Kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari tiga bilangan asli Kelas I SMP Negeri 8 Malang oleh Rina Muntiari
Main Author: | Muntiari, Rina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15295/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilalrukankarenamasihbanyakditemukansiswayangmelakukankesalahan-kesalahadnalammenyelesaikansoal-soalpadapelajaranmatematika.MateriKelipatanPersekutuanTerkecil(KPK)danFaklorPersekutuanTerbesar(FPB)akandigunakanuntukmenyelesaikansoal-soaltentangoperasipadapecahanyaitupengurangadnanpenjumlahanpadapecahanPenelitianinibertujuanuntukmengetahuiletakkesalahan-kesalahasniswadalammenyelesaikansoal-soalmenentukanKelipatanPersekutuanTerkecil(KPK)danFaktorPersekutuanTerbesar(FPB)daritigabilanganasli.KegiatanpenelitianinidilalcukandiSMPNegeri8Malang.Kegiatanyangdilakukandalampenelitianiniadalahpenelitimemberikanteskepadasiswayangterdiridari5kelasyaituIdIBICIGdanIHdiSMPNegeri8Malang.Hasiltesyangberupaskorsiswakemudiandiurutkanpadamasing-masingkelasmulaiskortertinggikeskorterendah.Selanjutny4datayangdiperolehdarihasiltestersebutdianalisissecaradeskriptifJawaban-jawabatnesdarisiswayangterdiridari5kelastersebutdikumpulkanuntukdiketahuikesalahan-kesalahannyKae.mudiandarikesalahan-kesalahaynangditemukantersebutpenelitimengelompokkankesalahanyangsejenismenjadisatu.Selainitqpenelitimengambiljawabandari5siswayangskomyapalingrendalrsiswayangskomyamenenga[dansiswayangskornyatertinggidarimasing-masingkelasuntukdiketahuikesalahan-kesalahaynangdilalcukansiswatersebut.Daripenelitianinidiperolehkesimpulanbahwakesalahan-kesalahasniswadalammenyelesaikansoal-soalmenentukanKelipatanPersekutuanTerkecil(KPK)danFaktorPersekutuanTerbesar(FPB)daritigabilanganaslidapatmerupakankesalahankonsepkesalahanalgoritmadankesalahanyangbukanmerupakankesalahankonseprnaupunkesalahanalgoritmayangdalampenelitianinidisebutkesalahanaplikasi.Daripenelitianinidiperolehbahwakesalahankonseptidakselaludiikutidengankesalahanalgoritma.Sedangkanpemahamankonsepyangbenartidakmenjadijaminanbahwaalgoritmanyabenar.