Modul sebagai alternatif pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivitas pada materi statistika untuk siswa SMP kelas IX / Khairiyatun Nisak

Main Author: Nisak, Khairiyatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15263/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNisakKhairiyatun.2010.ModulSebagaiAlternatifPembelajaranMatematikaDenganPendekatanKonstruktivisPadaMateriStatistikaUntukSiswaSMPKelasIX.SkripsiProgramS1PendidikanMatematikaUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.DwiyanaM.Pd.PembimbingIIDra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKuncimodulalternatifpembelajaranpendekatankonstruktivisSetiapindividumemilikikeunikanmasing-masingtermasukdalamhalperbedaankecepatanbelajar.Moduldisusununtukmemberikankesempatanbagisiswamengeksplorasikemampuannyadanmenciptakankondisibelajaryangkondusifbagidirinya.Modulyangdisusunbercirikanpendekatankonstruktivismemberikankesempatankepadasiswauntukmembangunpengetahuannyamelaluiaktivitasmandiri.SalahsatualternatifpembelajaranMatematikaadalahdenganmenggunakanmodul.TujuanpengembanganiniadalahtersusunnyamodulyanglayakyangdapatdigunakansebagaialternatifpembelajaranMatematikadenganpendekatankonstruktivispadamateriStatistikauntuksiswaSMPkelasIX.Pengembanganmodulinimenggunakanmodelkonseptual.ProsedurpengembanganmoduldalampenulisaninididasarkanpadaprosedurpengembanganmodulmenurutDepartemenPendidikanNasionalmelaluitahaptahapyaitu(1)tahappersiapan(2)tahappenyusunandan(3)tahapvalidasidanpenyempurnaan.Berdasarkanhasilanalisispengembangankeseluruhanaspekpenilaianyaitu(1)aspekkelayakanisi(2)aspekpembelajarankonstruktivis(3)aspekkebahasaan(4)aspeksajiandan(5)aspekkegrafisanmoduldinyatakansangatvalid.DengandemikianmodulberdasarkanpendekatankonstruktivisyangtelahdisusunlayakdijadikansebagaialternatifdalampembelajaranMatematikapadamateriStatistikauntuksiswaSMPkelasIX.Saranuntukpengembanganmodulselanjutnyadiharapkanujicobalapanganlebihdiperluas.Selainitulebihmempertimbangkanwaktuyangdiperlukansiswauntukmempelajarimodul.