Meningkatkan motivasi dan hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) / Moh. Nasrul Fuad

Main Author: Fuad, Moh. Nasrul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15258/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFuadMoh.Nasrul.2009.MeningkatkanMotivasidanHasilBelajarPersamaanGarisLurusSiswaKelasVIIIMelaluiPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeNHT(NumberedHeadsTogether).SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.CholisSadijahM.PdM.A.dan(II)AningWidaYantiS.SiM.Pd.KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeNHT(NumberedHeadsTogether)MotivasiBelajarHasilBelajar.BerdasarkanobservasiawalmelaluiwawancaradengangurumatapelajaranMatematikakelasVIII-AMTsSuryaBuanaMalangdiperolehinformasibahwamotivasidanhasilbelajarsebagianbesarsiswapadamatapelajaranMatematikamasihtergolongrendah.ProsespembelajaranMatematikadiMTsSuryaBuanaMalangseringmenggunakanmetodeceramahdanpengerjaansoalsecaraindividu.SiswakurangtermotivasiuntukbelajarMatematika.HaltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwamasihbanyaknilaiteshasilbelajarsiswayangbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkandiMTsSuryaBuanaMalang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanmotivasidanhasilbelajarMatematikasiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanaMalangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether).PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanNovember2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar5582%yangtermasukdalamkategorikurangsedangkanpadasiklusIImotivasibelajarsiswameningkatmenjadi7844%yangtermasukdalamkategoribaik.Motivasibelajarsiswamengalamipersentasepeningkatansebesar2262%.HasilbelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIskorrata-ratakelassebesar6534denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar6552%sedangkanpadasiklusIIskorrata-ratakelasmeningkatmenjadi8752denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar8966%.Skorrata-ratakelasmengalamipeningkatansebesar2218sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar2414%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarMatematikasiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanaMalang.