Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa dengan metode pembelajaran silih tanya dan konvensional pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM / Yessy Kussumaningrum
Main Author: | Kussumaningrum, Yessy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15197/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKussumaningrumYessy.2009.PerbedaanPrestasiBelajarMatematikaAntaraSiswaDenganMetodePembelajaranSilihTanyaDanKonvensionalPokokBahasanLingkaranPadaSiswaKelasVIIISMPlaboratoriumUM.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MakbulMuksarS.PdM.Si.(2)Drs.Ir.HerutomoM.Pd.Katakunci.Metodepembelajaransilihtanyalingkaranprestasibelajar.Matematikaadalahalatuntukmengembangkankemampuanberfikirmanusiasehinggaperludibekalkankepadapesertadidiksejakdini.KenyataanmenunjukkanbahwaprestasibelajarmatematikadisekolahmenengahdiIndonesiarelatifrendah.Salahsatufaktoryangmenyebabkanrendahnyaprestasibelajarmatematikaadalahmetodepembelajaranyangdigunakandisekolah-sekolahcenderungkurangmengaktifkansiswadanpelajaranmatematikadianggapsulitdanmenakutkanolehsebagianbesarsiswasehinggamatematikaharuslahdiajarkandengansuasanayangmenyenangkandiantaranyadenganmemasukkanunsurpermainandalammetodepembelajaranyangdipilih.Pendekatanpembelajaranyangdapatmengaktifkansiswaadalahpendekatankonstruktivisyangmenuntutsiswaaktifdalampembelajarannyasendiri.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatdigunakanadalahmetodepembelajaransilihtanya.Metodeinimemperlakukansiswasebagaisubyekaktifdalampembelajarandenganmengarahkansiswauntukdapatmerumuskansoalsendirisertamenekankanpadapembelajaranyangmenyenangkankarenaterdapatunsurpermainandalamprosespembelajaran.Metodesilihtanyaadalahmetodepembelajarandimanaterjadiinteraksisalingbertanya(mengajukanpertanyaan)dansalingmenjawabdarisiswadanpasanganmainnyadenganmenggunakanalatbantuajarkartumodel.Pelaksanaanpembelajaranmeliputipembelajaranuntukbeberapapertemuanmembuatsoaldankuncijawabanpembentukankelompoksilihtanyamenentukanurutanmaindanmemberikanpertanyaanpadapasanganmainmengkoreksijawabanmemberikanskordanpengumumanperolehanskorolehguru.TujuanpenelitianuntukmengetahuiapakahadaperbedaanprestasibelajarmatematikaantarasiswadenganmetodepembelajaransilihtanyadankonvensionalpadapokokbahasanLingkaranpadasiswakelasVIIISMPLaboratoriumUMMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenispenelitianeksperimen.Datadiperolehdaritesprestasibelajar.KesimpulanpenelitianbahwaadaperbedaanprestasibelajarmatematikayangsignifikanantarasiswayangdiajardenganmetodepembelajaransilihtanyadansiswayangdiajardenganmetodekonvensionalpadapokokbahasanLingkaran.Penelitimenyarankansebaiknyametodesilihtanyadijadikansebagaialternatifyangperludipertimbangkandalampembelajaran.