Penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII C SMPN 18 Malang / Widiyawati

Main Author: Widiyawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15116/
Daftar Isi:
  • SiswaSMPN18Malangmemilikikemampuanyangberbeda-beda.Siswaterbagimenjadisiswaberkemampuantinggiberkemampuansedangdanberkemampuanrendah.Kemampuanpemecahanmasalahsiswamasihrendah.Halinidapatdilihatdariperolehannilaipemecahanmasalah.PenelitianinidilaksanakandiSMPN18MalangpadakelasVIIIC.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifdanbertujuanuntukmengetahuipemecahanmasalahsiswaSMPN18MalangkelasVIIICdenganpembelajarankooperatifmodelSTADpadamateripersamaangarislurus.PembelajaranSTADyangditerapkandiawalidenganpresentasimateriberupapemberianmasalahsehari-hariataumembahasmateriyangakandijadikanbahandiskusi.Tahapselanjutnyaadalahdiskusikelompokdengankelompokyangmemilikikemampuanheterogen.Hasildiskusikelompokdisajikandalamdiskusikelasdengantujuanuntukmendapatkankesimpulandarimasalahyangdiberikan.Tahapakhiradalahpelaksanaankuis.Darihasilkuisdihitungpoinpeningkatanindividudanpoinpeningkatankelompok.HasilpenelitiantidakmenunjukkanpeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswakelasVIIICSMPN18Malangpadamateripersamaangarislurus.UntukpenelitianselanjutnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajaranSTADdenganpemecahanmasalahpadasiswadengannkemampuanlebihtinggiatautetapmelaksanakanpenelitiandenganfokuspenelitianpadasiswayangmemilikimotivasibelajartinggi.