Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tugu, Trenggalek / Widhy Maita Kusuma Wardhani

Main Author: Wardhani, Widhy Maita Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15187/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWardhaniWidhyMaitaKusuma.2008.PengaruhPembelajaranKontekstualTerhadapHasilBelajarMatematikaSiswaKelasIXSMPNegeri1TuguTrenggalek.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc(2)Dra.SusyKuspambudiA.M.KomKatakunci.PembelajaranKontekstualhasilbelajar.Pemilihanmetodepembelajaranmatematikayangtepatdapatberdampakpositifterhadaphasilbelajarmatematikasiswa.Banyakkegiatanyangdiadakanuntukmeningkatkankemampuangurudalampenggunaanmetodepembelajaranmatematikamisalnyadengankegiatanakademiksepertipelatihanseminardanpenyuluhan.Kegiatanakademiktersebutdiharapkandapatbanyakmengubahkebiasaangurudalammegajar.MetodepembelajaranyangdidugaselamainibanyakdigunakankhususnyadiSMPNegeri1TuguTrenggalekadalahmetodepembelajaranbiasadimanakegiatandikelasdidominasiolehgurusehinggaperludiciptakanprosesbelajarmatematikayangbaikdanbanyakmenuntutkeaktifandanketerlibatansiswasupayapengetahuanyangditemukansiswasendirimenjadilebihbermakna.SalahsatupembelajaranyangmenuntutketerlibatansiswadikelasadalahpembelajarankontekstualatauContextualTeachingandLearning(CTL).MemahamibetapapentingnyamemilihmetodeyangtepatdalammeningkatkanhasilbelajarmakapenelitimengadakanpenelitiantentangPengaruhPembelajaranKontekstualTerhadapHasilBelajarMatematikasiswakelasIXSMPNegeri1TuguTrenggalek.Penelitianinimerupakanpenelitiandenganpendekatankuantitatifjenispenelitianeksperimentalsemu.PenelitianeksperimentalsemuinibertujuanuntukmengetahuiapakahpembelajarankontekstualmempunyaipengaruhterhadaphasilbelajarmatematikasiswakelasIXSMPNegeri1TuguTrenggalek.Hipotesisdalampenelitianiniadalahhasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankontekstuallebihbaikdaripadahasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajaranbiasa.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIXSMPNegeri1TuguTrenggalekpadasemesterITahunAjaran2008/2009dansebagaisampeladalah84orangsiswayaitukelasIX-Fdenganjumlahsiswa43sebagaikelaseksperimendankelasIX-Edenganjumlahsiswa41sebagaikelaskontrol.Teknikpengambilansampeldilakukansecaraacak.Kelaseksperimendiajardenganpembelajarankontekstualsedangkankelaskontroldiajardenganpembelajaranbiasa.DarihasilanalisisdenganmenggunakanSPSSdiperolehP-Valuealpha005yaitu0002005yangberartiH0ditolakatauH1diterima.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajarmatematikasiswayangdiajardenganpembelajarankontekstuallebihbaikdaripadahasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajaranbiasa.