Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan teorema Pythagoras / Sukirno
Main Author: | Sukirno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15317/ |
Daftar Isi:
- KatakunciHasilBelajarPembelajaranKontekstualTeoremaPythagorasBerdasarkanpengamatanpenelitiselamamengajardikelasVIIIpadabulanJulisampaiNopembersiswakelasVIIIkesulitanmemahamimatematikakhususnyamateripersamaangarislurus.Pembelajaranpadamateriinidilakukandenganmodelkonvensional.Darihasilulanganmateripersamaangarislurusnilairata-ratakelasVIIIinirendahyaitu58sedangkanKKMnya65.Berdasarkantemuanpermasalahantersebutdirencanakansuatutinadakanberupapengembanganmodelpembelajaranyangdiharapkandapatmengatasipermasalahanterebut.modelpembelajaranyangdmaksudadalahmodelpembelajarankontekstual.TujuanpenelitianyangdilakukanadalahmendeskripsikanmodelpembelajarankontekstualpeningkatanhasilbelajarTeoremaPythgorassiswakelasVIII.MendeskripsikanresponsiswaterhadappembelajaranmodelpembelajarankontekstualTeoremaPythagoras.PenelitiandilaksanakanpadabulanDesember2009dengansubyekpenelitiansiswakelasVIIISMP2PurwodadiKabupatenPasuruantempatpenekitibertugasselamaini.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).PenerapanmodelpembelajarankontekstualdandilaksanakandalamduasiklusdenganmateriTeoremaPythgoras.HasilpenelitimenunjukkanbahwapembelajaranTeoremaPythaorasmodelpembelajarankontekstualtelahterlaksanadenganbaikdandapatmeningkatkanbelajar.Haliniditunjukkanolehrata-ratanilaitesdanketuntasanklasikalpadaakhirsiklusIIberturut-turut75dan943%.SedangkanpadasiklusInilairata-ratates73danketuntasanklasikal886%.ResponsiswaterhadappembelajaranTeoremaPythagorasmodelpembelajarankontekstualadalahpositif.Siswasenangdanantusiasbelajarterutamadenganalatperagayangdigunakan.