Pengembangan modul dengan pendekatan investigasi sebagai alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang untuk siswa SMP kelas IX / Dwi Oktaviana Jamil

Main Author: Jamil, Dwi Oktaviana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15339/
Daftar Isi:
  • Katakuncimodulpendekataninvestigasipeluang.BerdasarkankenyataandilapanganbelumadasuatudataataufaktayangdapatdijadikanbuktibahwahasilpembelajaranmatematikadiIndonesiasudahberhasildenganbaik.SalahsatufaktoryangmenyebabkanrendahnyahasilpembelajaranmatematikadiIndonesiaadalahrendahnyakualitaspembelajaranyangdiselenggarakangurudisekolah.Salahsatupenyebabrendahnyakualitaspembelajaranadalahkurangtepatnyapendekatanpembelajaranyangdipilihgurudalammengembangkanperangkatpembelajaranyangdirumuskanyangbermuarapadakurangefektifnyapembelajaranyangdikembangkandikelas.Darikenyataaninipenulisterdoronguntukmengembangkanmodulsebagaisalahsatualternatifpembelajaranmatematikaagarsiswalebihsenangmempelajarimatematika.Modulyangdikembangkanmenggunakanpendekataninvestigasiyaitusuatupendekatanyangmenuntunsiswauntukbelajarmembangunpemahamannyatentangsuatukonsepmateriyangakandipelajariberdasarkanpermasalahanawalyangdiberikanolehguru.Dengandemikiankonsepyangtelahmerekapelajariakanlebihmelekatpadaingatanmerekadalamjangkawaktuyanglebihlamadibandingkandenganhanyamenerimadarigurunya.Dalampembelajaraniniguruhanyaberfungsisebagaipembimbing.Adapununsur-unsurmoduliniterdiridarihalamansampulpetunjukuntukgurupetunjukuntuksiswadaftarisistandarkompetensidankompetensidasaridikatordantujuanpembelajaranteskemampuanawallembarmotivasilembarkegiatansiswalembarkerjasiswakuncijawabanlembarkerjasiswalembarevaluasikuncijawabanlembarevaluasilembarsoalremidikuncijawabansoalremidilembarpenilaiandiripengayaanpenutupdaftarpustakadanlembarpembatas.Sebelumdiujicobakankepadasiswamoduldivalidasiterlebihdahuluoleh2dosenmatematika2gurudan2temansejawat.Setelahitumoduldiujicobakankepada5orangsiswa.Berdasarkanhasilvalidasiisi(validasicontent)penilaianterhadapmodulyangmeliputiaspekkelayakanisipendekataninvestigasikebahasaandankegrafisandapatdisimpulkanvalid.Modulperludirevisipadakesalahanketikpemilihanwarnadanjenisfontsertamemperbanyakcontohsoal.Sementaradarihasilujicobakelompokkecil(validasiempirik)dapatdisimpulkanbahwamoduldapatditerimaolehsiswadanlayakdigunakansebagaialternatifpembelajaranmatematikapadamateripeluang.Adapunsaranpemanfaatanmoduliniadalahdigunakandisekolahsebagaisalahsatualternatifpembelajaranmatematikapadamateripeluang.Untukpengembanganlebihlanjutdisarankanuntukmengembangkanmodulpadamateriyanglaindanmengujicobakanhasilpengembanganpadakelaskecilsedangdanbesardengansiswayangheterogen.