Pembelajaran dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 7 Malang tahun ajaran 2009-2010 / Fitri Ramayanti
Main Author: | Ramayanti, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15244/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRamayantiFitri.2009.PembelajarandenganPendekatanOpenEndeduntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasVIIISMPNegeri7MalangTahunPelajaran2008-2009.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.SubanjiS.PdM.Si.dan(2)IndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KataKunciPembelajarandenganPendekatanOpenEndedKemampuanBerpikirKreatifHasilBelajarSiswa.Perkembanganteknologiyangsangatcepatmenuntutmasyarakatuntukdapatberadaptasisecaracepatpula.Orangyangdapatberadaptasisecaracepatadalahorangyangkreatif.Untukitudisekolahperludikembangkanpembelajaranyangdapatmengembangkankreativitassehinggasiswamampumenghadapiperkembanganteknologiyangcepattersebut.Salahsatupembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifadalahpembelajarandenganpendekatanopenended.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK)sebabdatayangdiperolehdideskripsikansecaraverbaldanbertujuanuntukmemperbaikipembelajarandikelasyaituuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswadanhasilbelajarsiswa.PenelitiandilaksanakandiSMPN7MalangkelasVIIIsemestergasaltahunpelajaran2008-2009.Datadiambildarihasilpengamatanselamapembelajaranberlangsunghasilcatatanlapangandanhasilwawancara.Pembelajarandilaksanakandalamduasiklus.Setiapakhirsiklusdilakukantesuntukmelihatkemampuanberpikirkreatifsiswadanhasilbelajarsiswa.Langkah-langkahpembelajarandenganpendekatanopenendedmodelTPS(ThinkPairShare)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswaadalah(1)pengajuansoalopenended(2)kerjasecaraindividu(3)diskusikelompok(4)diskusikelas.Pengajuansoalopenendeddilaksanakansesingkatmungkinsehinggatidakmenyitawaktupembelajaran.Penelitimemberiwaktuyangcukupkepadasiswauntukmengerjakansoalbaiksecaraindividumaupunkelompoksehinggasiswalebihleluasadalammengerjakansoal.Dalampenyimpulanmateripadasaatdiskusikelaspenelitimelibatkansiswasecaraaktifsehinggadapatterlihatkemampuanberpikirkreatifsiswa.Daripembelajarandenganpendekatanopenendedyangtelahdilakukandiperolehpeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswayaitukemampuanberpikirkreatifsiswapadakategoricukupbaikdenganprosentasekemampuanberpikirkreatifsiswasebesar2654%yangterdiridariprosentasekemampuanberpikirlancarsebesar4564%prosentasekemampuanberpikirluwessebesar1259%danprosentasekemampuanberpikirorisinilsebesar2202%.Hasilbelajarsiswapadakategoribaikdenganprosentasesiswatuntasbelajar8333%.