Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa dengan metode pembelajaran silih tanya dan konvensional pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM / Yessy Kussumaningrum

Main Author: Kussumaningrum, Yessy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15197/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKussumaningrumYessy.2009.PerbedaanPrestasiBelajarMatematikaAntaraSiswaDenganMetodePembelajaranSilihTanyaDanKonvensionalPokokBahasanLingkaranPadaSiswaKelasVIIISMPlaboratoriumUM.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MakbulMuksarS.PdM.Si.(2)Drs.Ir.HerutomoM.Pd.Katakunci.Metodepembelajaransilihtanyalingkaranprestasibelajar.Matematikaadalahalatuntukmengembangkankemampuanberfikirmanusiasehinggaperludibekalkankepadapesertadidiksejakdini.KenyataanmenunjukkanbahwaprestasibelajarmatematikadisekolahmenengahdiIndonesiarelatifrendah.Salahsatufaktoryangmenyebabkanrendahnyaprestasibelajarmatematikaadalahmetodepembelajaranyangdigunakandisekolah-sekolahcenderungkurangmengaktifkansiswadanpelajaranmatematikadianggapsulitdanmenakutkanolehsebagianbesarsiswasehinggamatematikaharuslahdiajarkandengansuasanayangmenyenangkandiantaranyadenganmemasukkanunsurpermainandalammetodepembelajaranyangdipilih.Pendekatanpembelajaranyangdapatmengaktifkansiswaadalahpendekatankonstruktivisyangmenuntutsiswaaktifdalampembelajarannyasendiri.Salahsatumetodepembelajaranyangdapatdigunakanadalahmetodepembelajaransilihtanya.Metodeinimemperlakukansiswasebagaisubyekaktifdalampembelajarandenganmengarahkansiswauntukdapatmerumuskansoalsendirisertamenekankanpadapembelajaranyangmenyenangkankarenaterdapatunsurpermainandalamprosespembelajaran.Metodesilihtanyaadalahmetodepembelajarandimanaterjadiinteraksisalingbertanya(mengajukanpertanyaan)dansalingmenjawabdarisiswadanpasanganmainnyadenganmenggunakanalatbantuajarkartumodel.Pelaksanaanpembelajaranmeliputipembelajaranuntukbeberapapertemuanmembuatsoaldankuncijawabanpembentukankelompoksilihtanyamenentukanurutanmaindanmemberikanpertanyaanpadapasanganmainmengkoreksijawabanmemberikanskordanpengumumanperolehanskorolehguru.TujuanpenelitianuntukmengetahuiapakahadaperbedaanprestasibelajarmatematikaantarasiswadenganmetodepembelajaransilihtanyadankonvensionalpadapokokbahasanLingkaranpadasiswakelasVIIISMPLaboratoriumUMMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenispenelitianeksperimen.Datadiperolehdaritesprestasibelajar.KesimpulanpenelitianbahwaadaperbedaanprestasibelajarmatematikayangsignifikanantarasiswayangdiajardenganmetodepembelajaransilihtanyadansiswayangdiajardenganmetodekonvensionalpadapokokbahasanLingkaran.Penelitimenyarankansebaiknyametodesilihtanyadijadikansebagaialternatifyangperludipertimbangkandalampembelajaran.