Penerapan problem based learning (PBL) untuk mengembangkan prestasi belajar siswa pada subpokok bahasan garis singgung lingkaran di SMP Negeri 9 Malang / Siti Anisah
Main Author: | Anisah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15127/ |
Daftar Isi:
- GurumatematikadiSMPNegeri9Malangmasihmenerapkanmetodekonvensionalketikamerekamengajarmatematikatermasukgarissinggunglingkaran.Akibatnyasiswamerekaseringmelakukankesalahandalammenerapkanrumusmenentukanpanjanggarissinggungpersekutuandualingkaran.SalahsatumetodepembelajaranyangsecarateoritisdapatdigunakanuntukmenyelesaikanmasalahyangdialamisiswaSMPNegeri9MalanguntukmaterigarissinggungpersekutuandualingkaranadalahmetodePBL.DalamPBLpembelajarandipusatkanpadasiswadenganmelaluipemberianmasalahdiawalpembelajaranyangnantinyamampumembawasiswauntukberpikirkritiskreatifdanmempunyaiketerampilanmemecahkanmasalahsertamemperolehpengetahuandankonsepdasardarimateriyangdiajarkantersebut.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanPBLuntukmelihataktivitasdanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri9Malangpadamaterigarissinggungpersekutuandualingkaran.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingnyadalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasi.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus1adalah974%sedangkanpresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus2adalah100%.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPNegeri9Malangpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya85%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganPBLdalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriSangatbaikpadasiklus1dansiklus2sertahasilwawancaraterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangterhadappembelajarandenganPBL.