Penyusunan modul pembelajaran matematika untuk SMP/MTs kelas VII pada pokok bahasan sudut dan garis / Rengganis Pramudyati

Main Author: Pramudyati, Rengganis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15199/
Daftar Isi:
  • TujuanyangingindicapaidalamtulisaniniadalahmenyusundanmenghasilkanmodulpembelajarandalambidangmatematikauntukSMP/MTskelasVIIpadapokokbahasansudutdangarisberdasarkanKurikulum2006.Moduladalahsuatupaketpembelajaranyangmemuatserangkaiankegiatanbelajaryangdisusunsecarasistematisdanterarahuntukmencapaitujuanpembelajaranyangtelahditetapkan.Denganmodulsiswadapatbelajarsesuaidengankecepatanmasing-masinguntukmencapaitujuanpembelajaranyangditetapkantermasuktujuanpembelajaranmatematika.Carapembelajarandenganmodulinimengubahorientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadagurukemudianberubahmenjadiberpusatpadakegiatansiswa.Gunapenyempurnaandalamrangkapeningkatankualitasmodulpenelitimelakukanvalidasiisi.Untukmemperolehdatapadavalidasiisidiperlukanpenilaiandantanggapanvalidatorterhadapmodul.Penilaiandantanggapantersebutdiperolehdariangketyangtelahdiisiolehvalidatoryangterdiridariduaorangdosenmatematikaduaoranggurumatematikadanduaorangmahasiswamatematika.Hasildatadariangkettersebutmenunjukkanbahwamodulpembelajaranpokokbahasansudutdangarisinirata-ratavaliddansudahmengarahpadaKurikulum2006.Walaupunsudahdinyatakanvalidyaitudenganrata-ratatotalpenilaian8896%revisitetapdilakukanpadabeberapabagianyangdisarankanolehvalidator.Walaupunmodulinibelumdilakukanvalidasisecaraempiriktetapiberdasarkanhasilpenilaiandariparavalidatormakaparapendidik(guru)dapatmenggunakanmodulpembelajaranpokokbahasansudutdangarisinisebagaibahanajaralternatif.Gurujugadapatmemadukanmodulinidenganbahanajaryanglaindandapatjugamengembangkanmodulinisesuaidengankondisisekolah.