Modul sebagai alternatif pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII / Linda Dwi Khurin Inayati
Main Author: | Inayati, Linda Dwi Khurin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15215/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkankenyataandilapangansampaisaatinimasihbanyaksiswayangmenganggapbahwamatematikamerupakanpelajaranyangsulit.Dilainpihakmasihbanyakjugaguruyangmenerapkanpembelajarankonvensionaldibandingmetode-metodepembelajaranyangbaru.Apalagiditambahhasilwawancaradenganbeberapasiswayangmenyatakanbahwabukupelajaranyangdimilikisiswacenderungmonotondankurangmenariksehinggasiswamenjadicepatbosandanmalasbelajar.Dariketigahaltersebutpenulisterdoronguntukmengembangkanalternatifpembelajaranmatematikadenganmenggunakanmodul.Denganmodulsiswadituntununtukbelajarmembangunpemahamannyatentangsuatukonsepmateriyangakandipelajari.Denganbegitukonsepsuatumateriyangtelahmerekapelajariakanlebihmelekatdiingatanmerekadalamjangkawaktuyanglamadibandingkandenganhanyamenerimadarigurunya.Dalampembelajaraniniguruhanyaberfungsisebagaimotivatordanpembimbing.Modelpengembanganmodulinimenggunakanmodelprosedural.Adapununsur-unsurmoduliniterdiridaripetunjukuntukgurupetunjukuntuksiswadaftarisistandarkompetensidankompetensidasarlembarkegiatansiswalembarkerjasiswakuncijawabanlembarkerjasiswalembarteslembartesremidikuncijawabanlembartesbesertapedomanpenilaiannyakuncijawabanlembartesremidibesertapedomanpenilaiannyadaftarpustaka.Sebelumdiujicobakankesiswamoduldivalidasiterlebihdahulukesatudosensatugurudansatutemansejawat.Setelahitumoduldiujicobakanpada5siswadalam3pertemuan.Pertemuanpertamasiswamengerjakanlembarkegiatansiswapertemuankeduasiswamengerjakanlembarkerjasiswadanpertemuanketigasiswamengerjakansoaltes.Berdasarkanhasilvalidasiperoranganmodulperluperbaikanpadalembarkegiatansiswalembartesdanlembartesremidi.Sedangkanhasilujicobakelompokkecilnilaitessemuasiswasudahmemenuhistandarketuntasanbelajaryangdibuatpenulis.Akantetapiberdasarkanangketyangdisebarkankesiswaperluadanyaperbaikankalimatpadapetunjukuntuksiswa.Kesimpulanyangdapatdiambildarihasilujicobamoduliniadalahmodulcukupmenarikdandapatditerimaolehsiswa.Adapunsaranpemanfaatanmoduliniadalahsebaiknyadigunakanpadasiswayangberkemampuanrata-ratakeataskarenarangkaianaktivitasnyatidakterlalumenuntunsiswatetapisiswadituntununtukmemecahkanmasalahmelaluipertanyaan-pertanyaanyangkonstruktif.Sedangkanuntukpengembanganlebihlanjutmodulinidapatdigunakandisekolahsebagaialternatifpembelajaranmatematikapadapokokbahasansistempersamaanlinearduavariabel.