Pembelajaran yang mengacu standar NCTM untuk memahamkan siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel / Siska Mariya

Main Author: Mariya, Siska
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15146/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMariyaSiska.2008.PembelajaranyangMengacupadaStandarNCTMuntukPokokBahasanPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabelbagiSiswaKelasVIISMPLaboratoriumUM.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.AkbarSutawidjajaM.Ed.Ph.D.(2)Drs.ErryHidayantoM.SiKataKunciPembelajaranStandarPengajaranNCTMPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabelSelamainipelajaranmatematikamasihdianggapsebagaimomokbagisiswaolehkarenaitudibutuhkankemampuanguruuntukmenyajikanpembelajarandalamsuasanayangtidakmenegangkantetapimenyenangkansertadapatmemberikanpemahamankepadasiswasehinggamatematikatidakakandianggapsebagaimomoklagi.PembelajaranyangmengacupadastandarNCTMdapatdijadikansalahsatualternatifpembelajaranyangdapatdilakukanolehguruuntukdapatmemahamkansiswatentangmateriyangdipelajarisertamenciptakansuasanapembelajaranyangmenyenangkansertatidakmenegangkan.MenurutNCTMpembelajaranmatematikaperlumemiliki4komponenyaitu(1)tugas-tugas(2)wacana(3)lingkunganbelajar(4)analisis.Penelitiandifokuskanpadapokokbahasanpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabel.Adapunrumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)ApabentukpembelajaranyangmengacupadastandarNCTMpadasiswakelasVIISMPLaboratoriumUMpokokbahasanpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabel(2)ApakahpembelajaranyangmengacupadastandarNCTMtersebutdapatmemahamkansiswakelasVIISMPLaboratoriumUMpokokbahasanpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabel(3)BagaimanaresponsiswakelasVIISMPLaboratoriumUMterhadappembelajaranyangmengacupadastandarNCTMtersebutUntukmenjawabpertanyaandiataspenelitimelakukanpenelitian.Adapunjenispenelitianadalahpenelitiantindakankelas.Langkah-langkahpembelajarandalampenelitianiniterdiridari3tahap.Tahapawalgurumenyampaikantujuanpembelajaran.Tujuanpembelajaranyaitumempelajaripersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabel.Padatahapintigurumemberikantugas-tugaspadasiswapenyelesaiantugaspengaturanlingkunganbelajardanprosesanalisisterhadapprosespembelajaranyangtelahberlangsung.Padatahapintiiniterjadiwacanaantaragurudengansiswasiswadengansiswa.Tahapakhiradalahpemberiantessebagaitolakukuruntukmelihatpemahamanyangtelahdicapaiolehsiswa.Sertamelakukananalisispembelajaransecarakeseluruhan.Pembelajaraninibelumsepenuhnyadapatmemberikanpemahamankepadasiswakarenabeberapakendaladiantaranyarespondarisiswayangkurangsertakurangnyaalatyangdigunakandalamwacana.Selainitupengetahuanprasyaratyangbelumbegitudikuasaiolehsiswasehinggamempengaruhiprosespembentukanpengetahuanyangbaru.Responsiswaterhadappembelajaraninipositif.Siswamenyatakansenangdengansuasanapembelajaranyangmenggembirakandantidakmembuatsiswategang.PembelajaranyangmengacupadastandarNCTMdapatdijadikanreferensidalamkegiatanpembelajaranolehguru.Pembelajaraninibisadicobakanpadamaterilainpadajenjangyangsederajatataupadasekolahlain.