Penerapan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa kelas VIII E SMPN 1 Kabuh Jombang / Tiara Sari

Main Author: Sari, Tiara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15329/
Daftar Isi:
  • KataKunciRMEkemampuanpenyelesaianmasalahsiswadanpenelitiantindakankelasPenelitianiniberawaldarikeadaansiswakelasVIIIESMPN1KabuhJombangyangtidakmenyukaimatematika.BerdasarkanhasilpengamatanawalyangdilakukanpembelajaranyangdilakukandiSMPNegeri1KabuhJombangpadakelasVIIImenunjukkanbahwapembelajarandilakukandengancaratradisionaldanpemahamankonsepsiswamasihkurang.Tingkatmotivasibelajarpesertadidiknyajugamasihrendahdanbergantungpadaguru.Padaumumnyagurumatematikadisanabelummenggunakanmodelpembelajarandalampembelajaranpenyelesaianmasalah.Padahalkemampuanpenyelesaianmasalahsangatdiperlukandalampembelajaranmatematikadanpadaeraglobalisasi.BerdasarkanpengamatantersebutperludilakukanpenelitianuntukmeningkatkankemampuanpenyelesaianmasalahsiswakelasVIIIEdenganmenggunakanRME.Penelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1KabuhJombangpadabulanJuni2010.Penelitiandilaksanakandalam2siklus.PadasiklusImateriyangdisampaikanadalahluaspermukaanprismadanvolumeprismasedangkanpadasiklusIImateriyangdisampaikanadalahluaspermukaanlimasdanvolumelimas.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaknimenyusunrencanatindakanmelakukantindakanmelakukanpengamatandanmelaksanakanrefleksi.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanpenyelesaianmasalahsiswakelasVIIIESMPNegeri1KabuhJombangadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranRMEdenganrinciansebagaiberikut.Siswadiarahkanuntukmenemukansuatukonsepdengancaragurumemberikanapersepsiawalmasalahkontekstualsertamenunjukkanalatperagasehinggasiswabisamembayangkanapayangmerekapelajaridenganlebihjelas.Kemudianpadasaatdiskusikelassiswaaktifmenyampaikanpendapatnyadanmenyimpulkankonsepyangmerekatemukan.Setelahitusiswamengerjakanlatihansoalberupasoal-soalpenyelesaianmasalahsertapemberianmotivasiyanglebihkepadasiswa.Peningkatankemampuanpenyelesaianmasalahsiswadiperolehdarihasiltesyangdikerjakanolehsiswadiakhirsiklus.Kemampuanpenyelesaianmasalahsiswadikatakanmeningkatjikaskortesakhirsiklusmeningkatdibandingkanskorpadatessebelumnyadanmemenuhikriteriaketuntasanminimumyaitu75%.PadasiklusII80%darijumlahsiswaskornyameningkatdibandingkanskortessiklusIdanmemenuhistandarketuntasanminimum.JadisiklusIIdikatakanberhasildantidakdilanjutkankesiklusselanjutnya.