Pengaruh pemberian tugas menulis matematika terhadap hasil belajar bangun ruang siswa kelas VIII SMP negeri 18 Malang / Dyah Primasari

Main Author: Primasari, Dyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15217/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrimasariDyah.2009.PengaruhPemberianTugasMenulisMatematikaTerhadapHasilBelajarBangunRuangSiswaKelasVIIISmpNegeri18Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc(II)Drs.Ir.HerutomoM.Pd.Katakuncitugasmenulismatematikadanhasilbelajar.PraktekPengalamanLapangan(PPL)diSMPNegeri18Malangmemberikaninformasibahwapelaksanaanpembelajaranmatematikamasihberpusatpadaguru.Guruberperansebagaipemberiinformasidenganmenjelaskanmaterimatematikamemberikancontoh-contohpermasalahandanmemberikanlatihansoal-soal.Akibatnyapenguasaansiswaterhadapkonsepmatematikamenjadikurangmaksimal.Sebagaisolusidalampembelajaranmatematikasehinggapenguasaankonsepmatematikasiswamenjadilebihbaikadalahpembelajarandengantugasmenulismatematika.Tugasmenulismatematikamembuatsiswalebihbanyakmengkonstruksendiripengetahuanmatematikanyamengajaksiswalebihaktifmengajaksiswalebihmandiridanmembuatsiswaselaluberusahauntukmenemukanpengertianpemahamandankebenaranbaru.Alasaninilahyangmelatarbelakangipenelitianpemberiantugasmenulismatematikadalampembelajaranbangunruang.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenggambarkanprosespelaksanaanpembelajarandenganpemberiantugasmenulismatematikadanuntukmengetahuiapakahhasilbelajarsiswayangmendapatkanpembelajarantugasmenulismatematikalebihbaikdibandingkandengansiswayangmendapatkanpembelajarantanpapemberiantugasmenulismatematika.Rancanganpenelitianyangdigunakanyaiturancanganpenelitianeksperimensemudanrancanganpenelitiandeskriptif.Populasidalampenelitianiniadalahsiswa-siswakelasVIIISMPNegeri18Malangtahunajaran2008-2009.Sedangkansampeldalampenelitianinidiambildengantekniksamplingacakkelompokatauclusterrandomsampling.Dalampenelitianinidatadiperolehdengancaratesuntukmengetahuihasilbelajarolehsiswadanangketsiswauntukkelaseksperimenuntukmengetahuiresponsiswaterhadappembelajarandenganpemberiantugasmenulismatematikasertalembarobservasi.SelanjutnyadatapengujianhipotesisdianalisdenganbantuanMINITAB14forWindows.Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehpelaksanaanpembelajarandapatdikategorikanberjalandenganbaik.Rata-ratahasilbelajarsiswaadalah776untukkelasekperimendan716untukkelaskontrol.BerdasarkanpengujianhipotesishasilbelajardanmotivasibelajarsiswadiperolehP-Value0039005yangberartiH0ditolakdanH1diterima.Dengandemikianpemberiantugasmenulismatematikamemberikanpengaruhpositifterhadaphasilbelajarmatematikasiswayaituhasilbelajarsiswayangmendapatkanpembelajarandenganpemberiantugasmenulismatematikalebihbaikdibandingkandenganhasilbelajarsiswatanpamendapatkanpembelajarantanpapemberiantugasmenulismatematika