Penerapan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar teorema Pythagoras pada siswa kels VIII SMP Negeri 2 Pandaan / Eko Budi Setyowati

Main Author: Setyowati, Eko Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15319/
Daftar Isi:
  • KatakunciPendidikanMatematikaRealistikhasilbelajarPembelajaranadalahprosesberfikiruntukmemecahkanmasalah.Pembelajaranyangmemanfaatkanrealitadunianyatauntukmemperolehkonsepadalahpembelajaranrealistik.Penerapankonsepmatematikayangtelahdimilikisiswadalamkehidupansehari-hariadalahsangatpentinguntukdilakukan.Salahsatupembelajarnmatematikayangberorientasipadapermasalahansehari-hariadalahPendidikanMatematikaRealistik(PMR)atauRealisticMathematicsEducation(RME).Penelitianinibertujuan(1)UntukmendiskripsikanpenerapanRealisticMathematicsEducation(RME)dalampembelajaranTeoremaPythagoras(2)UntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriTeoremaPythagorassehinggadapatmencapainilaidenganketuntasan75%denganmenggunakanRealisticMathematicsEducation.Penelitianinimencobauntukmengatasipermasalahanberikut(1)BagaimanapenerapanRealisticMathematicsEducationdalampembelajaranTeoremaPythagoraspadasiswakelasVIIISMPNegeri2Pandaan(2)BagaimanahasilbelajarsiswapadamateriTeoremaPythagorasdenganmenggunakanRealisticMathematicsEducationPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifRMEdanjenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitiandilakukandiSMPNegeriPandaan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIEyangberjumlah48siswa.Penelitiandilaksanakanpadatanggal457Desember2009denganduasiklus.Berdasarpenelitianyangdilakukanmakadiperolehhasilberikut(1)Penerapanpendidikanmatematikarealistikdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)Penerapanpembelajaranmatematikarealistikdilakukanmelalui3tahapkegiatanyaitutahapawalkegiatantahapintidankegiatantahapakhir.Padakegiatantahapawalyangkelihatanadalahtheuseofcontext.Padakegiatantahapintiyangkelihatanadalahtheuseofcontexttheuseofmodelsstudentcontributiondaninteractivitysedangkanpadakegiatanakhiryangkelihatanadalahintertwiningyaitusiswadapatmengaitkanmasalahkontekstualdenganpengetahuanpengetahuanmatematikalainuntukdapatmenarikkesimpulan(3)PadaumumnyasiswasenangpendidikanmatematikarealistikpadamateriTeoremaPythagoras.