Pengembangan modul dengan pendekatan investigasi sebagai alternatif pembelajaran matematika pada materi peluang untuk siswa SMP kelas IX / Dwi Oktaviana Jamil
Main Author: | Jamil, Dwi Oktaviana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15339/ |
Daftar Isi:
- Katakuncimodulpendekataninvestigasipeluang.BerdasarkankenyataandilapanganbelumadasuatudataataufaktayangdapatdijadikanbuktibahwahasilpembelajaranmatematikadiIndonesiasudahberhasildenganbaik.SalahsatufaktoryangmenyebabkanrendahnyahasilpembelajaranmatematikadiIndonesiaadalahrendahnyakualitaspembelajaranyangdiselenggarakangurudisekolah.Salahsatupenyebabrendahnyakualitaspembelajaranadalahkurangtepatnyapendekatanpembelajaranyangdipilihgurudalammengembangkanperangkatpembelajaranyangdirumuskanyangbermuarapadakurangefektifnyapembelajaranyangdikembangkandikelas.Darikenyataaninipenulisterdoronguntukmengembangkanmodulsebagaisalahsatualternatifpembelajaranmatematikaagarsiswalebihsenangmempelajarimatematika.Modulyangdikembangkanmenggunakanpendekataninvestigasiyaitusuatupendekatanyangmenuntunsiswauntukbelajarmembangunpemahamannyatentangsuatukonsepmateriyangakandipelajariberdasarkanpermasalahanawalyangdiberikanolehguru.Dengandemikiankonsepyangtelahmerekapelajariakanlebihmelekatpadaingatanmerekadalamjangkawaktuyanglebihlamadibandingkandenganhanyamenerimadarigurunya.Dalampembelajaraniniguruhanyaberfungsisebagaipembimbing.Adapununsur-unsurmoduliniterdiridarihalamansampulpetunjukuntukgurupetunjukuntuksiswadaftarisistandarkompetensidankompetensidasaridikatordantujuanpembelajaranteskemampuanawallembarmotivasilembarkegiatansiswalembarkerjasiswakuncijawabanlembarkerjasiswalembarevaluasikuncijawabanlembarevaluasilembarsoalremidikuncijawabansoalremidilembarpenilaiandiripengayaanpenutupdaftarpustakadanlembarpembatas.Sebelumdiujicobakankepadasiswamoduldivalidasiterlebihdahuluoleh2dosenmatematika2gurudan2temansejawat.Setelahitumoduldiujicobakankepada5orangsiswa.Berdasarkanhasilvalidasiisi(validasicontent)penilaianterhadapmodulyangmeliputiaspekkelayakanisipendekataninvestigasikebahasaandankegrafisandapatdisimpulkanvalid.Modulperludirevisipadakesalahanketikpemilihanwarnadanjenisfontsertamemperbanyakcontohsoal.Sementaradarihasilujicobakelompokkecil(validasiempirik)dapatdisimpulkanbahwamoduldapatditerimaolehsiswadanlayakdigunakansebagaialternatifpembelajaranmatematikapadamateripeluang.Adapunsaranpemanfaatanmoduliniadalahdigunakandisekolahsebagaisalahsatualternatifpembelajaranmatematikapadamateripeluang.Untukpengembanganlebihlanjutdisarankanuntukmengembangkanmodulpadamateriyanglaindanmengujicobakanhasilpengembanganpadakelaskecilsedangdanbesardengansiswayangheterogen.