Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada mata pelajaran matematika / Siti Rochana

Main Author: Rochana, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15324/
Daftar Isi:
  • KataKunciLearningCycleKemampuanBertanya.Interaksipositifantaragurudansiswamerupakankuncikeberhasilandarisuatupembelajaran.Halinidapatterlihatdarikemauansiswadalammengajukanpertanyaan.Tetapiseringkalisiswatidakmauuntukmengajukanpertanyaandenganberbagaialasanyaitumalusungkantakutditertawakandansebagainya.Halinimenyebabkankemampuanbertanyasiswamenjadirendahdanberakibathasilbelajarsiswajugarendah.Terkaitdenganituguruharusmampumemilihstrategiyangtepatuntukdapatmemfasilitasisiswadalammengajukanpertanyaan.SalahsatumodelpembelajarantersebutyaitumodelpembelajaranLearningCycle.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranLearningCycleyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswapadamatapelajaranmatematika.LearningCycleyangditerapkanterdiridari5faseyaituengagementexplorationexplanationelaboration/extentiondanevaluation.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianiniterdiridariduasiklusyaitusiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilandapatdilihatdenganmengamatipeningkatankemampuanbertanyayangdilihatdariindikatorkemampuanbertanyayangdiperolehdariawalpertemuanakhirsiklusIdanakhirsiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurkemampuanbertanyasiswaadalahindikatorkemampuanbertanyayaitutingkatpertanyaanrelevansiterhadapmateribahasayangdigunakandankeberaniandalammengajukanpertanyaan.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamodelpembelajaranLearningCycledapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswa.Hasilrata-ratakemampuanbertanyasiswadariawalpertemuankeakhirsiklusIdankeakhirsiklusIImeningkat155poindan135poin.Padaawalpertemuanrata-ratakemampuanbertanyasiswayaitu2375%padasiklusIrata-ratakemampuanbertanyasiswasebesar3925%sedangkanpadasiklusIIrata-ratakemampuanbertanyasiswasebesar5275%.Denganpembelajaraninisiswamenjadilebihtertantanguntukmemahamisendirimateriyangdisampaikandanmengerjakansendirisoal-soalyangdiberikan.Rasapercayadirisiswajugabertambahdalammenyampaikanjawabandanpendapatsaatdiskusikelas.Motivasisiswauntukbertanyasemakinbertambahkarenasiswamerasasenangmengikutipembelajarandenganadanyapemberianrewardbagiyangbersediamengajukanpertanyaan.