Proses terjadinya kesalahan siswa dalam memecahkan masalah berkaitan dengan garis singgung lingkaran / Devy Eka Trisulawati

Main Author: Trisulawati, Devy Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15224/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTrisulawatiDevyEka.2009.ProsesTerjadinyaKesalahanSiswaDalamMemecahkanMasalahBerkaitanDenganGarisSinggungLingkaran.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SubanjiS.Pd.M.Si.dan(II)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.KataKunciProsesKesalahanSiswaGarisSinggungLingkaranDalamprosespembelajaransiswadiharapkanbisamengkonstruksipengetahuanmatematikayangtelahdiperolehsecarabaik.Namunkenyataannyasiswadalammengkonstruksipengetahuanmatematikamasihseringterjadikesalahan.Olehkarenaitupenelitimelakukanpenelitiantentangkesalahansiswamengkonstruksimaterigarissinggunglingkaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiprosesterjadinyakesalahansiswadalammemecahkanmasalahberkaitandengangarissinggunglingkaran.PenelitianinidilakukandikelasVIIIASMPNegeri13Malang.Dari42siswadipilih24subjekpenelitianberdasarkanlembarjawabanyangsalah.Siswayangmempunyaijawabansalahdiwawancaraiuntukmenelusurikesalahansiswaberdasarkanprosesberpikirnya.Karenaitupenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Darihasilpenelitianinidiperolehbahwaletakkesalahansiswadalammenyelesaikanmasalahgarissinggunglingkaranadalahdidalam(1)memahamikonsepgarissinggunglingkaran(2)memahamiTeoremaPythagoras(3)memahamikonsepluaslayang-layangterutamapengertiandiagonal(4)memahamilangkah-langkahmelukisgarissinggungpersekutuandualingkaran(5)memahamikonseprumusgarissinggungpersekutuandualingkaran(6)memahamimateriprasyaratyaitumengoperasikanbilanganbulatdan(7)memahamikonsepmenghitungpanjangtaliyangmelilitduaataulebihlingkaran.Selanjutnyasecaramendetailkesalahansiswaterjadipadaprosesadalahruasgarisperpanjanganjari-jaritidakterbagimenjadiduabagianyangsamapanjanggarissinggungmelaluisatutitikpadalingkaranyangdipahamiadalahmenyinggungduatitikpadalingkarangarissinggunglingkarantidaktegaklurusdenganjari-jari/diametermengingattentangrumusPythagorasmemasukkandatakerumusPythagoraspanjangsalahsatusisisiku-sikunyapadasegitigasiku-sikudijawabsamadenganluaslingkarandikurangiluassegitigapanjanggarissinggungpersekutuanluardualingkarandijawabsamadengankuadratselisihjari-jarilingkaran1danjari-jarilingkaran2panjangsalahsatudiagonalpadalayang-layanggarissinggungdijawabsamadenganjari-jarilingkaranpanjangtaliyangmelilitsatuperenambusurlingkarandijawabsamadenganpanjangtaliyangmelilitsatulingkarandanpanjangtalimenghubungkankedualingkarandijawabsamadenganjarakkeduatitikpusatlingkaran.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisarankan(1)sebaiknyagurubenar-benarmemastikanbahwamateriprasyaratinisudahdikuasaiolehsiswadan(2)gurudiharapkanmemberikanperhatianlebihpadaletakleveldanfaktorpenyebabkesalahansiswa.