Problematika yang dihadapi guru mata pelajaran matematika SMP negeri di Kota Batu dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan alternatif pemecahannya / Indah Sarna Alfarida

Main Author: Indah Sarna Alfarida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15117/
Daftar Isi:
  • KTSPmerupakankurikulumpenyempurnadariKBKyangdikembangkanolehsekolahberdasarkanotonomiyangdiberikanDinasPendidikanNasional.PelaksanaanKTSPbarumemasukitahappertamaolehkarenaitutidakmenutupkemungkinanparagurumatematikamasihbanyakmengalamiproblematikadalammelaksanakanKTSP.Problematikatersebutperludiketahuiagarmendapatkanalternatifpemecahannya.SehinggapenyelenggaraanpendidikandapatberjalansesuaidenganapayangkitaharapkanDarihasilpenelitianyangdilakukanolehpenelitipadaSMPNegeridiKotaBatudalammenyusundanmengembangkansilabus5926%gurumenyatakanmengalamikesulitandan4074%menyatakantidakmengalamikesulitan.DalammenyusundanmengembangkanRPPgurumatapelajaranMatematikaSMPNegeridiKotaBatusebanyak5185%gurumenyatakankesulitandansisanya4815%menyatakantidakmengalamikesulitan.DalammelaksanakankegiatanbelajarmengajargurumatapelajaranMatematikaSMPNegeridiKotaBatusebanyak5928%gurumenyatakankesulitandansisanya4074%menyatakantidakmengalamikesulitan.Dalammelaksanakanevaluasipembelajaransebanyak7407%gurumatapelajaranmatematikaSMPNegeridikotaBatumenyatakankesulitandansisanya2593%menyatakantidakmengalamikesulitan.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagiguruhendaknyalebihmeningkatkanpemahamantentangKTSP.UntukmeningkatkanpemahamantentangKTSPbisadilakukandengancaraaktifmengikutiorganisasimusyawarahgurumatapelajaran(MGMP)dankelompokkerjaguru(KKG)disetiapdaerahmembentukdiskusiterbimbingdibawahbimbingankepalasekolahmencariinformasisebanyak-banyaknyatentangKTSPbaikdarimediacetakmaupunelektronikuntukmemperkayawawasansebagaibahanpertimbangandalammemecahkansegalaproblematikayangdihadapigurudalamImplementasiKTSP.