Penerapan pembelajaran model ARCS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel siswa SMU Laboraturium UM kelas X semester I / Resti Switaning Edy Seputri
Main Author: | Seputri, Resti Switaning Edy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15268/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSeputriRestiSwitaningEdy.2010.PenerapanPembelajaranModelARCSUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarMatematikaSiswaSmuLaboratoriumUmKelasXSemesterI.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriMulyatiM.Pd.(II)Drs.RustantoRahardiM.Si.KatakunciHasilbelajarMotivasibelajarModelARCS.Gurumemilikiperananpentingdalamkegiatanpembelajaranuntukmemberikanpemahamansiswaterhadapmateriyangdisampaikan.Mengingatkemampuandayatangkapdanmotivasibelajarsiswayangberbeda-bedaguruharuspandaimemilihsrategipembelajaranyangtepatdansesuaidengankeadaankelasnya.PembelajaranModelARCSmerupakansalahsatualternatifpembelajaranyangberdasarkanprinsip-prinsipmotivasi.Padapembelajaraninisiswaterlebihdahuludiajakuntukmengingatkembalikonsepmateriyangtelahdipelajarisebelumnyamenunjukkanhubunganbahanajardengankebutuhandankondisisiswamelaluipermasalahanopenendedyangdikerjakansecaraindividuatauberkelompoksesuaidenganpengalaman-pengalamanpengetahuansiswasebelumnyamemberikanumpanbalikterhadappelaksanaantugasdanmemberikanpenguatanterhadapkeberhasilanpelaksanaantugasyangtelahdipelajaridenganpemberiantes.PenelitianinidilakukandiSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangtanggal22Oktober2009sampai3Desember2009.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.PenelitianinidilakukankarenaadanyakesulitansiswadalammemahamihimpunanpenyelesaianSistemPersamaanLinierdanKuadratDuaVariabel.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusII.TingkatkeberhasilanpeningkatanmotivasidanhasilbelajardapatdilihatdenganmengamatipeningkatanyangdiperolehsebelumpelaksanaansiklusIsetelahsiklusIdansetelahsiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajarsiswaadalahteskemampuanawaldantesdiakhirsiklus.Sedangkanuntukmengukurmotivasibelajarsiswadigunakaninstrumenberupaangketdanlembarobservasimotivasisiswaselamapembelajaranberlangsung.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIImenunjukkanpeningkatandibandingkansiklusI.Peningkatanskormotivasirata-rataangketsebelumpelaksanaantindakandenganrata-rataskorsiswasebesar399meningkatmenjadi405sesudahpelaksanaantindakan.Reratakelasdarihasilevaluasidisetiapsiklusjugamengalamipeningkatansebelumtindakansebesar35.04danhasilbelajarsetelahtindakansebesar8205denganpeningkatansebesar4701.KetuntasanbelajarsecaraklasikalpadasiklusIsebesar761%danpadasiklusIImeningkatmenjadi100%.Jadiketuntasanbelajarmengalamipeningkatansebesar2309%.BerdasarkanhasilpenelitiangurudapatmenerapkanmodelARCSdalamprosespembelajaransebagaivariasipembelajaranMatematikayangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.i