Kemampuan siswa SMP kelas VIII di Kota Malang dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tahapan analisis kesalahan Newman / Siti Suaibah
Main Author: | Suaibah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15260/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuaibahSiti.2010.KemampuanSiswaSMPNegeriKelasVIIIdiKotaMalangdalamMenyelesaikanSoalCeritaMatematikaDitinjaudariTahapanAnalisisKesalahanNewman.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.MakbulMuksarS.PdM.Si.dan(II)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KatakunciSoalCeritaMatematikaTahapanAnalisisKesalahanNewman.Belajarmatematikatidakhanyadituntutuntukmenguasaikonsep-konsepdalammatematikaakantetapisiswajugadituntutuntukbisamenerapkankonsepdalampemecahanmasalahsehari-hari.Pemecahanmasalahdalammatematikasekolahbiasanyadiwujudkanmelaluisoalcerita.Hinggasaatiniketerampilanberpikirdanmenyelesaikansoalceritamatematikamasihcukuprendah.MetodeanalisiskesalahanNewmanmerupakansalahsatumetodeyangdigunakanuntukmenganalisiskesalahanpenyelesaiansoalceritamatematika.Metodeinimempunyailimatahapanyaitu(1)membacamasalah(reading)(2)memahamimasalah(comprehension)(3)transformasimasalah(transformation)(4)keterampilanproses(processskill)(5)penulisanjawaban(encoding)HinggasaatinipenelitianyangberkaitandenganmetodeanalisiskesalahanNewmanmasihsedikitdijumpaikhususnyadiKotaMalang.Penelitianinibertujuan(1)mengetahuibagaimanakemampuansiswaSMPN1SMPN8danSMPN12kelasVIIIdikotaMalangdalammenyelesaikansoalceritaditinjaudaritahapan(a)membacamasalah(reading)(b)memahamimasalah(comprehension)(c)transformasimasalah(transformation)(d)keterampilanproses(processskill)(e)penulisanjawaban(encoding)dan(2)bagaimanabentuk-bentukkesalahanyangdilakukanolehsiswaSMPN1SMPN8danSMPN12kelasVIIIdikotaMalangdalammenyelesaikansoalceritamatematikadenganmenggunakantahapananalisiskesalahanNewman.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanjenispenelitianyangdilakukanadalahdeskriptif.PopulasipadapenelitianyaitusemuasiswakelasVIIIdariSMPN1Malangyangberjumlah122siswasiswaSMPN8Malangyangberjumlah282siswadansiswaSMPN12Malangyangberjumlah240siswa.SampelyangdiambiluntukSMPN1yaitusiswakelasVIIIAyangberjumlah42siswauntukSMPN8sampelyangdigunakanadalahsiswakelasVIIIAyangberjumlah45siswadanuntukSMPN12sampelyangdigunakanyaitukelasVIIIDyangberjumlah39siswa.Pengambilandatadalampenelitianinidilakukanmelaluitesyangdilakukanduakalidanwawancara.Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwakemampuanmembaca(reading)siswakelasVIIISMPN1Malangtergolongbaikyaitusebesar67.03%siswaSMPN8Malangtergolongkurangyaitusebesar53.11%dansiswaSMPN12Malangtergolongkurangyaitusebesar47.57%kemampuanmemahamimasalah(comprehension)siswakelasVIIISMPN1Malangtergolongbaikyaitusebesar78.17%siswaSMPN8Malangtergolongbaikyaitusebesar68.41%dansiswaSMPN12Malangtergolongbaikyaitusebesar74.62%kemampuanmentraformasikanmasalah(transformation)siswakelasVIIISMPN1Malangtergolongbaikyaitusebesar74.05%siswaSMPN8Malangtergolongbaikyaitusebesar72.97%dansiswaSMPN12Malangtergolongkurangyaitusebesar47.48%kemampuanproses(processskill)siswakelasVIIISMPN1Malangtergolongbaikyaitusebesar68.97%siswaSMPN8Malangtergolongbaikyaitusebesar71.22%dansiswaSMPN12Malangtergolongsangatkurangyaitusebesar37.99%kemampuanpenulisanjawabanyangtepat(encoding)siswakelasVIIISMPN1Malangtergolongcukupyaitusebesar60.87%siswaSMPN8Malangtergolongcukupyaitusebesar59.85%dansiswaSMPN12Malangtergolongsangatkurangyaitusebesar26.41%.Bentuk-bentukkesalahandalammembacamasalah(reading)antaralain(a)siswamengertikontekskalimatsoaltetapisiswatidakdapatmenuliskanmaknasecaratepat(b)hanyamenuliskanmaknakatatertentu(c)tidakmenuliskansemuamaknakatayangdiminta.Bentuk-bentukkesalahandalammemahamimasalah(comprehension)antaralain(a)menuliskanhalyangdiketahuidanyangditanyakandengansingkatsehinggatidakjelas(b)menuliskanyangditanyakantidaksesuaidenganpermintaansoal(c)menuliskanyangdiketahui(tidakmenuliskanyangditanya)(d)menuliskanyangdiketahuidalambentuksimbol-simbolyangmerekabuatsendiritanpaadaketerangan(e)tidakmenuliskanhalyangdiketahuidanyangditanyakandalamsoal.Bentuk-bentukkesalahandalammentraformasikanmasalah(transformation)antaralain(a)menuliskanmetodeyangtidaktepat(b)langsungmenuliskansimboltanpaadaketeranganuntukmemperjelas(c)tidaklengkapmenuliskanmetodekarenatidakmenuliskanrumusmatematikyangdiperlukanuntukmenyelesaikansoal(d)tidakmenuliskantahapanmetodeyangdiperlukanuntukmenyelesaikansoal.Bentuk-bentukkesalahandalamkemampuanproses(processskill)antaralain(a)kesalahankonsep(b)kesalahandalamkomputasi(c)tidakmelanjutkanprosedurpenyelesaian(macet)(e)tidakmenuliskantahapanketerampilanproses.Bentuk-bentukkesalahandalampenulisanjawabanyangtepat(encoding)antaralain(a)menuliskanencodingyangsalahkarenaperhitunganakhirtidaktepat(b)menuliskanencodingyangtidaksesuaidengankontekssoal(c)tidakmenuliskansatuanyangsesuai(e)tidakmenuliskanencoding.