Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi pada materi segiempat melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) / Miftakhul Khoiroh
Main Author: | Khoiroh, Miftakhul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15214/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuansiswadalammengerjakansoal-soalpenalarandankomunikasimelaluipembelajarankooperatiftipethink-pair-sharepadamaterisegiempatPenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1SingosariMalangpadabulanMei-Juni2009.Penelitiandilaksanakandalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaknimenyusunrencanatindakanmelakukantindakanobservasi/pengamatandanrefleksi.Daripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkankemampuansiswadalammenyelesaikansoal-soalpenalarandankomunikasipadasiswakelasVIIDSMPNegeri1SingosariadalahdenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatiftipeThink-Pair-Share.Denganrinciantindakansebagaiberikut(1)padatahapThinksiswadimintauntukmemikirkanjawabandarilembarKerjaSiswayangdibacakanolehguru(2)PadatahapPairsiswadimintauntukmendiskusikanjawabandariLembarKerjaSiswatersebutdengantemansebangkunyadan(3)padatahapSharegurumemanggilsatukelompoksecaraacakuntukmepresentasikanhasildiskusinyadiddepankelasselanjutnyagurujugamemintajawabanatautanggapandaribeberapakelompoklainnya.Peningkatankemampuansiswadalammenyelesaikansoal-soalpenalarandankomunikasidiperolehdarihasilkuisyangdikerjakanolehsiswadiakhirsiklus.DarihasilkuissiklusIhanya20siswayangdikatakantuntasbelajarataumemperolehnilailebihdariatausamadenganKriteriaKetuntasanMinimal667denganketuntasankelasmencapai5714%danrata-ratanilaikuisIadalah6804.Meskipunrata-ratanilaikuislebihdariKKMdandarilembarobservasiaktivitassiswatermasukdalamkategoribaiknamunkarenaketuntasankelasbelummencapai80%makadisimpulkanbahwasiklusIbelumberhasil.PenelitiandilanjutkankesiklusII.PadasiklusIIrata-ratanilaikuismencapai723denganketuntasankelasmencapai80%.KarenadarilembarobservasiaktivitassiswatermasukdalamkategoribaikmakasiklusIIdikatakanberhhasildantidakdilanjutkankesiklusselanjutnya.Berdasarkanhasilwawancaradiperolehbahwaresponsiswacukuppositifterhadappembelajaranmatematikadenganmodelthink-pair-share.