdanpadasiklusIImeningkatmenjadi7713%dengankategoribaik.BerdasarkanlembarobservasimotivasibelajarmatematikapadasiklusIpersentasekeberhasilanmotivasiadalah76%dengankategoribaik.PadasiklusIIpersentasekeberhasilanmeningkatmenjadi8710%dengankategorisangatbaik.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatiftipeTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIBSMPNegeri1Malang.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjutmisalnyamenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTpadapokokbahasanataumatapelajaranyanglain.