Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan realistik pokok bahasan segiempat untuk siswa SMP kelas VII / Yulia Ilfa Rachmania

Main Author: Rachmania, Yulia Ilfa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15255/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRachmaniaYuliaIlfa.2009.PengembanganBahanAjardenganPendekatanRealistikPokokBahasanSegiempatuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SudirmanM.Si.(II)Dr.SisworoS.PdM.Si.KatakuncibahanajarsegiempatpendekatanrealistikKetidaktepatanpengorganisasiandanpenyajianmateripelajaranseringmenjadipenyebabrendahnyaprestasibelajarmatematika.Bahanajarmerupakansesuatuyangharusdiperhatikansebagaibagianpokokyangberhubungandenganmateripelajaran.Bahanajaradalahbahan-bahanataumaterikegiatanpembelajaranyangdisusunsecarasistematisyangdigunakangurudansiswadalamprosespembelajaranyangmeliputibukusiswadanRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP).Bahanajarinihendaknyatidakhanyamemberikanmaterisecarainstantetapimampumenggiringsiswakepadakemampuanuntukmengertikonsepyangdipelajarisehinggabelajarsiswalebihbermakna.Agarpembelajaranbermaknabagisiswamakapembelajaranseyogyanyadimulaidarimasalah-masalahyangrealistikkemudiansiswadiberikesempatanmenyelesaikanmasalahitudengancaranyasendiridenganskemayangdimilikidalampikirannya.KenyataaninilahmendorongpenulisuntukmelakukanpenelitianpengembanganbahanajardenganpendekatanrealistikpokokbahasansegiempatuntuksiswaSMPkelasVII.Karakteristikbahanajarhasilpengembanganantaralaindiawalidenganmasalahkontekstualmenekankanpadapematematikaanhorisontaldanvertikalmenekankanpadapenalarandanpemahamandalampemecahanmasalahmemuatintertwiningmemuatkegiatan-kegiatanbelajarmemuatpertanyaan-pertanyaankonstruksidanmemuatpermasalahan-permasalahanyangopenendeddanproblemsolving.Langkah-langkahyangdilaluidalampengembanganbahanajariniadalahtahapanalisissituasiawaltahappengembanganrancanganbahanajartahappenulisanbahanajartahappenilaianbahanajardantahaprevisi.BerdasarkandataangketyangdiberikankepadasubyekujiahliyaknitigadosenpendidikanmatematikadanduagurubidangstudimatematikaSMP/MTsdapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdihasilkantergolongvaliddenganpresentase885%untukbukusiswadan8875%untukrencanapelaksanaanpembelajaran.Meskipunsecarakeseluruhanbahanajardikatakanvalidnamununtukperbaikanbahanajarprodukpengembanganpenulistetapmelakukanrevisi.Revisiiniterdiridariduajenisyaiturevisibahanajarberdasarkansarandankomentardarisubjekujiahlidanrevisibahanajaryangdidasarkanpadasarandankomentardaripengujiutama.DengantahapakhirrevisiinitelahdikembangkanbahanajardenganpendekatanrealistikpokokbahasansegiempatuntuksiswaSMPkelasVII.