Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium UM dengan model pembelajaran penemuan terbimbing-numbered head together pada materi limit fungsi aljabar / Tsalis Fitriana
Main Author: | Fitriana, Tsalis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15222/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianaTsalis.2009.PeningkatanHasilBelajarSiswaKelasXISMALaboratoriumUMdenganModelPembelajaranPenemuanTerbimbing-NumberedHeadTogetherpadaMateriLimitFungsiAljabar.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SwasonoRahardjoS.PdM.Si(II)AningWidaYantiS.SiM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarpenemuanterbimbingNumberedHeadTogetherlimitfungsialjabar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)langkah-langkahpembelajaranpenemuanterbimbing-NumberedHeadTogetherdikelasXIIPA1SMALaboratoriumUMdan(2)hasilbelajarmatematikasiswakelasXIIPA1denganmodelpembelajaranpenemuanterbimbing-NumberedHeadTogether.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.SebagaisumberdatadipilihsiswakelasXIIPA1SMALaboratoriumUMyangberjumlah25siswa.PenelitianinidilakukandipadabulanAprilsampaidenganMei2009dalamduatahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.Tahaptindakandilaksanakandalam2siklusyangterdiridari5pertemuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranpenemuanterbimbing-NumberedHeadTogetherdikelasXIIPA1SMALaboratoriumUMdilaksanakandalamduatahap(1)Tahapprainstruksionalmeliputipenyampaiantujuanpembelajaranpenyampaianpokokmaterisecaragarisbesardanmengingatkankembalitentangpengetahuanprasyarat.(2)tahapinstruksionalgurumembagisiswadalamkelompokbelajaryangberanggotakan4-5siswamembaginomorsiswadanLKSpadatiapkelompoksiswamendiskusikanLKSdalamkelompokmenyebutkannomorsiswauntukmempresentasikanhasildiskusikelompok.DiskusidalammengerjakanLKSdilaksanakandenganlangkahpenemuanterbimbingyaitupemberianmasalahlatihanpengembanganpenyusunandatamembuatprediksimemeriksaprediksimemeriksahasildanpengorganisasaiankembali.Penomorandalamkelompokdiberikandenganketentuanbahwatiapkelompokmemilikinomormulai1dansiswabebasmemilihnomorlengannya.Hasilbelajarsiswaselamapelaksanaanmodelpembelajaranpenemuanterbimbing-NumberedHeadTogetherdapatdinyatakansebagaiberikut.Nilairata-ratasiswapadatesakhirtindakansiklusImencapai8622danpadatindakansiklusIImencapai8824.Prosentasesiswayangmemperolehnilai880575padatesakhirtindakansiklusIadalah72%danpadatindakansiklusIIadalah92%.Artinyahasilbelajarsiswapadamaterilimitfungsialjabardenganpembelajaranpenemuanterbimbing-NumberedHeadTogethertelahmemenuhikriteriayangditetapkan.