Kajian matematika sekolah versus metamatika luar sekolah / Khurun'in
Main Author: | Khurun'in |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15141/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhurunin.2008.KajianMatematikaSekolahVersusMatematikaLuarSekolah.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SubanjiS.PdM.Si(II)Drs.AskuryM.Pd.Katakuncimatematikasekolahmatematikaluarsekolah.Bertahun-tahunparapendidikdanpenelitipendidikanmatematikaberfokuspadakegiatandikelassebagaisettingutamadalampembelajaranmatematika.Namunpadakenyataannyabanyakpenelitianyangmenunjukkanbahwapengetahuanmatematikabanyakdiperolehdiluarsekolah.Halinijugaditunjukkandarihasilobservasibahwakemampuanberhitungyangdimilikipedagangmelijobukanberasaldarisekolahmelainkandaripengalamanmerekasehari-haridanpenerapanmatematikayangdilakukannyapunkadangberbedadenganmatematikayangdiajarkandisekolah.Penelitianinibertujuanuntukmengkajibagaimanapenerapanmatematikayangadapadapedagangmelijodankesesuaianantaramatematikayangditerapkanpedagangmelijodanmatematikayangdiajarkandisekolah.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif-eksploratif.Subjekpenelitianiniadalahtigapedagangmelijoyangmempunyailatarbelakangpendidikanyangsangatrendah.Teknikpengumpulandatayangdilakukanyaitudenganpengamatanlangsungmelaluicaraberperansertadanwawancara.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdatakualitatifyangdikembangkanolehMilesdanHubermanyangterdiridarireduksipenyajiandatapemberiankesimpulandanverifikasidata.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasecaraumummatematikasekolahdenganmatematikaluarsekolahyangdigunakanpedagangmelijomempunyaiprinsipdasaryangsamahanyasajadalampenerapannyapedagangmelijomempunyaicaramerekasendiriyangmenurutmerekalebihmudahdanpraktis.Padapenerapanmatematikatersebutterdapatteknikberhitungyangunikyangtentunyaberbedadengancaraberhitungyangdiajarkandisekolahyaitupadapenguranganbilangancacahteknikpenguranganyangdilakukanseorangpedagangmelijoadalahdenganmenggunakanpemahamannyatentangpenaksirannamunadajugayangmenggunakanpemahamantentangpenjumlahandenganalasanpenguranganmerupakankebalikandaripenjumlahan.Darihasilpenelitianiniterdapatbeberapateknikberhitungpedagangmelijoyangdapatdiadopsiuntukmatematikasekolahkarenasifatnyayanglebihsederhanadanmudahdilakukanyaitu(1)untukmenyelesaikanmasalahpenghitungansepertipenjumlahanpenguranganperkalianataupembagiansiswabisadiajarkanuntukmemulaidenganmelakukanpenaksiranhasiloperasihitungtersebut(2)untukmenyelesaikanmasalahpenjumlahanpecahancampuransiswabisadiajarkanuntukmenyelesaikannyadengancaramenjumlahkandenganmengelompokkanberdasarjenisbilangannya.