Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika dalam buku teks matematika SMP / Saifudin
Main Author: | Saifudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15256/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaifudin2009.AnalisisKesalahanPenyajianObjek-objekMatematikadalamBukuTeksMatematikaSMP.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.MuchtarAbdulKarimM.A.(II)Dr.INengahPartaM.Si.Katakuncikesalahanobjek-objekmatematikabukuteks.UntukmeningkatkanmutupendidikandiIndonesiakhususnyadalambidangmatematikapengadaanbukuteksmatematikasebagaisaranabelajarmengajarsangatlahpenting.Matematikamemilikiobjekkajianyangbersifatabstrakyangmeliputifaktakonsepketerampilandanprinsip.Bukuteksyangdijadikanacuandalambelajarsiswadisekolahperlumendapatkanperhatiankhususdalamhalkebenaranpenyajianobjekmatematikanyaagarsiswatidakmengalamikesulitandalammemahamimaterimatematika.Olehkarenaituperluadanyapengkajianterhadapkesalahanpenyajianobjek-objekmatematikakhususnyadalambukuteksmatematikaSMP.Padapenelitianinipenulismengkajimengenaijenis-jeniskesalahanpenyajianobjek-objekmatematikaberupafaktakonsepketerampilandanprinsipyangterdapatdalambukuteksmatematikaSMPsertabagaimanakahpembenahan-pembenahankesalahantersebut.Tujuannyauntukmendeskripsikankesalahanpenyajianobjek-objekmatematikadalambukuteksmatematikaSMPsertamemberikanpembenahanberkenaandenganpenyajiannyayangsalah.Bukuteksyangdijadikansebagaibahankajianada6buku.Keenambukutersebutmasing-masingdiberikodebukudenganB1B2B3E1E2danE3untukmempermudahpenyebutannya.Darihasilpengkajianditemukansebanyak42kesalahanpenyajianobjek-objekmatematikapadakeenambukutekstersebut.Denganrinciankesalahanpenyajianfaktaterdapat15kesalahankesalahanpenyajiankonsepketerampilandanprinsipmasing-masingterdapat9kesalahan.Sedangkanditinjauberdasarkanbukuditemukan8kesalahanpenyajianobjekmatematikapadaB111kesalahanpadaB23kesalahanpadaB36kesalahanpadaE18kesalahanpadaE2dan6kesalahanpadaE3.Berdasarkanhasiltemuandanpengkajianinimakadisarankankepadaguruyanginginmenggunakanbukuteksiniagarmemeriksadanmencermatiterlebihdahulusajianobjek-objekmatematikadanmembenahikesalahansajianobjek-objekmatematikanyasebelumdigunakandalampembelajaran.Bagisiswayanginginmempelajarimatematikahendaknyatidakhanyamenggunakansatubukusajasebagaiacuandalambelajarmatematika.