Penerapan pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / oleh Alif Nurfaiza

Main Author: Alif Nurfaiza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2006
Online Access: http://repository.um.ac.id/153395/
Daftar Isi:
  • Berdasarkankurikulum2004(KBK)kemampuanberpikirmerupakansalahsatukompetensiyangharusdimilikiolehsiswa.Sekolahseharusnyamengajarsiswauntukberpikiragarkemampuanmenalarnyadapatberkembangbaiksehinggadapatmemahamikonsepdenganbaiktidakharusmenghafalnya.SalahsatupolapembelajaranyangberdasarkanpembelajaranberpusatpadasiswastudentcentereddandapatmeningkatkankemampuanberpikirsertahasilbelajarsiswaadalahpolapembelajaranPBMP(PemberdayaanberpikirMelaluiPertanyaan).BerdasarkanhasilobservasiawaldilapanganenunjukkanbahwasiswaSMPN4Malangpadaprosespembelajarancenderungpasifdanbanyakmenerimainforasidarigurutanpaadapemberdayaanberpikirya.penelitianinidilakukandiSMPNMalangyangbertjuanuntukmeningkatkanmemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.PendekatanpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakanpadasemesterItahunajaran2006/2007.Waktupelaksanaanpenelitianyaitupadatanggal31Julisampaidengan2Oktober2006.Penelitianinidilaksanakandengan2siklussiklusIpembelajarandilakukanmenggunakanPBMPdenganmetodeTanyajawab.SedangkansiklusIIpembelajarandilakukanmenggunakanpolaPBMPdenganmetodeyangberbedayaitudiskusikelompok.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVII-Fdenganjumlahsiswadalamkelasadalah43siswaterdiridari17putradan26putri.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanpolaPBMPinimampumeningkatkankemamuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.TemuansiklusIImenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanPBMPdenganmetodediskusikelompokmampumeningkatkanhasilbelajardankemampuanberpikirsiswayangditandaidariadanyapertanyaansiswayangmemilikitingkatansintesisdanevaluasiselainitujawabansiswatelahbanyakyangbenardanmemilikigramatikayangbaik.Rata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusImengalamipeningkatansebesar3275(15386%)darikemampuanawalsiswa.HasilbelajarsiswasiklusIImengalamipeningkatanlagisebesar1052(1472%)darisiklusI.BegitupulakemampuanberpikirsiswadarihasiltesmengalamipeningkatanpadasiklusIsebesar2072(11445%)darikemampuanawal.SedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatankembalisebanyak1713(4414%).BerdasarkantemuaninimakakesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajarangeografimelaluipolaPBMPmampumeningkatkankemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.BagipenelitilanjutdisarankanuntukmenggunakanmediayangtepatdansesuaisebagaipendukungdalamprosespembelajaranagarpolaPBMPdapatterlaksanadenganbaik.Selainituguruharusterampildalammengelolakelasdanmemotivasisiswa.