Pengembangan modul pembelajaran barisan dan deret untuk siswa SMP kelas IX dengan pendekatan konteksrual / Yunita Kusuma Wardani
Main Author: | Wardani, Yunita Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15328/ |
Daftar Isi:
- SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.AskuryM.Pd.PembimbingIIDra.TriHapsariUtamiM.Pd.KataKuncipengembanganmodulbarisandanderetpendekatankontekstualSetiapsiswamemilikikecepatanbelajaryangberbeda-beda.Adasiswayangkecepatanbelajarnyatingginamunadajugasiswayangkecepatanbelajarnyarendah.Pembelajarandenganmodulmemberikansolusiuntukpermasalahanini.Selainitumoduljugamemberikankesempatankepadasiswauntukbelajarsecaramandiri.Moduldapatdigunakanuntukmembelajarkanmateriapapuntermasukmateribarisandanderet.KarenamateribarisandanderetbarupertamakalidiajarkanpadasiswakelasIXSMPmakaakanlebihbaikjikamateridikenalkanmelaluipermasalahankontekstualyangadadalamkehidupansehari-hari.Olehkarenaitupenulistertarikuntukmelakukankegiatanpengembanganmodul.TujuanpengembanganiniadalahterbentuknyamodulpembelajaranmatematikadenganpendekatankontekstualpadamateribarisandanderetuntuksiswaSMPkelasIX.ModelpengembanganmodulinimengadaptasimodelpengembanganmenurutChomsinS.WidododanJasmadi.Prosedurpengembanganmoduladalahsebagaiberikut(1)menentukanstandarkompetensi(2)analisiskebutuhanmodul(3)penyusunandraft(4)validasidanujicobadan(5)revisi.Berdasarkanhasilanalisisdataujicoba1disimpulkanbahwadarikeseluruhanaspekpenilaianyaitu(1)aspekmateri(2)aspekpendekatankontekstual(3)aspekbahasadan(4)aspekpenyajiandantampilanmoduldinyatakanvaliddanberdasarkananalisisdataujicoba2dapatdisimpulkanbahwamoduldapatditerimaolehsiswa.NamunadabeberapabagianmodulyangmasihharusdirevisisalahsatunyaadalahperubahanredaksipadabeberapapertanyaandalamLembarKegiatanBelajar1.Halinidikarenakanpertanyaantersebutmasihsulitdipahamiolehbeberapasiswa.Saranuntukpengembanganmodulselanjutnyadiharapkanujicobalapanganlebihdiperluasdanlatihansoaldiperbanyaklagi.