Penerapan pembelajaran model ARCS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel siswa SMU Laboraturium UM kelas X semester I / Resti Switaning Edy Seputri

Main Author: Seputri, Resti Switaning Edy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15268/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSeputriRestiSwitaningEdy.2010.PenerapanPembelajaranModelARCSUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarMatematikaSiswaSmuLaboratoriumUmKelasXSemesterI.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriMulyatiM.Pd.(II)Drs.RustantoRahardiM.Si.KatakunciHasilbelajarMotivasibelajarModelARCS.Gurumemilikiperananpentingdalamkegiatanpembelajaranuntukmemberikanpemahamansiswaterhadapmateriyangdisampaikan.Mengingatkemampuandayatangkapdanmotivasibelajarsiswayangberbeda-bedaguruharuspandaimemilihsrategipembelajaranyangtepatdansesuaidengankeadaankelasnya.PembelajaranModelARCSmerupakansalahsatualternatifpembelajaranyangberdasarkanprinsip-prinsipmotivasi.Padapembelajaraninisiswaterlebihdahuludiajakuntukmengingatkembalikonsepmateriyangtelahdipelajarisebelumnyamenunjukkanhubunganbahanajardengankebutuhandankondisisiswamelaluipermasalahanopenendedyangdikerjakansecaraindividuatauberkelompoksesuaidenganpengalaman-pengalamanpengetahuansiswasebelumnyamemberikanumpanbalikterhadappelaksanaantugasdanmemberikanpenguatanterhadapkeberhasilanpelaksanaantugasyangtelahdipelajaridenganpemberiantes.PenelitianinidilakukandiSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangtanggal22Oktober2009sampai3Desember2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianinidilakukankarenaadanyakesulitansiswadalammemahamihimpunanpenyelesaianSistemPersamaanLinierdanKuadratDuaVariabel.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilanpeningkatanmotivasidanhasilbelajardapatdilihatdenganmengamatipeningkatanyangdiperolehsebelumpelaksanaansiklusIsetelahsiklusIdansetelahsiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahteskemampuanawaldantesdiakhirsiklus.Sedangkanuntukmengukurmotivasibelajarsiswadigunakaninstrumenberupaangketdanlembarobservasimotivasisiswaselamapembelajaranberlangsung.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIImenunjukkanpeningkatandibandingkansiklusI.Peningkatanskormotivasirata-rataangketsebelumpelaksanaantindakandenganrata-rataskorsiswasebesar399meningkatmenjadi405sesudahpelaksanaantindakan.Reratakelasdarihasilevaluasidisetiapsiklusjugamengalamipeningkatansebelumtindakansebesar35.04danhasilbelajarsetelahtindakansebesar8205denganpeningkatansebesar4701.KetuntasanbelajarsecaraklasikalpadasiklusIsebesar761%danpadasiklusIImeningkatmenjadi100%.Jadiketuntasanbelajarmengalamipeningkatansebesar2309%.BerdasarkanhasilpenelitiangurudapatmenerapkanmodelARCSdalamprosespembelajaransebagaivariasipembelajaranMatematikayangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.i