Problematika yang dihadapi guru mata pelajaran matematika SMP negeri di Kota Batu dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan alternatif pemecahannya / Indah Sarna Alfarida
Main Author: | Indah Sarna Alfarida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15117/ |
Daftar Isi:
- KTSPmerupakankurikulumpenyempurnadariKBKyangdikembangkanolehsekolahberdasarkanotonomiyangdiberikanDinasPendidikanNasional.PelaksanaanKTSPbarumemasukitahappertamaolehkarenaitutidakmenutupkemungkinanparagurumatematikamasihbanyakmengalamiproblematikadalammelaksanakanKTSP.Problematikatersebutperludiketahuiagarmendapatkanalternatifpemecahannya.SehinggapenyelenggaraanpendidikandapatberjalansesuaidenganapayangkitaharapkanDarihasilpenelitianyangdilakukanolehpenelitipadaSMPNegeridiKotaBatudalammenyusundanmengembangkansilabus5926%gurumenyatakanmengalamikesulitandan4074%menyatakantidakmengalamikesulitan.DalammenyusundanmengembangkanRPPgurumatapelajaranMatematikaSMPNegeridiKotaBatusebanyak5185%gurumenyatakankesulitandansisanya4815%menyatakantidakmengalamikesulitan.DalammelaksanakankegiatanbelajarmengajargurumatapelajaranMatematikaSMPNegeridiKotaBatusebanyak5928%gurumenyatakankesulitandansisanya4074%menyatakantidakmengalamikesulitan.Dalammelaksanakanevaluasipembelajaransebanyak7407%gurumatapelajaranmatematikaSMPNegeridikotaBatumenyatakankesulitandansisanya2593%menyatakantidakmengalamikesulitan.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanbagiguruhendaknyalebihmeningkatkanpemahamantentangKTSP.UntukmeningkatkanpemahamantentangKTSPbisadilakukandengancaraaktifmengikutiorganisasimusyawarahgurumatapelajaran(MGMP)dankelompokkerjaguru(KKG)disetiapdaerahmembentukdiskusiterbimbingdibawahbimbingankepalasekolahmencariinformasisebanyak-banyaknyatentangKTSPbaikdarimediacetakmaupunelektronikuntukmemperkayawawasansebagaibahanpertimbangandalammemecahkansegalaproblematikayangdihadapigurudalamImplementasiKTSP.