Penerapan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar teorema Pythagoras pada siswa kels VIII SMP Negeri 2 Pandaan / Eko Budi Setyowati
Main Author: | Setyowati, Eko Budi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15319/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPendidikanMatematikaRealistikhasilbelajarPembelajaranadalahprosesberfikiruntukmemecahkanmasalah.Pembelajaranyangmemanfaatkanrealitadunianyatauntukmemperolehkonsepadalahpembelajaranrealistik.Penerapankonsepmatematikayangtelahdimilikisiswadalamkehidupansehari-hariadalahsangatpentinguntukdilakukan.Salahsatupembelajarnmatematikayangberorientasipadapermasalahansehari-hariadalahPendidikanMatematikaRealistik(PMR)atauRealisticMathematicsEducation(RME).Penelitianinibertujuan(1)UntukmendiskripsikanpenerapanRealisticMathematicsEducation(RME)dalampembelajaranTeoremaPythagoras(2)UntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriTeoremaPythagorassehinggadapatmencapainilaidenganketuntasan75%denganmenggunakanRealisticMathematicsEducation.Penelitianinimencobauntukmengatasipermasalahanberikut(1)BagaimanapenerapanRealisticMathematicsEducationdalampembelajaranTeoremaPythagoraspadasiswakelasVIIISMPNegeri2Pandaan(2)BagaimanahasilbelajarsiswapadamateriTeoremaPythagorasdenganmenggunakanRealisticMathematicsEducationPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifRMEdanjenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitiandilakukandiSMPNegeriPandaan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIEyangberjumlah48siswa.Penelitiandilaksanakanpadatanggal457Desember2009denganduasiklus.Berdasarpenelitianyangdilakukanmakadiperolehhasilberikut(1)Penerapanpendidikanmatematikarealistikdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)Penerapanpembelajaranmatematikarealistikdilakukanmelalui3tahapkegiatanyaitutahapawalkegiatantahapintidankegiatantahapakhir.Padakegiatantahapawalyangkelihatanadalahtheuseofcontext.Padakegiatantahapintiyangkelihatanadalahtheuseofcontexttheuseofmodelsstudentcontributiondaninteractivitysedangkanpadakegiatanakhiryangkelihatanadalahintertwiningyaitusiswadapatmengaitkanmasalahkontekstualdenganpengetahuanpengetahuanmatematikalainuntukdapatmenarikkesimpulan(3)PadaumumnyasiswasenangpendidikanmatematikarealistikpadamateriTeoremaPythagoras.