Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII C SMPN 18 Malang / Widiyawati
Main Author: | Widiyawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15116/ |
Daftar Isi:
- SiswaSMPN18Malangmemilikikemampuanyangberbeda-beda.Siswaterbagimenjadisiswaberkemampuantinggiberkemampuansedangdanberkemampuanrendah.Kemampuanpemecahanmasalahsiswamasihrendah.Halinidapatdilihatdariperolehannilaipemecahanmasalah.PenelitianinidilaksanakandiSMPN18MalangpadakelasVIIIC.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifdanbertujuanuntukmengetahuipemecahanmasalahsiswaSMPN18MalangkelasVIIICdenganpembelajarankooperatifmodelSTADpadamateripersamaangarislurus.PembelajaranSTADyangditerapkandiawalidenganpresentasimateriberupapemberianmasalahsehari-hariataumembahasmateriyangakandijadikanbahandiskusi.Tahapselanjutnyaadalahdiskusikelompokdengankelompokyangmemilikikemampuanheterogen.Hasildiskusikelompokdisajikandalamdiskusikelasdengantujuanuntukmendapatkankesimpulandarimasalahyangdiberikan.Tahapakhiradalahpelaksanaankuis.Darihasilkuisdihitungpoinpeningkatanindividudanpoinpeningkatankelompok.HasilpenelitiantidakmenunjukkanpeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswakelasVIIICSMPN18Malangpadamateripersamaangarislurus.UntukpenelitianselanjutnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajaranSTADdenganpemecahanmasalahpadasiswadengannkemampuanlebihtinggiatautetapmelaksanakanpenelitiandenganfokuspenelitianpadasiswayangmemilikimotivasibelajartinggi.