Pengembangan bahan ajar persamaan garis lurus dengan pendekatan realistik untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Ismariyana
Main Author: | Ismariyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15154/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIsmariyana.2008.PengembanganBahanAjarPersamaanGarisLurusdenganPendekatanRealistikuntukSiswaKelasVIIISekolahMenengahPertama(SMP).SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.(II)IndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KatakunciBahanajarpersamaangarisluruspendekatanrealistik.Bahanajaradalahbahan-bahanataumateripelajaranyangdisusunsecarasistematisyangdigunakangurudansiswadalamprosespembelajaran.Bahanajarinihendaknyatidakhanyamemberikanmateriseacarainstantetapimampumenggiringsiswakepadakemampuanuntukmengertikonsepyangdipelajarisehinggabelajarsiswalebihbermakna.Suryanto(2000110)menyatakanbahwaagarpembelajaranbermaknabagisiswamakapembelajaranseyogyanyadimulaidarimasalah-masalahyangrealistikkemudiansiswadiberikesempatanmenyelesaikanmasalahitudengancaranyasendiridenganskemayangdimilikidalampikirannya.Kenyataandiatasmendorongpenulisuntukmelakukanpenelitianpengembanganbahanajarberupabukusiswadanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)padamateripokokpersamaangarislurusuntuksiswakelasVIIISekolahMenengahPertama(SMP)denganpendekatanrealistik.Karakteristikbahanajarhasilpengembanganantaralaindidominasiolehmasalah-masalahkontekstualmenekankanpadapematematikaanhorisontaldanvertikalmenekankanpadapenalarandanpemahamandalampemecahanmasalahmemuatintertwiningmemuatpertanyaan-pertanyaankonstruksidanmemuatpermasalahan-permasalahanyangopen-endeddanproblemsolving.Adapunlangkah-langkahyangdilaluidalampengembanganbahanajariniadalahtahapanalisissituasiawaltahappengembanganrancanganbahanajartahappenulisanbahanajartahappenilaianbahanajardantahaprevisi.Daridataangketyangdiberikankepadasubjekahliyakni2dosenpendidikanmatematikaUMdan3gurubidangstudimatematikaSMPNegeri1Pohjentrekdapatdiketahuibahwabahanajaryangdihasilkantergolongvaliddenganprosentase7786%untukbukusiswadan825%untukrencanapelaksanaanpembelajaran.Meskipunsecarakeseluruhanbahanajardikatakanvalidnamununtukperbaikanbahanajarprodukpengembanganpengembangtetapmelakukanrevisi.Revisiiniterdiridariduajenisyaiturevisibahanajarberdasarkansarandankomentardarisubjekujiahlidanrevisibahanajaryangdidasarkanpadasarandankomentardaripengujiutama.DengantahapakhirrevisiinimakapenelitiantelahmengembangkanbahanajarPersamaanGarisLurusdenganpendekatanrealistikuntuksiswakelasVIIISMP.