Analisis kesalahan dan perbaikan konsep pada buku teks matematika SMP kelas VIII / Lia Husnul Khatimah

Main Author: Khatimah, Lia Husnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15245/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhatimahLiaHusnul.2009.AnalisisKesalahandanPerbaikanKonseppadaBukuTeksMatematikaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.MuchtarAbdulKarimM.A.(II)Dr.SubanjiS.PdM.Si.KataKuncikesalahankonsepbukuteksPelajaranmatematikaselainmempunyaisifatyangabstrakpemahamankonsepyangbaiksangatlahpentingkarenauntukmemahamikonsepyangbarudiperlukanprasaratmemahamikonsepsebelumnya.Bukuteksmemilikiperanpentingdalampembelajaranmatematikadisekolah.Kesuksesanpembelajaranmatematikadisekolahselaindipengaruhiolehbagaimanamerancangpembelajaranmatematikadikelasjugaolehkualitasbukuteksyangdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Adanyakesalahankonsepdalambukuteksmengakibatkansiswamempunyaipemahamankonsepyangsalahdanakanmengalamikesulitandalammengembangkanmaupunmemahamikonsepyanglebihluas.KegiatanutamapenelitianiniadalahmenganalisisisibukuteksmatematikaSMPkelasVIIIyaitudalamhalpengungkapankonsep.Analisisyangdilakukanbertujuanuntukmendeskripsikandanmemperbaikikesalahankonsep.Analisisisiadalahcarayangdigunakanuntukmemeriksaisidokumensecaraobjektifdansistematis.Bukuteksyangdigunakansebagaibahananalisisyaitu(1)MatematikauntukSMP/MTsKelasVIIIPenerbitErlangga(2006)PengarangSukinodanWilsonSimangunsong(MGS)(2)MatematikauntukSMP/MTsKelasVIIIPenerbitYramaWidya(2007)WillaAndrianSoekotjoLoedji(MB)(3)MatematikauntukSMP/MTsKelasVIIIPenerbitTigaSerangkai(2005)PengarangPancoSujatmiko(MK)(4)MatematikauntukSMP/MTsKelasVIIIPenerbitYudhistira(2007)PengarangMarsigit(MQ)(5)MatematikauntukSMP/MTsKelasVIIIPenerbitEsis(2007)PengarangTatangYuliEkoSiswonodanNettiLastiningsih(ME)dan(6)MatematikauntukSMP/MTsKelasVIIIPenerbitDinasPendidikanKotaMalang(2006)pengarangMGMPMatematikaKotaMalang(MD).Kesalahanpengungkapankonsepmatematikadalamhaliniadalahketidaktepatankonseppadabukuteksdengankonsepyangsebenarnya.BerdasarkanhasilanalisisditemukankesalahankonseppadabukuteksmatematikaSMPkelasVIIIyaituMGSsebanyak10kesalahanMBsebanyak12kesalahanMKsebanyak3kesalahanMQsebanyak7kesalahanMEsebanyak4kesalahandanMDsebanyak18kesalahan.Kesalahantersebutberupa(1)kesalahanmendefinisikanataumengartikankonsep(2)kesalahanmembedakancontohdanbukancontoh(3)penggunaanilustrasiyangtidaksesuaiuntukmenjelaskankonsep/definisi(4)ketidaktepatan/ketidaklengkapandalammengungkapkansemestapembicaraan/syaratpadadefinisidan(5)penggunaankonsepyangbelumdikenalataupenggunaankonsepyangtidakkonsisten.Saran-saranyangdapatdiberikansebagaiberikut.Pertamaguruhendaknyamengetahuikualitasbukuteksmatematikayangmenjadiobjekpengkajianditinjaudaripenyajiankonsepsehinggadapatmenyusunrencanayanglebihbaikterhadappembelajaranmatematikadikelas.Keduasekolahhendaknya6lebihtelitidalammemilihbukuteksmatematikayangberstandardanyangakandigunakan.Ketigasiswahendakmenggunakanbukuteksmatematikasebagaibukupanduanlebihdarisatubukudanmemilihbukuyangberkualitasagarmemperolehkonsepmateriyangbenar.Keempatpenerbithendaknyalebihhati-hatidalampenyusunanselanjutnyadanlebihselektifdalammenerbitkansuatubukutekskhususnyabukuteksmatematika.Kelimapenulisbukuhendaknyalebihberhati-hatidalampenyusunandanmenulisbuku.KeenampemerintahkhususnyaDepdiknashendaknyalebihtelitidalammengambilkebijakanuntukmeninjaukembaliisi(konsepmateri)bukuteksmatematikayangakanberedardanakandigunakanolehsekolah-sekolah.