Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan problem solving pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII SMP / Lusy Diah Wijayanti

Main Author: Wijayanti, Lusy Diah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15192/
Daftar Isi:
  • LembarKerjaSiswaadalahlembaranyangberisipedomanbagisiswauntukmelakukansesuatukegiatanyangterprogram.DenganLKSsiswadapatbelajarsesuaidengankecepatanbelajarmasing-masingsehinggatujuanpembelajarantercapai.KegiatanpengembanganyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkanLKSpersamaangarislurusdenganpendekatanproblemsolving.MateripersamaangarislurusmerupakansalahsatubahankajiansiswaSMPkelasVIIIsemesterI.UraianmateridalamLKSberpijakpadakurikulum2006(KTSP).LembarKerjaSiswadenganpendekatanproblemsolvingpadamateripokokPersamaanGarisLurusSMPkelasVIIIadalahLembarKerjaSiswayangberisisoal-soaldanpenelusuranpadamateriPersamaanGarisLurussesuaidengankarakteristikproblemsolving.LKSyangdikembangkanterdiridari4topikyaitu(1)persamaangarislurus(2)menggambargrafikdaripersamaangarislurus(3)gradiendan(4)rumuspersamaangaris.Padatopikpersamaangarislurusterdapatsebuahpenelusurandankesimpulan.Topikmenggambargrafikterdapatsebuahpenelusurantidakdisertaipenelusurandantagihan1.Topikgradienmemuat5penelusurandisertaikesimpulandantagihan2.Padatopikrumuspersamaangarislurusterdapat4penelusurandiserataikesimpulandantagihan3.LKSpersamaangarislurusyangdikembangkandivalidasioleh3orangdosenpendidikanUniversitasNegeriMalangdan2orangguruSMPbidangstudimatematika.UjicobaLKSmelibatkan20orangsiswaMTsPersiapanNegeriBatukelasVIII.HasilvalidasimaupunujicobamenunjukkanbahwaLKSyangdikembangkanadalahvalid.