Pembelajaran dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 7 Malang tahun ajaran 2009-2010 / Fitri Ramayanti

Main Author: Ramayanti, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15244/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRamayantiFitri.2009.PembelajarandenganPendekatanOpenEndeduntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasVIIISMPNegeri7MalangTahunPelajaran2008-2009.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.SubanjiS.PdM.Si.dan(2)IndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KataKunciPembelajarandenganPendekatanOpenEndedKemampuanBerpikirKreatifHasilBelajarSiswa.Perkembanganteknologiyangsangatcepatmenuntutmasyarakatuntukdapatberadaptasisecaracepatpula.Orangyangdapatberadaptasisecaracepatadalahorangyangkreatif.Untukitudisekolahperludikembangkanpembelajaranyangdapatmengembangkankreativitassehinggasiswamampumenghadapiperkembanganteknologiyangcepattersebut.Salahsatupembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifadalahpembelajarandenganpendekatanopenended.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK)sebabdatayangdiperolehdideskripsikansecaraverbaldanbertujuanuntukmemperbaikipembelajarandikelasyaituuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswadanhasilbelajarsiswa.PenelitiandilaksanakandiSMPN7MalangkelasVIIIsemestergasaltahunpelajaran2008-2009.Datadiambildarihasilpengamatanselamapembelajaranberlangsunghasilcatatanlapangandanhasilwawancara.Pembelajarandilaksanakandalamduasiklus.Setiapakhirsiklusdilakukantesuntukmelihatkemampuanberpikirkreatifsiswadanhasilbelajarsiswa.Langkah-langkahpembelajarandenganpendekatanopenendedmodelTPS(ThinkPairShare)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswaadalah(1)pengajuansoalopenended(2)kerjasecaraindividu(3)diskusikelompok(4)diskusikelas.Pengajuansoalopenendeddilaksanakansesingkatmungkinsehinggatidakmenyitawaktupembelajaran.Penelitimemberiwaktuyangcukupkepadasiswauntukmengerjakansoalbaiksecaraindividumaupunkelompoksehinggasiswalebihleluasadalammengerjakansoal.Dalampenyimpulanmateripadasaatdiskusikelaspenelitimelibatkansiswasecaraaktifsehinggadapatterlihatkemampuanberpikirkreatifsiswa.Daripembelajarandenganpendekatanopenendedyangtelahdilakukandiperolehpeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswayaitukemampuanberpikirkreatifsiswapadakategoricukupbaikdenganprosentasekemampuanberpikirkreatifsiswasebesar2654%yangterdiridariprosentasekemampuanberpikirlancarsebesar4564%prosentasekemampuanberpikirluwessebesar1259%danprosentasekemampuanberpikirorisinilsebesar2202%.Hasilbelajarsiswapadakategoribaikdenganprosentasesiswatuntasbelajar8333%.