Penerapan variasi metode pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII di MTs Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik / oleh Eni Kusniati
Main Author: | Eni Kusniati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2007
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/153397/ |
Daftar Isi:
- Dalamusahapeningkatanhasilbelajarsiswamakadiperlukansuatubentukpembelajaranyangefektifdanefisienyaitudenganmemilihmetodepembelajaranyangsesuaidengankemampuandankebutuhansiswavariatifdapatmenciptakansuasanapembelajaranmenjadimenyenangkandapatmendorongataumerangsangsiswauntukaktifdalammengikutipelajaranmeningkatkandayaserapsiswater-hadapmateripelajarandansiswatidakmudahbosansehinggadiperlukanusahayangmaksimalolehkarenaitudalampembelajarandiperlukanmetodepembelajaranyangbervariasi.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukandisekolahmenunjukkanbahwadalampembelajaransiswakurangaktifdanseringmerasabosankarenametodeyangdivariasikanadalahceramahtanyajawabdantugasrumahsertagurujarangmenggunakanmediakarenaketerbatasanmediayangdimilikisehinggahasilbelajaryangdiperolehkurangmaksimal.Denganpenerapanvariasimetodepem-belajarandiharapkansiswadapatmerasasenangtertarikdanaktifdalambelajarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajargeografi.Tujuandaripenelitianiniadalahpeningkatanhasilbelajargeografimelaluipenerapanvariasimetodepembelajaran.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandiMTsAlAsyharSungonlegowoBungahGresikpadasemesterITahunajaran2006/2007mulaibulanOktobersampaiJanuari2006.Penelitianinidilaksanakan2siklussiklusIvariasimetodepembelajaranyangdigunakanadalahceramahtanyajawabdemonstrasidankerjakelompok.SedangkanpadasiklusIIvariasimetodepembelajaranyangdigunakanadalahceramahtanyajawabtugasdiskusidanpratikum.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIBdenganjumlahsiswadalamkelas25orang.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptif.Analisisdatakuantitatifhasilbelajarakanditentukandenganmenggunakanrumusnilairata-rata.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapadasiklusIpembelajarandenganmenggunakanvariasimetodepembelajaransuasanapembelajaranberbedadengansebelumdilakukanpenelitianyangawalnyasiswakurangaktifmenjadilebihaktifdanaktivitassiswabertambahtidakhanyatanyajawabsajamelainkanjugakerjakelompokdandiskusikelompok.DanaktivitasbelajarsiswameningkatdarikriteriacukuppadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusIIsiswaterlihatbegituantusiaspadasaatdilakukandemonstrasidanpratikumkarenasiswamelihatdanterlibatsecaralangsung.DandapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswadarikriteriabaikpadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulanbahwapenerapanvariasimetodepembelajarandapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasVIIIBMTsAlAsyharSungonlegowoBungahGresik.Dantemuan-temuanyangdidapatadalahsebagaiberikut(1)aktivitassiswadenganpenerapanvariasimetodepem-belajaranyangberpusatpadaaktivitassiswamengalamipeningkatan(2)variasimetodepembelajarandanmenggunakanmediapembelajarandapatmenciptakansuasanabelajarbertambahmenarikdantidakmudahbosansertadapatmeningkatkansemangatbelajarsiswa.