Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang / Wentri Kusumawati
Main Author: | Kusumawati, Wentri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15330/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranNHTaktivitasbelajarsiswa.Berdasarkanobservasiawaldanwawancarainformalyangdilakukanpadatanggal12Maret2010denganguruMatematikaSMPN5MalangkelasVIIIDdiketahuibahwasebagianbesarprosespembelajaranmasihdidominasigurudansiswamasihpasif.Dari37siswahanya2siswasajayangbertanyasedangkansiswayanglainhanyamendengarkansajabahkanadabeberapasiswayangberbicaradengantemansebangkunyadantidakmendengarkanpenjelasangurudanpertanyaantemannya.Saatpresentasikelassebanyak16siswatidakmendengarkantemanyangpresentasikebanyakanberbicaradengantemansebangkunyadanadayangmelamunsendiribahkanadayangmengerjakantugasmatapelajaranlain.UntukmengatasihaltersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitudenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT.PenelitianinidilaksanakandiSMPN5MalangdengansubjeksiswakelasVIIIDyangberjumlah37siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandataaktivitasbelajarsiswamenggunakanlembarobservasiaktivitasbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanpembelajarankooperatiftipeNHTyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamateribangunruangkelasVIIIDSMPN5Malang.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeNHTyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitu1)membagisiswadalamkelompok-kelompokkecilyangheterogenkemampuanakademikdanjeniskelaminnyakemudiansetiapkelompokdiberikannomordadasesuaijumlahanggotakelompoknyasehinggasetiapanggotakelompokmendapatnomoryangberbedayangdipilihsesuaikeinginansiswadenganketentuannomorharussamauntukpertemuan-pertemuanberikutnya(Numbering)2)gurumemberikanduaLKSpadasetiapkelompokuntukmempermudahsiswadalamberdiskusidansebagaibahanpenelitiuntukmengecekjawabansiswapadatahapansweringjikaterdapatjawabanyangsamasertasiswadimintauntukmembacaLKStersebutterlebihdahuluuntukkemudianmenanyakanhal-halyangbelumdimengertisebelummemulaimengerjakanLKS(Questioning)3)lebihseringmengunjungikelompokterutamasiswayangseringberbuatgaduhuntukmenghindarisiswaberbicarasendiridiluarmateripelajaran(HeadsTogether)4)memilihsiswasecaraacakbaiknomormaupunkelompoknyauntukmemberikanjawabanatastiap-tiappertanyaandalamLKSdansiswadengannomoryangsamadiwajibkanuntukmemberikantanggapan(Answering).PadapenelitianiniaktivitasbelajarsiswameningkatdarisiklusIyanghanyamencapai4325%atau16siswayangaktifmenjadi8108%atau30siswaaktifpadasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranNHTdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasVIIIDSMPN5Malang.