Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan realistik pokok bahasan segiempat untuk siswa SMP kelas VII / Yulia Ilfa Rachmania
Main Author: | Rachmania, Yulia Ilfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15255/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRachmaniaYuliaIlfa.2009.PengembanganBahanAjardenganPendekatanRealistikPokokBahasanSegiempatuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SudirmanM.Si.(II)Dr.SisworoS.PdM.Si.KatakuncibahanajarsegiempatpendekatanrealistikKetidaktepatanpengorganisasiandanpenyajianmateripelajaranseringmenjadipenyebabrendahnyaprestasibelajarmatematika.Bahanajarmerupakansesuatuyangharusdiperhatikansebagaibagianpokokyangberhubungandenganmateripelajaran.Bahanajaradalahbahan-bahanataumaterikegiatanpembelajaranyangdisusunsecarasistematisyangdigunakangurudansiswadalamprosespembelajaranyangmeliputibukusiswadanRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP).Bahanajarinihendaknyatidakhanyamemberikanmaterisecarainstantetapimampumenggiringsiswakepadakemampuanuntukmengertikonsepyangdipelajarisehinggabelajarsiswalebihbermakna.Agarpembelajaranbermaknabagisiswamakapembelajaranseyogyanyadimulaidarimasalah-masalahyangrealistikkemudiansiswadiberikesempatanmenyelesaikanmasalahitudengancaranyasendiridenganskemayangdimilikidalampikirannya.KenyataaninilahmendorongpenulisuntukmelakukanpenelitianpengembanganbahanajardenganpendekatanrealistikpokokbahasansegiempatuntuksiswaSMPkelasVII.Karakteristikbahanajarhasilpengembanganantaralaindiawalidenganmasalahkontekstualmenekankanpadapematematikaanhorisontaldanvertikalmenekankanpadapenalarandanpemahamandalampemecahanmasalahmemuatintertwiningmemuatkegiatan-kegiatanbelajarmemuatpertanyaan-pertanyaankonstruksidanmemuatpermasalahan-permasalahanyangopenendeddanproblemsolving.Langkah-langkahyangdilaluidalampengembanganbahanajariniadalahtahapanalisissituasiawaltahappengembanganrancanganbahanajartahappenulisanbahanajartahappenilaianbahanajardantahaprevisi.BerdasarkandataangketyangdiberikankepadasubyekujiahliyaknitigadosenpendidikanmatematikadanduagurubidangstudimatematikaSMP/MTsdapatdisimpulkanbahwabahanajaryangdihasilkantergolongvaliddenganpresentase885%untukbukusiswadan8875%untukrencanapelaksanaanpembelajaran.Meskipunsecarakeseluruhanbahanajardikatakanvalidnamununtukperbaikanbahanajarprodukpengembanganpenulistetapmelakukanrevisi.Revisiiniterdiridariduajenisyaiturevisibahanajarberdasarkansarandankomentardarisubjekujiahlidanrevisibahanajaryangdidasarkanpadasarandankomentardaripengujiutama.DengantahapakhirrevisiinitelahdikembangkanbahanajardenganpendekatanrealistikpokokbahasansegiempatuntuksiswaSMPkelasVII.