Kajian matematika sekolah versus metamatika luar sekolah / Khurun'in

Main Author: Khurun'in
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15141/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhurunin.2008.KajianMatematikaSekolahVersusMatematikaLuarSekolah.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SubanjiS.PdM.Si(II)Drs.AskuryM.Pd.Katakuncimatematikasekolahmatematikaluarsekolah.Bertahun-tahunparapendidikdanpenelitipendidikanmatematikaberfokuspadakegiatandikelassebagaisettingutamadalampembelajaranmatematika.Namunpadakenyataannyabanyakpenelitianyangmenunjukkanbahwapengetahuanmatematikabanyakdiperolehdiluarsekolah.Halinijugaditunjukkandarihasilobservasibahwakemampuanberhitungyangdimilikipedagangmelijobukanberasaldarisekolahmelainkandaripengalamanmerekasehari-haridanpenerapanmatematikayangdilakukannyapunkadangberbedadenganmatematikayangdiajarkandisekolah.Penelitianinibertujuanuntukmengkajibagaimanapenerapanmatematikayangadapadapedagangmelijodankesesuaianantaramatematikayangditerapkanpedagangmelijodanmatematikayangdiajarkandisekolah.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif-eksploratif.Subjekpenelitianiniadalahtigapedagangmelijoyangmempunyailatarbelakangpendidikanyangsangatrendah.Teknikpengumpulandatayangdilakukanyaitudenganpengamatanlangsungmelaluicaraberperansertadanwawancara.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdatakualitatifyangdikembangkanolehMilesdanHubermanyangterdiridarireduksipenyajiandatapemberiankesimpulandanverifikasidata.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasecaraumummatematikasekolahdenganmatematikaluarsekolahyangdigunakanpedagangmelijomempunyaiprinsipdasaryangsamahanyasajadalampenerapannyapedagangmelijomempunyaicaramerekasendiriyangmenurutmerekalebihmudahdanpraktis.Padapenerapanmatematikatersebutterdapatteknikberhitungyangunikyangtentunyaberbedadengancaraberhitungyangdiajarkandisekolahyaitupadapenguranganbilangancacahteknikpenguranganyangdilakukanseorangpedagangmelijoadalahdenganmenggunakanpemahamannyatentangpenaksirannamunadajugayangmenggunakanpemahamantentangpenjumlahandenganalasanpenguranganmerupakankebalikandaripenjumlahan.Darihasilpenelitianiniterdapatbeberapateknikberhitungpedagangmelijoyangdapatdiadopsiuntukmatematikasekolahkarenasifatnyayanglebihsederhanadanmudahdilakukanyaitu(1)untukmenyelesaikanmasalahpenghitungansepertipenjumlahanpenguranganperkalianataupembagiansiswabisadiajarkanuntukmemulaidenganmelakukanpenaksiranhasiloperasihitungtersebut(2)untukmenyelesaikanmasalahpenjumlahanpecahancampuransiswabisadiajarkanuntukmenyelesaikannyadengancaramenjumlahkandenganmengelompokkanberdasarjenisbilangannya.