Perbedaan hasil belajar matematika dengan pemberian tugas secara berkelompok dan individual siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kertosono / Aulia Hermawati

Main Author: Aulia Hermawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15119/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilpengamatanpemberiantugasmatematikadiSMPNegeri3Kertosonodilaksanakansecaraindividu.Halinimenyebabkansiswakurangmaksimalsaatmengerjakantugassehinggamasihbanyaksiswayangbelumtuntasbelajar.Hartono(1976)menyatakankerjakelompokdapatmempertinggiprestasibelajarsiswa.MengetahuibetapapentingnyakerjakelompokdalammeningkatkanhasilbelajarmakapenelitimengadakanpenelitiantentangPerbedaanHasilBelajarMatematikadenganPemberianTugasSecaraBerkelompokdanIndividualSiswaKelasVIIISMPNegeri3Kertosono.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanhasilbelajarsiswasecaraberkelompokdanindividualsertamendeskripsikanapakahhasilbelajarmatematikasiswadenganpemberiantugassecaraberkelompoklebihbaikbiladibandingkanhasilbelajarmatematikasiswadenganpemberiantugassecaraindividual.ObyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri3Kertosono.DalampenelitianinikelasVIII-AdanVIII-EadalahkelasdenganpemberiantugassecaraberkelompoksedangkanVIII-BdanVIII-Cadalahkelasdenganpemberiantugassecaraindividu.Waktuyangdigunakandalampenelitianiniadalahempatkalipertemuan.Danpertemuanterakhiradalahteshasilbelajar.Untukkelasdenganpemberiantugastugassecaraberkelompoksetelahmateridisampaikanguru.SecaraberkelompoksiswamengerjakanLembarKegiatanSiswasecaraberkelompokhasildiskusidisampaikandidepankelaskemudiangurumemberikanbalikan.Sedangkanuntukkelasdenganpemberiantugassecaraindividusetelahmateritersampaikan.Secaraindividusiswamengerjakantugaskemudianhasilpekerjaandibahasdikelasdangurumemberikanbalikan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratanilaitugassiswayangdiberitugassecaraberkelompoklebihbaikdaripadasiswayangdiberitugassecaraindividual.UntukhasilbelajardiperolehP-Value005halinimenunjukkanbahwaHditolakdanHditerima.Sehinggadapatdisimpulkannilaihasilbelajarsiswayangdiberitugassecarakelompoklebihtinggidaripadasiswayangdiberitugassecaraindividu.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagardisarankankepadaguruagarlebihmengupayakanmetode-metodeyanglebihbaikdalamprosesbelajarmengajar.Dimungkinkandenganmetodeyangtepatdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Salahsatucarayangdapatdilakukanyaitudenganmembentukkelompokatauberdiskusipadasaatprosesbelajarmengajar.Halinidapatmembantusiswauntukdapatmembukapikiranataumenambahwawasanpadasaatmenerimamateripelajaran.