Penerapan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa kelas VIII E SMPN 1 Kabuh Jombang / Tiara Sari
Main Author: | Sari, Tiara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15329/ |
Daftar Isi:
- KataKunciRMEkemampuanpenyelesaianmasalahsiswadanpenelitiantindakankelasPenelitianiniberawaldarikeadaansiswakelasVIIIESMPN1KabuhJombangyangtidakmenyukaimatematika.BerdasarkanhasilpengamatanawalyangdilakukanpembelajaranyangdilakukandiSMPNegeri1KabuhJombangpadakelasVIIImenunjukkanbahwapembelajarandilakukandengancaratradisionaldanpemahamankonsepsiswamasihkurang.Tingkatmotivasibelajarpesertadidiknyajugamasihrendahdanbergantungpadaguru.Padaumumnyagurumatematikadisanabelummenggunakanmodelpembelajarandalampembelajaranpenyelesaianmasalah.Padahalkemampuanpenyelesaianmasalahsangatdiperlukandalampembelajaranmatematikadanpadaeraglobalisasi.BerdasarkanpengamatantersebutperludilakukanpenelitianuntukmeningkatkankemampuanpenyelesaianmasalahsiswakelasVIIIEdenganmenggunakanRME.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1KabuhJombangpadabulanJuni2010.Penelitiandilaksanakandalam2siklus.PadasiklusImateriyangdisampaikanadalahluaspermukaanprismadanvolumeprismasedangkanpadasiklusIImateriyangdisampaikanadalahluaspermukaanlimasdanvolumelimas.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaknimenyusunrencanatindakanmelakukantindakanmelakukanpengamatandanmelaksanakanrefleksi.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanpenyelesaianmasalahsiswakelasVIIIESMPNegeri1KabuhJombangadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranRMEdenganrinciansebagaiberikut.Siswadiarahkanuntukmenemukansuatukonsepdengancaragurumemberikanapersepsiawalmasalahkontekstualsertamenunjukkanalatperagasehinggasiswabisamembayangkanapayangmerekapelajaridenganlebihjelas.Kemudianpadasaatdiskusikelassiswaaktifmenyampaikanpendapatnyadanmenyimpulkankonsepyangmerekatemukan.Setelahitusiswamengerjakanlatihansoalberupasoal-soalpenyelesaianmasalahsertapemberianmotivasiyanglebihkepadasiswa.Peningkatankemampuanpenyelesaianmasalahsiswadiperolehdarihasiltesyangdikerjakanolehsiswadiakhirsiklus.Kemampuanpenyelesaianmasalahsiswadikatakanmeningkatjikaskortesakhirsiklusmeningkatdibandingkanskorpadatessebelumnyadanmemenuhikriteriaketuntasanminimumyaitu75%.PadasiklusII80%darijumlahsiswaskornyameningkatdibandingkanskortessiklusIdanmemenuhistandarketuntasanminimum.JadisiklusIIdikatakanberhasildantidakdilanjutkankesiklusselanjutnya.