Perbedaan hasil belajar matematika dengan pemberian tugas secara berkelompok dan individual siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kertosono / Aulia Hermawati
Main Author: | Aulia Hermawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15119/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilpengamatanpemberiantugasmatematikadiSMPNegeri3Kertosonodilaksanakansecaraindividu.Halinimenyebabkansiswakurangmaksimalsaatmengerjakantugassehinggamasihbanyaksiswayangbelumtuntasbelajar.Hartono(1976)menyatakankerjakelompokdapatmempertinggiprestasibelajarsiswa.MengetahuibetapapentingnyakerjakelompokdalammeningkatkanhasilbelajarmakapenelitimengadakanpenelitiantentangPerbedaanHasilBelajarMatematikadenganPemberianTugasSecaraBerkelompokdanIndividualSiswaKelasVIIISMPNegeri3Kertosono.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanhasilbelajarsiswasecaraberkelompokdanindividualsertamendeskripsikanapakahhasilbelajarmatematikasiswadenganpemberiantugassecaraberkelompoklebihbaikbiladibandingkanhasilbelajarmatematikasiswadenganpemberiantugassecaraindividual.ObyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri3Kertosono.DalampenelitianinikelasVIII-AdanVIII-EadalahkelasdenganpemberiantugassecaraberkelompoksedangkanVIII-BdanVIII-Cadalahkelasdenganpemberiantugassecaraindividu.Waktuyangdigunakandalampenelitianiniadalahempatkalipertemuan.Danpertemuanterakhiradalahteshasilbelajar.Untukkelasdenganpemberiantugastugassecaraberkelompoksetelahmateridisampaikanguru.SecaraberkelompoksiswamengerjakanLembarKegiatanSiswasecaraberkelompokhasildiskusidisampaikandidepankelaskemudiangurumemberikanbalikan.Sedangkanuntukkelasdenganpemberiantugassecaraindividusetelahmateritersampaikan.Secaraindividusiswamengerjakantugaskemudianhasilpekerjaandibahasdikelasdangurumemberikanbalikan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratanilaitugassiswayangdiberitugassecaraberkelompoklebihbaikdaripadasiswayangdiberitugassecaraindividual.UntukhasilbelajardiperolehP-Value005halinimenunjukkanbahwaHditolakdanHditerima.Sehinggadapatdisimpulkannilaihasilbelajarsiswayangdiberitugassecarakelompoklebihtinggidaripadasiswayangdiberitugassecaraindividu.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagardisarankankepadaguruagarlebihmengupayakanmetode-metodeyanglebihbaikdalamprosesbelajarmengajar.Dimungkinkandenganmetodeyangtepatdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Salahsatucarayangdapatdilakukanyaitudenganmembentukkelompokatauberdiskusipadasaatprosesbelajarmengajar.Halinidapatmembantusiswauntukdapatmembukapikiranataumenambahwawasanpadasaatmenerimamateripelajaran.