Penerapan pembelajaran matematika melalui cooperative learning model TGT (Teams Games Tournament) dalam upaya meningkatkan kemampuan tingkat kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang / Rochana Prastiwi
Main Author: | Rochana Prastiwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15118/ |
Daftar Isi:
- Upayauntukmeningkatkankualitaspendidikanadalahpenggunaanmetodepembelajaranyangtepat.Denganadanyapenggunaanmetodeyangtepatprosesbelajarmengajardapatmemperolehhasilyangmemuaskandandapatmencapaitujuanpembelajaran.Siswakurangtertarikdanmerasatakutterhadappelajaranmatematikadikarenakanolehstrategiataupunmetodepembelajaranyangdigunakankurangmerangsangpemberdayaanberpikir.Apalagistrategiataumetodeyangdigunakanadalahyangkonvensionalsepertimetodeceramahsehinggadapatmengakibatkanrendahnyatingkatberpikirsiswa.Sebaiknyaguruharustepatdalammemilihmetodepembelajaran.BerdasarkanhasilobservasipembelajaranmatematikadiSMPN13Malangselamainibiasanyamenggunakanmetodeceramahsaja.Gurumatematikakurangmenekankanpermasalahancooperativelearningpadapembelajaranmatematika.Sehinggasiswakurangaktifdalamkegiatanbelajarmengajardikelasterutamadalammengajukanpertanyaandanmengemukakanjawabanataupendapat.UntukitusalahsatuupayauntukmemperdayakankemampuanberpikirsiswayaitumelaluipertanyaanyangterdapatpadaLembarAktivitasSiswa(LAS).ImplementasinyadenganmenggunakanpenerapanpembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapanpembelajaranmatematikamelaluicooperativelearningmodelTGT(TeamsGamesTournament)mampumeningkatkankemampuantingkatkognitifsiswakelasVIIISMPN13Malang.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)dengansubjekpenelitiansiswakelasVIIICSMPN13Malang.Pelaksanaanyyadenganmenggunakanduasiklusdanmateriyangdipilihadalahpersamangarislurus.Penelitianinidapatditemukanbahwadaripembelajaraninidapatmeningkatkankemampuantingkatkognitifsiswa.SelainitujugadapatmeningkatkankeaktifansiswasehinggasiswadapatmencapaiketuntasanhasilbelajardanmeresponyangbaikterhadappembelajaranmatematikamelaluicooperativelearningmodelTGT(TeamsGamesTournament).SaranuntukparagurupembelajarancooperativelearningmodelTGT(TeamsGamesTournament)inidijadikanvariasidalampembelajaranmatematikadikelas.