Rancangan pembelajaran kooperatif metode numbered heads together pada pokok bahasan operasi pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Blitar / Suhardiono
Main Author: | Suhardiono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15236/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuhardiono.2008.RancanganPembelajaranKooperatifMetodeNumberedHeadsTogetherPadaPokokBahasanOperasiPecahanBentukAljabarPadaSiswaKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)RiniNurhakikiM.Pd(II)Dr.CholisSadijahM.PdM.AKataKunciRancanganPembelajaranNumberedHeadsTogetherRancanganPembelajaranmerupakankomponenyangsangatpentingdalamsuatuprosespembelajaranyangharusdikembangkansecaraoperasionaldanrinci.Dalampengembanganrancanganpembelajarangurudiberikankebebasanuntukmemodifikasisesuaidengankondisisekolahdidaerahnya.Jikametodedanrancanganpembelajarandapatdipilihdengantepatolehseoranggurumakaminatsiswadalammengikutipembelajaranakanmeningkatdansecaraotomatisakanmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenulisaninibertujuanuntukmenyusunrancanganpembelajarankooperatifmodelnumberedheadstogetherpadapokokbahasanoperasialjabaruntuksiswakelasVIII.NumberedHeadsTogethermerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdikembangkanolehSpencerKagan.ModelpembelajaraniniselaludiawalidenganmembagikelasdenganbeberapakelompokdantiapsiswadalamkelompokdiberikannomorurutsesuaibanyaknyaanakdalamkelompoktersebutuntukmemudahkankinerjakelompokMengubahposisikelompokmenyusunmaterimempresentasikandanmendapattanggapandarikelompoklain.RancanganpembelajaranyangtelahdisusunkemudiandivalidasiyangmanahasildarivalidasirancanganpembelajaraniniberupapenilaianyangdiberikanolehvalidatoryangterdirisatudosenmatematikaUMdansatugurumatematikaSMP.Darivalidasitersebutlahdapatdinyatakanrancanganpembelajaranyangdihasilkansudahvalid.Setelahmemperolehhasilvalidasiterhadaprancanganpembelajarantersebutuntuklangkahselajutnyapenulismengujicobakanrancanganpembelajaranyangtelahdisusuntersebutkelapangan.MengetahuiABSTRACTSuhardiono.2008.CooperativeLearningDesignofNumberedHeadsTogetherMethodintheDiscussionofFractionalOperationintheFormofAlgebraforEighthGradeStudents.Thesis.MathematicDepartment.MathematicandScienceFaculty.StateUniversityofMalang.Advisors(I)RiniNurhakikiM.Pd(II)Dr.CholisSadijahM.Pd.M.A.KeywordsLearningDesignNumberedHeadsTogetherLearningdesignisaveryimportantcomponentinthelearningprocessthatmustbedevelopedoperationally.Inadditionitmustbedevelopedinadetail.Inthedevelopmentoflearningdesignateacherisfreetomodifyitinaccordancetotheneedofhisschoolcondition.Ifthelearningmethodanddesignarechosenappropriatelystudentsinterestoflearningwillincreasethatinturnwillincreasestudentsachievementautomatically.Thisresearchaimsatarrangingcooperativelearningdesignofnumberedheadstogethermethodinthediscussionoffractionaloperationofintheformofalgebraforeighthgradestudents.NumberedHeadsTogetherisoneofcooperativelearningmodelswhichisdevelopedbySpencerKagan.Thislearningmodelisalwaysinitiatedbydividingstudentsintheclassroomintoseveralgroupsatwhicheachstudentineachgroupwillbegivenserialnumberfromthetotalstudentsinthegroupsothatitwilleasetheperformanceofgroupchangethegroupspositionarrangematerialspresentandisgivenfeedbackfromothergroups.ThearrangedlearningdesignthenvalidatedinwhichtheresultoflearningdesignvalidationisintheformofscoregivenbyvalidatorsconsistingofalecturerofMathematicDepartmentStateUniversityofMalangandamathematicteacherofJuniorHighSchool.Itisbasedonthevalidationthatthelearningdesignisconsideredvalid.Afterobtainingtheresultofvalidationoflearningdesigntheresearchertriesitoutinthefield.ApprovalABSTRAKSuhardiono.2008.RancanganPembelajaranKooperatifMetodeNumberedHeadsTogetherPadaPokokBahasanOperasiPecahanBentukAljabarPadaSiswaKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)RiniNurhakikiM.Pd(II)Dr.CholisSadijahM.PdM.AKataKunciRancanganPembelajaranNumberedHeadsTogetherRancanganPembelajaranmerupakankomponenyangsangatpentingdalamsuatuprosespembelajaranyangharusdikembangkansecaraoperasionaldanrinci.Dalampengembanganrancanganpembelajarangurudiberikankebebasanuntukmemodifikasisesuaidengankondisisekolahdidaerahnya.Jikametodedanrancanganpembelajarandapatdipilihdengantepatolehseoranggurumakaminatsiswadalammengikutipembelajaranakanmeningkatdansecaraotomatisakanmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PenulisaninibertujuanuntukmenyusunrancanganpembelajarankooperatifmodelnumberedheadstogetherpadapokokbahasanoperasialjabaruntuksiswakelasVIII.NumberedHeadsTogethermerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdikembangkanolehSpencerKagan.ModelpembelajaraniniselaludiawalidenganmembagikelasdenganbeberapakelompokdantiapsiswadalamkelompokdiberikannomorurutsesuaibanyaknyaanakdalamkelompoktersebutuntukmemudahkankinerjakelompokMengubahposisikelompokmenyusunmaterimempresentasikandanmendapattanggapandarikelompoklain.RancanganpembelajaranyangtelahdisusunkemudiandivalidasiyangmanahasildarivalidasirancanganpembelajaraniniberupapenilaianyangdiberikanolehvalidatoryangterdirisatudosenmatematikaUMdansatugurumatematikaSMP.Darivalidasitersebutlahdapatdinyatakanrancanganpembelajaranyangdihasilkansudahvalid.Setelahmemperolehhasilvalidasiterhadaprancanganpembelajarantersebutuntuklangkahselajutnyapenulismengujicobakanrancanganpembelajaranyangtelahdisusuntersebutkelapangan.MengetahuiABSTRACTSuhardiono.2008.CooperativeLearningDesignofNumberedHeadsTogetherMethodintheDiscussionofFractionalOperationintheFormofAlgebraforEighthGradeStudents.Thesis.MathematicDepartment.MathematicandScienceFaculty.StateUniversityofMalang.Advisors(I)RiniNurhakikiM.Pd(II)Dr.CholisSadijahM.Pd.M.A.KeywordsLearningDesignNumberedHeadsTogetherLearningdesignisaveryimportantcomponentinthelearningprocessthatmustbedevelopedoperationally.Inadditionitmustbedevelopedinadetail.Inthedevelopmentoflearningdesignateacherisfreetomodifyitinaccordancetotheneedofhisschoolcondition.Ifthelearningmethodanddesignarechosenappropriatelystudentsinterestoflearningwillincreasethatinturnwillincreasestudentsachievementautomatically.Thisresearchaimsatarrangingcooperativelearningdesignofnumberedheadstogethermethodinthediscussionoffractionaloperationofintheformofalgebraforeighthgradestudents.NumberedHeadsTogetherisoneofcooperativelearningmodelswhichisdevelopedbySpencerKagan.Thislearningmodelisalwaysinitiatedbydividingstudentsintheclassroomintoseveralgroupsatwhicheachstudentineachgroupwillbegivenserialnumberfromthetotalstudentsinthegroupsothatitwilleasetheperformanceofgroupchangethegroupspositionarrangematerialspresentandisgivenfeedbackfromothergroups.ThearrangedlearningdesignthenvalidatedinwhichtheresultoflearningdesignvalidationisintheformofscoregivenbyvalidatorsconsistingofalecturerofMathematicDepartmentStateUniversityofMalangandamathematicteacherofJuniorHighSchool.Itisbasedonthevalidationthatthelearningdesignisconsideredvalid.Afterobtainingtheresultofvalidationoflearningdesigntheresearchertriesitoutinthefield.Approval