Pengembangan bahan ajar persamaan garis lurus dengan pendekatan realistik untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Ismariyana

Main Author: Ismariyana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15154/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIsmariyana.2008.PengembanganBahanAjarPersamaanGarisLurusdenganPendekatanRealistikuntukSiswaKelasVIIISekolahMenengahPertama(SMP).SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.(II)IndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KatakunciBahanajarpersamaangarisluruspendekatanrealistik.Bahanajaradalahbahan-bahanataumateripelajaranyangdisusunsecarasistematisyangdigunakangurudansiswadalamprosespembelajaran.Bahanajarinihendaknyatidakhanyamemberikanmateriseacarainstantetapimampumenggiringsiswakepadakemampuanuntukmengertikonsepyangdipelajarisehinggabelajarsiswalebihbermakna.Suryanto(2000110)menyatakanbahwaagarpembelajaranbermaknabagisiswamakapembelajaranseyogyanyadimulaidarimasalah-masalahyangrealistikkemudiansiswadiberikesempatanmenyelesaikanmasalahitudengancaranyasendiridenganskemayangdimilikidalampikirannya.Kenyataandiatasmendorongpenulisuntukmelakukanpenelitianpengembanganbahanajarberupabukusiswadanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)padamateripokokpersamaangarislurusuntuksiswakelasVIIISekolahMenengahPertama(SMP)denganpendekatanrealistik.Karakteristikbahanajarhasilpengembanganantaralaindidominasiolehmasalah-masalahkontekstualmenekankanpadapematematikaanhorisontaldanvertikalmenekankanpadapenalarandanpemahamandalampemecahanmasalahmemuatintertwiningmemuatpertanyaan-pertanyaankonstruksidanmemuatpermasalahan-permasalahanyangopen-endeddanproblemsolving.Adapunlangkah-langkahyangdilaluidalampengembanganbahanajariniadalahtahapanalisissituasiawaltahappengembanganrancanganbahanajartahappenulisanbahanajartahappenilaianbahanajardantahaprevisi.Daridataangketyangdiberikankepadasubjekahliyakni2dosenpendidikanmatematikaUMdan3gurubidangstudimatematikaSMPNegeri1Pohjentrekdapatdiketahuibahwabahanajaryangdihasilkantergolongvaliddenganprosentase7786%untukbukusiswadan825%untukrencanapelaksanaanpembelajaran.Meskipunsecarakeseluruhanbahanajardikatakanvalidnamununtukperbaikanbahanajarprodukpengembanganpengembangtetapmelakukanrevisi.Revisiiniterdiridariduajenisyaiturevisibahanajarberdasarkansarandankomentardarisubjekujiahlidanrevisibahanajaryangdidasarkanpadasarandankomentardaripengujiutama.DengantahapakhirrevisiinimakapenelitiantelahmengembangkanbahanajarPersamaanGarisLurusdenganpendekatanrealistikuntuksiswakelasVIIISMP.