Pengembangan modul pembelajaran barisan dan deret untuk siswa SMP kelas IX dengan pendekatan konteksrual / Yunita Kusuma Wardani

Main Author: Wardani, Yunita Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15328/
Daftar Isi:
  • SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.AskuryM.Pd.PembimbingIIDra.TriHapsariUtamiM.Pd.KataKuncipengembanganmodulbarisandanderetpendekatankontekstualSetiapsiswamemilikikecepatanbelajaryangberbeda-beda.Adasiswayangkecepatanbelajarnyatingginamunadajugasiswayangkecepatanbelajarnyarendah.Pembelajarandenganmodulmemberikansolusiuntukpermasalahanini.Selainitumoduljugamemberikankesempatankepadasiswauntukbelajarsecaramandiri.Moduldapatdigunakanuntukmembelajarkanmateriapapuntermasukmateribarisandanderet.KarenamateribarisandanderetbarupertamakalidiajarkanpadasiswakelasIXSMPmakaakanlebihbaikjikamateridikenalkanmelaluipermasalahankontekstualyangadadalamkehidupansehari-hari.Olehkarenaitupenulistertarikuntukmelakukankegiatanpengembanganmodul.TujuanpengembanganiniadalahterbentuknyamodulpembelajaranmatematikadenganpendekatankontekstualpadamateribarisandanderetuntuksiswaSMPkelasIX.ModelpengembanganmodulinimengadaptasimodelpengembanganmenurutChomsinS.WidododanJasmadi.Prosedurpengembanganmoduladalahsebagaiberikut(1)menentukanstandarkompetensi(2)analisiskebutuhanmodul(3)penyusunandraft(4)validasidanujicobadan(5)revisi.Berdasarkanhasilanalisisdataujicoba1disimpulkanbahwadarikeseluruhanaspekpenilaianyaitu(1)aspekmateri(2)aspekpendekatankontekstual(3)aspekbahasadan(4)aspekpenyajiandantampilanmoduldinyatakanvaliddanberdasarkananalisisdataujicoba2dapatdisimpulkanbahwamoduldapatditerimaolehsiswa.NamunadabeberapabagianmodulyangmasihharusdirevisisalahsatunyaadalahperubahanredaksipadabeberapapertanyaandalamLembarKegiatanBelajar1.Halinidikarenakanpertanyaantersebutmasihsulitdipahamiolehbeberapasiswa.Saranuntukpengembanganmodulselanjutnyadiharapkanujicobalapanganlebihdiperluasdanlatihansoaldiperbanyaklagi.