Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan problem solving pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII SMP / Lusy Diah Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Lusy Diah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15192/ |
Daftar Isi:
- LembarKerjaSiswaadalahlembaranyangberisipedomanbagisiswauntukmelakukansesuatukegiatanyangterprogram.DenganLKSsiswadapatbelajarsesuaidengankecepatanbelajarmasing-masingsehinggatujuanpembelajarantercapai.KegiatanpengembanganyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkanLKSpersamaangarislurusdenganpendekatanproblemsolving.MateripersamaangarislurusmerupakansalahsatubahankajiansiswaSMPkelasVIIIsemesterI.UraianmateridalamLKSberpijakpadakurikulum2006(KTSP).LembarKerjaSiswadenganpendekatanproblemsolvingpadamateripokokPersamaanGarisLurusSMPkelasVIIIadalahLembarKerjaSiswayangberisisoal-soaldanpenelusuranpadamateriPersamaanGarisLurussesuaidengankarakteristikproblemsolving.LKSyangdikembangkanterdiridari4topikyaitu(1)persamaangarislurus(2)menggambargrafikdaripersamaangarislurus(3)gradiendan(4)rumuspersamaangaris.Padatopikpersamaangarislurusterdapatsebuahpenelusurandankesimpulan.Topikmenggambargrafikterdapatsebuahpenelusurantidakdisertaipenelusurandantagihan1.Topikgradienmemuat5penelusurandisertaikesimpulandantagihan2.Padatopikrumuspersamaangarislurusterdapat4penelusurandiserataikesimpulandantagihan3.LKSpersamaangarislurusyangdikembangkandivalidasioleh3orangdosenpendidikanUniversitasNegeriMalangdan2orangguruSMPbidangstudimatematika.UjicobaLKSmelibatkan20orangsiswaMTsPersiapanNegeriBatukelasVIII.HasilvalidasimaupunujicobamenunjukkanbahwaLKSyangdikembangkanadalahvalid.