Penerapan pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / oleh Alif Nurfaiza
Main Author: | Alif Nurfaiza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2006
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/153395/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkankurikulum2004(KBK)kemampuanberpikirmerupakansalahsatukompetensiyangharusdimilikiolehsiswa.Sekolahseharusnyamengajarsiswauntukberpikiragarkemampuanmenalarnyadapatberkembangbaiksehinggadapatmemahamikonsepdenganbaiktidakharusmenghafalnya.SalahsatupolapembelajaranyangberdasarkanpembelajaranberpusatpadasiswastudentcentereddandapatmeningkatkankemampuanberpikirsertahasilbelajarsiswaadalahpolapembelajaranPBMP(PemberdayaanberpikirMelaluiPertanyaan).BerdasarkanhasilobservasiawaldilapanganenunjukkanbahwasiswaSMPN4Malangpadaprosespembelajarancenderungpasifdanbanyakmenerimainforasidarigurutanpaadapemberdayaanberpikirya.penelitianinidilakukandiSMPNMalangyangbertjuanuntukmeningkatkanmemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.PendekatanpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakanpadasemesterItahunajaran2006/2007.Waktupelaksanaanpenelitianyaitupadatanggal31Julisampaidengan2Oktober2006.Penelitianinidilaksanakandengan2siklussiklusIpembelajarandilakukanmenggunakanPBMPdenganmetodeTanyajawab.SedangkansiklusIIpembelajarandilakukanmenggunakanpolaPBMPdenganmetodeyangberbedayaitudiskusikelompok.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-Fdenganjumlahsiswadalamkelasadalah43siswaterdiridari17putradan26putri.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanpolaPBMPinimampumeningkatkankemamuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.TemuansiklusIImenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanPBMPdenganmetodediskusikelompokmampumeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirsiswayangditandaidariadanyapertanyaansiswayangmemilikitingkatansintesisdanevaluasiselainitujawabansiswatelahbanyakyangbenardanmemilikigramatikayangbaik.Rata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusImengalamipeningkatansebesar3275(15386%)darikemampuanawalsiswa.HasilbelajarsiswasiklusIImengalamipeningkatanlagisebesar1052(1472%)darisiklusI.BegitupulakemampuanberpikirsiswadarihasiltesmengalamipeningkatanpadasiklusIsebesar2072(11445%)darikemampuanawal.SedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatankembalisebanyak1713(4414%).BerdasarkantemuaninimakakesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajarangeografimelaluipolaPBMPmampumeningkatkankemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.BagipenelitilanjutdisarankanuntukmenggunakanmediayangtepatdansesuaisebagaipendukungdalamprosespembelajaranagarpolaPBMPdapatterlaksanadenganbaik.Selainituguruharusterampildalammengelolakelasdanmemotivasisiswa.