Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan teorema Pythagoras / Sukirno

Main Author: Sukirno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15317/
Daftar Isi:
  • KatakunciHasilBelajarPembelajaranKontekstualTeoremaPythagorasBerdasarkanpengamatanpenelitiselamamengajardikelasVIIIpadabulanJulisampaiNopembersiswakelasVIIIkesulitanmemahamimatematikakhususnyamateripersamaangarislurus.Pembelajaranpadamateriinidilakukandenganmodelkonvensional.Darihasilulanganmateripersamaangarislurusnilairata-ratakelasVIIIinirendahyaitu58sedangkanKKMnya65.Berdasarkantemuanpermasalahantersebutdirencanakansuatutinadakanberupapengembanganmodelpembelajaranyangdiharapkandapatmengatasipermasalahanterebut.modelpembelajaranyangdmaksudadalahmodelpembelajarankontekstual.TujuanpenelitianyangdilakukanadalahmendeskripsikanmodelpembelajarankontekstualpeningkatanhasilbelajarTeoremaPythgorassiswakelasVIII.MendeskripsikanresponsiswaterhadappembelajaranmodelpembelajarankontekstualTeoremaPythagoras.PenelitiandilaksanakanpadabulanDesember2009dengansubyekpenelitiansiswakelasVIIISMP2PurwodadiKabupatenPasuruantempatpenekitibertugasselamaini.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).PenerapanmodelpembelajarankontekstualdandilaksanakandalamduasiklusdenganmateriTeoremaPythgoras.HasilpenelitimenunjukkanbahwapembelajaranTeoremaPythaorasmodelpembelajarankontekstualtelahterlaksanadenganbaikdandapatmeningkatkanbelajar.Haliniditunjukkanolehrata-ratanilaitesdanketuntasanklasikalpadaakhirsiklusIIberturut-turut75dan943%.SedangkanpadasiklusInilairata-ratates73danketuntasanklasikal886%.ResponsiswaterhadappembelajaranTeoremaPythagorasmodelpembelajarankontekstualadalahpositif.Siswasenangdanantusiasbelajarterutamadenganalatperagayangdigunakan.