Penerapan variasi metode pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII di MTs Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik / oleh Eni Kusniati

Main Author: Eni Kusniati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2007
Online Access: http://repository.um.ac.id/153397/
Daftar Isi:
  • Dalamusahapeningkatanhasilbelajarsiswamakadiperlukansuatubentukpembelajaranyangefektifdanefisienyaitudenganmemilihmetodepembelajaranyangsesuaidengankemampuandankebutuhansiswavariatifdapatmenciptakansuasanapembelajaranmenjadimenyenangkandapatmendorongataumerangsangsiswauntukaktifdalammengikutipelajaranmeningkatkandayaserapsiswater-hadapmateripelajarandansiswatidakmudahbosansehinggadiperlukanusahayangmaksimalolehkarenaitudalampembelajarandiperlukanmetodepembelajaranyangbervariasi.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukandisekolahmenunjukkanbahwadalampembelajaransiswakurangaktifdanseringmerasabosankarenametodeyangdivariasikanadalahceramahtanyajawabdantugasrumahsertagurujarangmenggunakanmediakarenaketerbatasanmediayangdimilikisehinggahasilbelajaryangdiperolehkurangmaksimal.Denganpenerapanvariasimetodepem-belajarandiharapkansiswadapatmerasasenangtertarikdanaktifdalambelajarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajargeografi.Tujuandaripenelitianiniadalahpeningkatanhasilbelajargeografimelaluipenerapanvariasimetodepembelajaran.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandiMTsAlAsyharSungonlegowoBungahGresikpadasemesterITahunajaran2006/2007mulaibulanOktobersampaiJanuari2006.Penelitianinidilaksanakan2siklussiklusIvariasimetodepembelajaranyangdigunakanadalahceramahtanyajawabdemonstrasidankerjakelompok.SedangkanpadasiklusIIvariasimetodepembelajaranyangdigunakanadalahceramahtanyajawabtugasdiskusidanpratikum.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIBdenganjumlahsiswadalamkelas25orang.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptif.Analisisdatakuantitatifhasilbelajarakanditentukandenganmenggunakanrumusnilairata-rata.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapadasiklusIpembelajarandenganmenggunakanvariasimetodepembelajaransuasanapembelajaranberbedadengansebelumdilakukanpenelitianyangawalnyasiswakurangaktifmenjadilebihaktifdanaktivitassiswabertambahtidakhanyatanyajawabsajamelainkanjugakerjakelompokdandiskusikelompok.DanaktivitasbelajarsiswameningkatdarikriteriacukuppadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusIIsiswaterlihatbegituantusiaspadasaatdilakukandemonstrasidanpratikumkarenasiswamelihatdanterlibatsecaralangsung.DandapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswadarikriteriabaikpadasiklusImenjadisangatbaikpadasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulanbahwapenerapanvariasimetodepembelajarandapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasVIIIBMTsAlAsyharSungonlegowoBungahGresik.Dantemuan-temuanyangdidapatadalahsebagaiberikut(1)aktivitassiswadenganpenerapanvariasimetodepem-belajaranyangberpusatpadaaktivitassiswamengalamipeningkatan(2)variasimetodepembelajarandanmenggunakanmediapembelajarandapatmenciptakansuasanabelajarbertambahmenarikdantidakmudahbosansertadapatmeningkatkansemangatbelajarsiswa.