Meningkatkan motivasi dan hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) / Moh. Nasrul Fuad
Main Author: | Fuad, Moh. Nasrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15258/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFuadMoh.Nasrul.2009.MeningkatkanMotivasidanHasilBelajarPersamaanGarisLurusSiswaKelasVIIIMelaluiPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeNHT(NumberedHeadsTogether).SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.CholisSadijahM.PdM.A.dan(II)AningWidaYantiS.SiM.Pd.KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeNHT(NumberedHeadsTogether)MotivasiBelajarHasilBelajar.BerdasarkanobservasiawalmelaluiwawancaradengangurumatapelajaranMatematikakelasVIII-AMTsSuryaBuanaMalangdiperolehinformasibahwamotivasidanhasilbelajarsebagianbesarsiswapadamatapelajaranMatematikamasihtergolongrendah.ProsespembelajaranMatematikadiMTsSuryaBuanaMalangseringmenggunakanmetodeceramahdanpengerjaansoalsecaraindividu.SiswakurangtermotivasiuntukbelajarMatematika.HaltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwamasihbanyaknilaiteshasilbelajarsiswayangbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkandiMTsSuryaBuanaMalang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanmotivasidanhasilbelajarMatematikasiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanaMalangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether).PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanNovember2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar5582%yangtermasukdalamkategorikurangsedangkanpadasiklusIImotivasibelajarsiswameningkatmenjadi7844%yangtermasukdalamkategoribaik.Motivasibelajarsiswamengalamipersentasepeningkatansebesar2262%.HasilbelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIskorrata-ratakelassebesar6534denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar6552%sedangkanpadasiklusIIskorrata-ratakelasmeningkatmenjadi8752denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar8966%.Skorrata-ratakelasmengalamipeningkatansebesar2218sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar2414%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarMatematikasiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanaMalang.