Penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 5 Malang / Hustiawan Adha Cahyono

Main Author: Cahyono, Hustiawan Adha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15209/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKCahyonoHustiawanAdha.2009.PenerapanPendekatanPembelajaranMatematikaRealistikIndonesia(PMRI)untukMeningkatkanPrestasiBelajarSiswaPadaMateriBangunRuangdiKelasVIIIDSMPNegeri5Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SantiIrawatiM.SiPh.D(II)Drs.RustantoRahardiM.Si.KataKunciPMRIprestasisiswadanpenelitiantindakankelasPenelitianiniberawaldarikeadaankelasVIIIDyangtidakmenyukaimatematika.BerdasarkanpengamatanlangsungyangdilakukanpadawaktuPPL(praktekpengalamanlapangan)terlihatbahwasiswatidakberanibertanyadankurangmotivasidalambelajarmatematika.HalinimenyebabkanperolehannilaisiswatidakmencapaiKKM(KriteriaKetuntasanMinimum).DemikianjugaberdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranmatematikadidapatbahwabanyaksiswayangtidakmencapaiKKMpadamaterikubusdanbalok.Bangunkubusdanbalokiniseringdijumpaipadakehidupansehari-harisehinggadiperlukanpembelajaranyangkhususyaituPMRI(PembelajaranMatematikaRealistikIndonesia).BerdasarkanpengamatantersebutperludilakukanpenelitianuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamateribangunruangkelasVIIIDdenganmenggunakanPMRI.Penelitianmerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakan4tahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Dalampelaksanaannyapenelitianinidilaksanakanmenggunakanduasiklus.PadasiklusIdilakukan5kalitindakansedangkanpadasiklusIIhanya1kalitindakan.SebelumpelaksanaansiklusIdiberikanpretesuntukmengetahuikemampuanawalsiswakemudiandiberikanpostessetelahakhirsiklusIdansiklusII.PostesiniuntukmengetahuiadatidaknyapeningkatanprestasibelajarsiswapadabangunruangkelasVIIIDdiSMPNegeri5Malang.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehbahwaprestasibelajarpadamateribangunruangsiswakelasVIIIDSMPNegeri5Malangmeningkat.Haliniditunjukkanolehnilairata-ratapretesyaitu6274yangmeningkatpadanilairata-ratapostessiklusIyaitu7618menjadi881padanilairata-ratasiklusII.DisampingitujugadilihatdaribanyaknyasiswayangtuntasbelajarmengalamipeningkatanyaitudarinilaipretessiklusIdiketahui29%siswatuntasbelajarkemudianuntuknilaipostessiklusIsiswayangtuntasbelajarnaikmenjadi74%.PadasiklusIIbanyaksiswayangtuntasbelajarnaiklagimenjadi97%.ABSTRACTCahyonoHustiawanAdha.2009.ApplicationofIndonesiaRealisticMathematicsLearning(PMRI)ApproachtoIncreaseStudentsLearningAchievementon3DConceptinClassVIIIDSMPNegeri5Malang.ThesisDepartementofMathematicsFacultyofMathematicsandSciencesStateUniversityofMalang.Advisors(I)Dra.SantiIrawatiM.Si.Ph.D(II)Drs.RustantoRahardiM.SiKeywordsPMRIstudentachievementandresearchofclassmeasureThisresearchisstartedfromthestudentsofVIIIDclassroomthatdislikemathematiclesson.BasedonthedirectobservationthatwasdoingwhenPPL(PraktekPengalamanLapangan)itisshownthatthestudentdidnotbravetoaskanddidnothavequitemotivationinmathematiclearning.ItcouldcausethatstudentsachievementcannotreachtheKKM(KriteriaKetuntasanMinimum).MoreoverbasedontheresultofinterviewwithmathematicteacheritisconcludedthatmanystudentscannotreachtheKKMoncubeandcuboidtopics.ThesecubeandcuboidconceptareoftenencounteredindailylifesothatitisneededaspeciallearningsuchasPembelajaranMatematikaRealistikIndonesia(PMRI).Basedonthatobservationitisneededtohavearesearchtoincreasestudentslearningachievementon3DconceptforgradeVIIIDatSMPN5MalangbyusingPMRI.Theresearchisaclassroomactionresearchusing4stagesofplanningactionobservationandreflection.Inimplementationthisresearchiscarriedoutusingtwocycles.ThereareperformedfiveactionsincycleIandonlyoneactionincycleII.BeforetheimplementationitwasgiventodeterminethestudentspriorknowledgeapretestpriorknowledgeandthenaposttestintheendofcycleIandcycleII.Theseposttestisgiventoknowtheimprovementofstudentslearningachievementin3DconceptingradeVIIIDSMPNegeri5Malang.Basedonresearchresultsitisobtainedthatthestudentslearningachievementin3DconceptgradeVIIIDatSMPNegeri5Malangisincreased.Thisisindicatedbytheaveragevalueofpretest62.74whichisincreasedatanaveragevalueofposttestinthecycleIthatis76.18into88.1incycleII.BesidethenumberofstudentswhoreachedtheKKMisincreasedfrom29%(pretestI)intocycleIinto74%(postestI).IncycleIIthenumberofstudentswhoreachedtheKKMis97%(posttestII).