Penyusunan modul pembelajaran matematika untuk SMP/MTs kelas VII pada pokok bahasan sudut dan garis / Rengganis Pramudyati
Main Author: | Pramudyati, Rengganis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15199/ |
Daftar Isi:
- TujuanyangingindicapaidalamtulisaniniadalahmenyusundanmenghasilkanmodulpembelajarandalambidangmatematikauntukSMP/MTskelasVIIpadapokokbahasansudutdangarisberdasarkanKurikulum2006.Moduladalahsuatupaketpembelajaranyangmemuatserangkaiankegiatanbelajaryangdisusunsecarasistematisdanterarahuntukmencapaitujuanpembelajaranyangtelahditetapkan.Denganmodulsiswadapatbelajarsesuaidengankecepatanmasing-masinguntukmencapaitujuanpembelajaranyangditetapkantermasuktujuanpembelajaranmatematika.Carapembelajarandenganmodulinimengubahorientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadagurukemudianberubahmenjadiberpusatpadakegiatansiswa.Gunapenyempurnaandalamrangkapeningkatankualitasmodulpenelitimelakukanvalidasiisi.Untukmemperolehdatapadavalidasiisidiperlukanpenilaiandantanggapanvalidatorterhadapmodul.Penilaiandantanggapantersebutdiperolehdariangketyangtelahdiisiolehvalidatoryangterdiridariduaorangdosenmatematikaduaoranggurumatematikadanduaorangmahasiswamatematika.Hasildatadariangkettersebutmenunjukkanbahwamodulpembelajaranpokokbahasansudutdangarisinirata-ratavaliddansudahmengarahpadaKurikulum2006.Walaupunsudahdinyatakanvalidyaitudenganrata-ratatotalpenilaian8896%revisitetapdilakukanpadabeberapabagianyangdisarankanolehvalidator.Walaupunmodulinibelumdilakukanvalidasisecaraempiriktetapiberdasarkanhasilpenilaiandariparavalidatormakaparapendidik(guru)dapatmenggunakanmodulpembelajaranpokokbahasansudutdangarisinisebagaibahanajaralternatif.Gurujugadapatmemadukanmodulinidenganbahanajaryanglaindandapatjugamengembangkanmodulinisesuaidengankondisisekolah.