Modul sebagai alternatif pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivitas pada materi statistika untuk siswa SMP kelas IX / Khairiyatun Nisak
Main Author: | Nisak, Khairiyatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15263/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNisakKhairiyatun.2010.ModulSebagaiAlternatifPembelajaranMatematikaDenganPendekatanKonstruktivisPadaMateriStatistikaUntukSiswaSMPKelasIX.SkripsiProgramS1PendidikanMatematikaUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.DwiyanaM.Pd.PembimbingIIDra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKuncimodulalternatifpembelajaranpendekatankonstruktivisSetiapindividumemilikikeunikanmasing-masingtermasukdalamhalperbedaankecepatanbelajar.Moduldisusununtukmemberikankesempatanbagisiswamengeksplorasikemampuannyadanmenciptakankondisibelajaryangkondusifbagidirinya.Modulyangdisusunbercirikanpendekatankonstruktivismemberikankesempatankepadasiswauntukmembangunpengetahuannyamelaluiaktivitasmandiri.SalahsatualternatifpembelajaranMatematikaadalahdenganmenggunakanmodul.TujuanpengembanganiniadalahtersusunnyamodulyanglayakyangdapatdigunakansebagaialternatifpembelajaranMatematikadenganpendekatankonstruktivispadamateriStatistikauntuksiswaSMPkelasIX.Pengembanganmodulinimenggunakanmodelkonseptual.ProsedurpengembanganmoduldalampenulisaninididasarkanpadaprosedurpengembanganmodulmenurutDepartemenPendidikanNasionalmelaluitahaptahapyaitu(1)tahappersiapan(2)tahappenyusunandan(3)tahapvalidasidanpenyempurnaan.Berdasarkanhasilanalisispengembangankeseluruhanaspekpenilaianyaitu(1)aspekkelayakanisi(2)aspekpembelajarankonstruktivis(3)aspekkebahasaan(4)aspeksajiandan(5)aspekkegrafisanmoduldinyatakansangatvalid.DengandemikianmodulberdasarkanpendekatankonstruktivisyangtelahdisusunlayakdijadikansebagaialternatifdalampembelajaranMatematikapadamateriStatistikauntuksiswaSMPkelasIX.Saranuntukpengembanganmodulselanjutnyadiharapkanujicobalapanganlebihdiperluas.Selainitulebihmempertimbangkanwaktuyangdiperlukansiswauntukmempelajarimodul.