Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada mata pelajaran matematika / Siti Rochana
Main Author: | Rochana, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15324/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLearningCycleKemampuanBertanya.Interaksipositifantaragurudansiswamerupakankuncikeberhasilandarisuatupembelajaran.Halinidapatterlihatdarikemauansiswadalammengajukanpertanyaan.Tetapiseringkalisiswatidakmauuntukmengajukanpertanyaandenganberbagaialasanyaitumalusungkantakutditertawakandansebagainya.Halinimenyebabkankemampuanbertanyasiswamenjadirendahdanberakibathasilbelajarsiswajugarendah.Terkaitdenganituguruharusmampumemilihstrategiyangtepatuntukdapatmemfasilitasisiswadalammengajukanpertanyaan.SalahsatumodelpembelajarantersebutyaitumodelpembelajaranLearningCycle.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranLearningCycleyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswapadamatapelajaranmatematika.LearningCycleyangditerapkanterdiridari5faseyaituengagementexplorationexplanationelaboration/extentiondanevaluation.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianiniterdiridariduasiklusyaitusiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilandapatdilihatdenganmengamatipeningkatankemampuanbertanyayangdilihatdariindikatorkemampuanbertanyayangdiperolehdariawalpertemuanakhirsiklusIdanakhirsiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurkemampuanbertanyasiswaadalahindikatorkemampuanbertanyayaitutingkatpertanyaanrelevansiterhadapmateribahasayangdigunakandankeberaniandalammengajukanpertanyaan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranLearningCycledapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswa.Hasilrata-ratakemampuanbertanyasiswadariawalpertemuankeakhirsiklusIdankeakhirsiklusIImeningkat155poindan135poin.Padaawalpertemuanrata-ratakemampuanbertanyasiswayaitu2375%padasiklusIrata-ratakemampuanbertanyasiswasebesar3925%sedangkanpadasiklusIIrata-ratakemampuanbertanyasiswasebesar5275%.Denganpembelajaraninisiswamenjadilebihtertantanguntukmemahamisendirimateriyangdisampaikandanmengerjakansendirisoal-soalyangdiberikan.Rasapercayadirisiswajugabertambahdalammenyampaikanjawabandanpendapatsaatdiskusikelas.Motivasisiswauntukbertanyasemakinbertambahkarenasiswamerasasenangmengikutipembelajarandenganadanyapemberianrewardbagiyangbersediamengajukanpertanyaan.