Pembelajaran menurut standar NCTM untuk memahamkan materi segiempat pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Maya Safrina

Main Author: Safrina, Maya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15138/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafrinaMaya.2008.PembelajaranSegiempatMenurutStandarNCTMpadaSiswaKelasVIIdiSMPNegeri1Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.AkbarSutawidjajaM.Ed.(II)Dr.HarySusantoM.Si.KatakuncisegiempatNCTMDariobservasidanwawancaradengangurudansiswadiSMPNegeri1MalangdiperolehinformasibahwamasihbanyaksiswakelasVIIIyangbelummemahamimaterisegiempatterutamatrapesiumjajargenjangbelahketupatdanlayang-layang.Selamainigurumatematikamasihmendominasikelasdalammelaksanakanpembelajaran.Gurucenderungmentransferpengetahuanyangdimilikinyakedalampikiransiswa.Gurutidakmemberikankesempatankepadasiswaagarsiswamengkonstruksipengetahuannyasendiriataudengankatalainpembelajaranmasihdilaksanakandenganpendekatankonvensional.Sehinggamenyebabkansiswakurangaktifdalammengemukakanide-idedalampikiranmereka.TujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanbentukpembelajaransegiempatmenurutstandarNCTMmengetahuipemahamandanresponsiswakelasVII-FSMPNegeri1Malangsetelahmengikutipembelajarantersebut.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.SubjekpenelitianiniadalahsiswaKelasVII-FSMPNegeri1Malangyangsebanyak30siswadengan8laki-lakidan22perempuan.Tahap-tahapdalampenelitianiniadalahpratindakandanpelaksanaantindakan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahteswawancaraobservasiangketdancatatanlapangan.Instrumenyangdigunakanuntukpengambilandataadalahtesformatobservasitindakandanangkettentangresponsiswaterhadappembelajaransegiempat.PembelajaransegiempatmenurutstandarNCTMdilakukandalam3tahapyaitutahapawaltahapintidantahapakhir.Padatahapawalgurumenyampaikanindikatorpembelajaran.Sedangkanpadatahapintisetiappasangsiswaberdiskusiuntukmenemukanpenyelesaiandarimasalah-masalahdalamLKSkemudianterjadidiskusikelasuntukmenemukanpenyelesaiandarimasalah-masalahtersebut.Padatahapakhirsiswatelahmengerjakantugas-tugasdaribukupanduan.Pembelajaranyangdilakukanberjalandenganlancardandapatmemahamkantentangmaterisegiempat.Siswamerasasenangmengikutipembelajarandandapatbelajardenganmudah.