Pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan problem based learning (PBL) pada siswa SMP Negeri II Pujon kelas VIII / Hanik

Main Author: Hanik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15257/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHanik.2009.PembelajaranSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV)DenganPendekatanProblemBasedLearning(PBL)PadaSiswaSMPNegeriIIPujonKelasVIII.JurusanMatematikaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.M.ShohibulKahfiM.Pd(II)Dra.TriHapsariutamiM.PdKatakunciProblemBasedLearning(PBL)PrestasiBelajarPeningkatanPrestasiBelajarSiswaSMPNegeriIIPujonseringmengalamikekeliruanmentransfersuatumasalahterutamamasalahyangberkaitandengankehidupansehari-harikedalampemodelanmatematika.SehinggaketikamenjumpaisoalSPLDVmerekatidaktahubagaimanalangkahyangharusdilakukanuntukmenyelesaikanmasalahtersebut.Gurujugabelumpernahmenggunakanvariasimetodepembelajaranuntukmengatasipermasalahantersebut.Pembelajaranyangdilakukanselamainiberpusatpadagurudanapayangdiajarkanbersifatproseduraltanpaupayamembangkitkankepekaansiswadalambelajar.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanPBLuntukmelihataktivitasdanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeriIIPujonpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV).Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingdalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasisertarefleksi.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapadasiklus1presentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajardengansubpokokbahasanmembuatdanmenyelesaikanmodelmatematikadarisuatuSPLDVadalah7778%sedangkanpadasiklus2presentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajardengansubpokokbahasanmembuatdanmenyelesaikanmodelmatematikadarisuatuSPLDVadalah100%.AktivitassiswaselamapembelajarandenganpendekatanPBLpadasiklusIskorrata-rata51danskorrata-ratapadasiklusIIadalah5725.Dalamanalisisskorrata-ratatersebutbahwaaktivitassiswatermasukkategorisangatbaik.AktivitasguruselamapembelajarandenganpendekatanPBLpadasiklusIskorrata-rata565danskorrata-ratapadasiklusIIadalah5875.Dalamanalisisskorrata-ratatersebutbahwaaktivitasgurutermasukkategorisangatbaik.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPNegeriIIPujonpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurangkurangnya85%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganPBLdalampenelitianiniberhasil.SehinggapembelajarandenganpendekatanPBLyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadilaksanakansesuaitahapanPBLsertamemberikanpenghargaankepadasetiapaktivitassiswayangpositif.