Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi pada materi segiempat melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) / Miftakhul Khoiroh

Main Author: Khoiroh, Miftakhul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/15214/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuansiswadalammengerjakansoal-soalpenalarandankomunikasimelaluipembelajarankooperatiftipethink-pair-sharepadamaterisegiempatPenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1SingosariMalangpadabulanMei-Juni2009.Penelitiandilaksanakandalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaknimenyusunrencanatindakanmelakukantindakanobservasi/pengamatandanrefleksi.Daripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenyelesaikansoal-soalpenalarandankomunikasipadasiswakelasVIIDSMPNegeri1SingosariadalahdenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatiftipeThink-Pair-Share.Denganrinciantindakansebagaiberikut(1)padatahapThinksiswadimintauntukmemikirkanjawabandarilembarKerjaSiswayangdibacakanolehguru(2)PadatahapPairsiswadimintauntukmendiskusikanjawabandariLembarKerjaSiswatersebutdengantemansebangkunyadan(3)padatahapSharegurumemanggilsatukelompoksecaraacakuntukmepresentasikanhasildiskusinyadiddepankelasselanjutnyagurujugamemintajawabanatautanggapandaribeberapakelompoklainnya.Peningkatankemampuansiswadalammenyelesaikansoal-soalpenalarandankomunikasidiperolehdarihasilkuisyangdikerjakanolehsiswadiakhirsiklus.DarihasilkuissiklusIhanya20siswayangdikatakantuntasbelajarataumemperolehnilailebihdariatausamadenganKriteriaKetuntasanMinimal667denganketuntasankelasmencapai5714%danrata-ratanilaikuisIadalah6804.Meskipunrata-ratanilaikuislebihdariKKMdandarilembarobservasiaktivitassiswatermasukdalamkategoribaiknamunkarenaketuntasankelasbelummencapai80%makadisimpulkanbahwasiklusIbelumberhasil.PenelitiandilanjutkankesiklusII.PadasiklusIIrata-ratanilaikuismencapai723denganketuntasankelasmencapai80%.KarenadarilembarobservasiaktivitassiswatermasukdalamkategoribaikmakasiklusIIdikatakanberhhasildantidakdilanjutkankesiklusselanjutnya.Berdasarkanhasilwawancaradiperolehbahwaresponsiswacukuppositifterhadappembelajaranmatematikadenganmodelthink-pair-share.