Penerapan problem based learning (PBL) untuk mengembangkan prestasi belajar siswa pada subpokok bahasan garis singgung lingkaran di SMP Negeri 9 Malang / Siti Anisah

Main Author: Anisah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15127/
Daftar Isi:
  • GurumatematikadiSMPNegeri9Malangmasihmenerapkanmetodekonvensionalketikamerekamengajarmatematikatermasukgarissinggunglingkaran.Akibatnyasiswamerekaseringmelakukankesalahandalammenerapkanrumusmenentukanpanjanggarissinggungpersekutuandualingkaran.SalahsatumetodepembelajaranyangsecarateoritisdapatdigunakanuntukmenyelesaikanmasalahyangdialamisiswaSMPNegeri9MalanguntukmaterigarissinggungpersekutuandualingkaranadalahmetodePBL.DalamPBLpembelajarandipusatkanpadasiswadenganmelaluipemberianmasalahdiawalpembelajaranyangnantinyamampumembawasiswauntukberpikirkritiskreatifdanmempunyaiketerampilanmemecahkanmasalahsertamemperolehpengetahuandankonsepdasardarimateriyangdiajarkantersebut.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanPBLuntukmelihataktivitasdanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri9Malangpadamaterigarissinggungpersekutuandualingkaran.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingnyadalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasi.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus1adalah974%sedangkanpresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus2adalah100%.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPNegeri9Malangpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya85%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganPBLdalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriSangatbaikpadasiklus1dansiklus2sertahasilwawancaraterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangterhadappembelajarandenganPBL.