Modul sebagai alternatif pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII / Linda Dwi Khurin Inayati

Main Author: Inayati, Linda Dwi Khurin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15215/
Daftar Isi:
  • Berdasarkankenyataandilapangansampaisaatinimasihbanyaksiswayangmenganggapbahwamatematikamerupakanpelajaranyangsulit.Dilainpihakmasihbanyakjugaguruyangmenerapkanpembelajarankonvensionaldibandingmetode-metodepembelajaranyangbaru.Apalagiditambahhasilwawancaradenganbeberapasiswayangmenyatakanbahwabukupelajaranyangdimilikisiswacenderungmonotondankurangmenariksehinggasiswamenjadicepatbosandanmalasbelajar.Dariketigahaltersebutpenulisterdoronguntukmengembangkanalternatifpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmodul.Denganmodulsiswadituntununtukbelajarmembangunpemahamannyatentangsuatukonsepmateriyangakandipelajari.Denganbegitukonsepsuatumateriyangtelahmerekapelajariakanlebihmelekatdiingatanmerekadalamjangkawaktuyanglamadibandingkandenganhanyamenerimadarigurunya.Dalampembelajaraniniguruhanyaberfungsisebagaimotivatordanpembimbing.Modelpengembanganmodulinimenggunakanmodelprosedural.Adapununsur-unsurmoduliniterdiridaripetunjukuntukgurupetunjukuntuksiswadaftarisistandarkompetensidankompetensidasarlembarkegiatansiswalembarkerjasiswakuncijawabanlembarkerjasiswalembarteslembartesremidikuncijawabanlembartesbesertapedomanpenilaiannyakuncijawabanlembartesremidibesertapedomanpenilaiannyadaftarpustaka.Sebelumdiujicobakankesiswamoduldivalidasiterlebihdahulukesatudosensatugurudansatutemansejawat.Setelahitumoduldiujicobakanpada5siswadalam3pertemuan.Pertemuanpertamasiswamengerjakanlembarkegiatansiswapertemuankeduasiswamengerjakanlembarkerjasiswadanpertemuanketigasiswamengerjakansoaltes.Berdasarkanhasilvalidasiperoranganmodulperluperbaikanpadalembarkegiatansiswalembartesdanlembartesremidi.Sedangkanhasilujicobakelompokkecilnilaitessemuasiswasudahmemenuhistandarketuntasanbelajaryangdibuatpenulis.Akantetapiberdasarkanangketyangdisebarkankesiswaperluadanyaperbaikankalimatpadapetunjukuntuksiswa.Kesimpulanyangdapatdiambildarihasilujicobamoduliniadalahmodulcukupmenarikdandapatditerimaolehsiswa.Adapunsaranpemanfaatanmoduliniadalahsebaiknyadigunakanpadasiswayangberkemampuanrata-ratakeataskarenarangkaianaktivitasnyatidakterlalumenuntunsiswatetapisiswadituntununtukmemecahkanmasalahmelaluipertanyaan-pertanyaanyangkonstruktif.Sedangkanuntukpengembanganlebihlanjutmodulinidapatdigunakandisekolahsebagaialternatifpembelajaranmatematikapadapokokbahasansistempersamaanlinearduavariabel.