Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Malang / Septian Nurhijjah

Main Author: Nurhijjah, Septian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15164/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurhijjahSeptian.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeTAI(TeamAssistedIndividualization)untukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPTamansiswaMalang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyanaM.Pd(II)Dra.TriHapsariUtamiM.Pd.KatakuncitipeTAIkeaktifanhasilbelajarPadasetiappembelajaransetiapsiswamemasukikelasdenganpengetahuankemampuandanmotivasiyangberagam.Ketikagurumelakukanprosespembelajarankepadakelompokadasebagiansiswatidakmemilikicukuppengetahuanawalyangsesuaiuntukmempelajarimateribarutersebut.Olehkarenaitusiswatidakakanmampumempelajarimateriitu.Setiapsiswamempunyaikecepatanbelajaryangberbeda.Pemberiantindakanyangsamadalampembelajarandengankarakteristiksiswasepertiiniakanmerugikansiswa.Siswadengankecepatanbelajarcepatakanbanyakmembuang-buangwaktukarenaharusmenunggusiswadengankecepatanbelajarlebihlambat.Sedangkansiswadengankecepatanbelajarlambatakanmendapatkankesulitanselamapembelajarankarenaharusmengikutisiswadengankecepatanbelajarcepat.UntukmenyelesaikanpermasalahaninipenelitimenggunakanmodelpembelajarankooperatifTAI(TeamAssistedIndividualuzation)yangdikembangkanolehSlavinyangmengkombinasikankeunggulanpembelajarankooperatifdanpembelajaranindividual.Modelpembelajaraninidiharapkandapatdimanfaatkanuntukmeningkatkankeaktifanmaupunhasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)yangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPTamansiswaMalang.PenelitianinidilakukandiSMPTamansiswaMalangtanggal2Septembersampai14Oktober2009.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-DSMPTamansiswaMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdenganpendekatankualitatif.Penelitianiniterdiridarisiklus1dansiklus2.Tingkatkeberhasilandapatdilihatdenganmengamatipeningkatanyangdiperolehdarisiklus1kesiklus2.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurkeaktifansiswaadalahlembarobservasikeaktifan.Sedangkanuntukmengukurhasilbelajarsiswadigunakantesdiakhirsiklus.Darihasilpenelitianinididapatkanpeningkatankeaktifansebesar3085%.Selainituterjadipulapeningkatanhasilbelajarsiswayangditunjukkandaripeningkatanbanyaknyasiswayangmencapaiketuntasanbelajaradalahsebesar2381%.SehinggadarihasiltersebutdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTAIdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPTamansiswayangdilaksanakanmelalui8tahapanpembelajaranyaituPlacementTestTeamsStudentCreativeTeachingGroupTeamStudyWholeClassUnitsFactTestdanTeamScoreandTeamRecognitions.